MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KELAS IV-V DALAM MENULIS SOAL PILIHAN GANDA MELALUI WORKSHOP DI SEKOLAH SD NEGERI 030 KENCANA KECAMATAN BAGAN SINEMBAH KABUPATEN ROKAN HILIR

Asridar Asridar

Abstract


Penelitian ini merupakan pelaksanaan workshop menulis soal pilihan ganda yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru kelas IV-V. Penelitian di lakukan di SD Negeri 030 Kencana, subjek penelitian ini  dilakukan terhadap 30 orang guru kelas IV- V. Penelitian tindakan dilakukan dalam tiga siklus untuk setiap siklus terdapat dua kali pertemuan, kecuali siklus 3 hanya 1 pertemuan, dan masing masing 6 jam. Instrumen penelitian ini berupa rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi. Hasil observasi kerja dalam workshop menulis soal pilihan ganda diperoleh data pada siklus 1 pertemuan 1 A 32,5%, B 52,5%, dan C 15%; siklus 1 pertemuan 2 skor A 37,5%, B 52,5%, dan C 30   %; siklus 2 pertemuan 1 skor A 37,5%, B 55%, dan C 7,5%; siklus 2 pertemuan 2 skor A 42,5%, B 42,5%, dan C 15%; dan siklus 3 skor A 32,5%, B 62,5%, dan C 5%; Hasil penelitian menunjukan kinerja dan hasil kerja guru telah mampu mencapai indikator keberhasilan workshop menulis soal pilihan ganda, sehingga kegiatan workshop dapat disimpulkan berhasil meningkatkan kemampuan guru kelas dalam menulis soal pilihan ganda.

 

Kata Kunci: Guru kelas, Kemampuan Menulis Guru


Keywords


Guru kelas, Kemampuan Menulis Guru

References


Abdullah, R. (2015). Lantanida Jurnal. Urgensi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kelas Mata Pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah. 2(3)

Ahmad Sabri, Strategi Belajar Mengajar, (Cet. I; Jakarta: Ciputat Press, 2005), h. 138.

Arifin, M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara,

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia

Depkinas. (2009). Pengembangan Bahan Ujian dan Panduan Penulisan Soal. Jakarta: Depsiknas

Fahrunrosi. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) melalui Workshop di Madrasah Binaan MTs Negeri 1 Lubuk Linggau. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(1).

Idrus, L. (2019) Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2(9).

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pengembangan Model Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 361–370.

Magdalena., I, Mulyani,. F, Fitriyani., N dan HapsaDelvia., A. (2020). Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 2. Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar di SD Negeri Bencongan 1. 1(88).

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran Terpadu. In Bandung: Remaja Rosdakarya

Mimin, H. 2009. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta. Gaung Persada.

M. Chabib Thoha, Teknik Evaluasi Pendidikan (Cet. I; Jakarta: PT. Raja Grafindo, 1990), h.17.

Permadi, Indra. 2019. Peran Sekolah dalam Membentuk Potensi Peserta didik. https://www.kompasiana.com. Diakses tanggal 13 Juni 2020.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam (Cet. I; Jakarta: Kalam Mulia, 2002), h.331.

Rohmah. (2020). Evaluasi terhadap pembinaan kinerja guru. Journal Of Islamic Education Management , 1 (2), 1-13.

S. A. (2004). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Injakarta: Bumi Aksara

Salamah, U. (2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia. 1(2).

Suharsimi, A. (2005). Dasar - dasar evaluasi pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara Arikunto, S., & Jabar, C.

Sunnaga, E. (2020) Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Melalui Workshop di Madrasah Binaan MIN 2 Simalugun. Jurnal ANSIRU PAI. 1(4)

Sofiana, S. (2010). Analisis butir Soal Ulangan Kenakan Kelas Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2009/ 2010. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Zahro, I. F. (2015). Jurnal Pendidikan. Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Asridar - -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id