EFEKTIVITAS MODEL SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS COACHING MOTIRTAR

Erik Wahyudi, Sri Utaminingsih, Erik Aditia Ismaya

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model supervisi akademik berbasis coaching MOTIRTAR. Pelaksanaan supervisi akademik di sekolah dasar Kecamatan Nalumsari belum berjalan dengan maksimal. Terdapat permasalahan diantaranya rendahnya kinerja guru dalam mengelola pembelajaran di kelas, kurangnya kenyamanan guru saat pelaksanaan supervisi yang dilakukan kepala sekolah, dan kurangnya pembinaan yang dilakukan kepala sekolah sebagai tindak lanjut supervisi yang dapat membantu guru untuk meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan salah satu tujuannya adalah menganalisis keefektifan pengembangan model supervisi akademik berbasis coaching MOTIRTAR bagi guru SD di Kecamatan Nalumsari. Data dikumpulkan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif, uji n-gain, dan uji t pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan keefektifan model supervisi akademik berbasis coaching MOTIRTAR terlihat dari peningkatan nilai supervisi awal dan akhir kelas kontrol dan eksperimen yaitu sebesar Sig (2-tailed) 0.491 > 0.05 dengan nilai rata-rata 29,61 dan 41,43.

Keywords


model supervisi akademik; coaching MOTIRTAR

References


Coe, Cindy, Amy Zehnder, and Dennis Kinlaw. (2008). Coaching for Commitment: Achieving Superior Performance from Individuals and Teams. John Wiley & Sons, Inc. 243.

Dauhan, Novientry Sangiang. (2020). Pengaruh Budaya Kerja Terhadap Kinerja Guru. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs), 3(3), 2301–6.

Eni, Rindarti. (2021). Implementasi Coaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Kepala Madrasah Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 401–15. https://doi.org/10.5281/zenodo.5680948

Fellang, Iskandar, Arismunandar, Baharuddin Semmaila, and Andi Bunyamin. (2021). The Supervision Role of Madrasah Heads in Supporting Teacher Competency Improvement. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(6), 625–34.

Handayani, Lina, Achmad Hilal Madjdi, and Su’ad. (2021). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Rekan Sejawat Di SMP Negeri Se-Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 317–34.

Jamila, J. (2019). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Kolaboratif (Studi Pada Pengawas Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah, Dan Tinggi, 1(1), 26–36.

Jumaidah, Nur’ani, Oktazil Nurdia, Rahmi Rahmi, and Rhoni Rhoni. (2017). Implementasi Supervisi Akademik Kepala MIS Batusangkar. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 290–303.

Machali, Imam, and Ara Hidayat. (2016). The Handbook of Education Management. Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.

Majid, Abdul. (2018). Penerapan Coaching Untuk Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Supervisi Akademik Pada SMP Binaan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin. Lentera: Jurnal Pendidikan, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.33654/jpl.v13i1.336

Maseko, Badelisile M., Rene van Wyk, and Aletta Odendaal. (2019). Team Coaching in the Workplace: Critical Success Factors for Implementation. SA Journal of Human Resource Management, 17(0), 1–11. https://doi.org/10.4102/sajhrm.v17i0.1125

Mathis, R. L., and J. H. Jackson. (2016). Human Resource Management. Edisi 10 Jilid 3. Jakarta: Salemba Empat

Minzlaff, Kathrine A. (2019). Organisational Coaching: Integrating Motivational Interviewing and Mindfulness with Cognitive Behavioural Coaching. Coaching 12(1), 15–28. https://doi.org/10.1080/17521882.2018.1478437.

Nugraha, Ikhsan Dani, Emi Vovo Sembiring, Ambiyar, and Fahmi Rizal. (2021). Effectiveness of Implementing Academic Supervision in Improving Teacher Performance in SMK Negeri 5 Padang. Jurnal Mantik, 6(36), 1393–96.

Parsloe, Eric, and Melville Leedham. (2017). Coaching and Mentoring: Practical Techniques for Developing Learning and Performance. Third Edut. Great Britain: Kogan Page Limited.

Prayogi, Rahmat. (2020). Coaching Clinic Pembuatan Media Evaluasi Dengan Menggunakan I-Spring Bagi Guru Bahasa Indonesia SMA Di Kecamatan Semuli Dan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Griya Cendekia, 5(2), 1-7.

Rusdiman, Paningkat Siburian, Saut Purba, and Osberth Sinaga. (2022). Academic Supervision Model in Improving Teacher Performance. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(6), 863–871. https://doi.org/10.55227/ijhess.v1i6.171

Singerin, Sarlota. (2021). The Impact of Academic Supervision on Teacher Pedagogical Competence and Teacher Performance: The Role Moderating by Teacher Efficacy. International Journal of Elementary Education, 5(2), 496-504. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i3.34072

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sukirman. (2020). Supervisi Pendidikan Konsep dan Aplikasi Pengembangan Sekolah. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus

Sukwan, Ophat, Prapansiri Susaorat, Thanarat Taewattana, and Wilailack Langka. (2021). The Development of Industrial Students Coaching Model under Dual Vocational Training System for Entrepreneurial Trainer: Concentration in Industrial Education. Kasetsart Journal of Social Sciences, 42(2), 262–268. https://doi.org/10.34044/j.kjss.2021.42.2.07

Tanjung, S. P., and D. Permana. (2020). Development of Mathematics Learning Tools Based on Coaching Technique to Create Accelerated Learning Revolution. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1), 1-5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012030

Ulfah, Maria, and Ahmad Noviansah. (2020). Supervisi Coaching: Peningkatan Kinerja Mengajar Guru. Al-Azkiya: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 119–128.

Ulfah, Maria. (2020). Penerapan Coaching Oleh Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 2(2), 1–11.

Whitmore, Sir John. (2019). Coaching for Performance: The Principles and Practice of Coaching and Leadership. London: Nicolas Brealey Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Erik Wahyudi Wahyudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id