ANALISIS MICROTEACHING TAHAP PEMBUKAAN PADA MAHASISWA PGSD DALAM MATA KULIAH PSAP MATEMATIKA SD
Abstract
Pelaksanaan microteaching pada mata kuliah PSAP (Perencanaan Strategi Asesmen Pembelajaran) Matematika SD, bertujuan untuk melatih kemampuan pedagogik mahasiswa sebagai calon guru SD. Penelitian ini bertujuan untuk hasil analisa pelaksanaan microteaching, khususnya pada tahap pembukaan, yang dilakukan oleh mahasiswa calon guru, program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Pelita Harapan. Diharapkan hasil penelitian ini, dapat menjadi bahan evaluasi khususnya bagi dosen untuk memperbaiki dan meningkatkan strategi dalam mengajar mata kuliah ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif, dengan instrumen penelitian berupa rubrik penilaian microteaching, hasil observasi dosen, dan hasil refleksi microteaching mahasiswa. Data kuantitatif diperoleh dari nilai rata-rata rubrik penilaian microteaching yang kemudian dikonversikan kedalam bentuk kualitatif dengan membandingkan dengan hasil refleksi microteaching. Pada microteaching tahap pembukaan, terdapat empat kriteria yaitu: a) menarik perhatian siswa sebelum memulai pembelajaran; b) menyampaikan tujuan pembelajaran; c) mereview pelajaran; d) memotivasi siswa. Hasil yang diperoleh oleh peneliti pada microteaching mahasiswa PGSD angkatan 2019 adalah sudah baik, dengan persentase untuk tahap pembukaan kriteria “menarik perhatian siswa sebelum memulai pembelajaran 92,86% (sangat baik); kriteria “menyampaikan tujuan pembelajaran” 69,29% (cukup); kriteria “mereview pelajaran” 68,57% (cukup); kriteria “memotivasi siswa” 87,14% (sangat baik). Berdasarkan persentase dari empat kriteria pada tahap pembukaan microteaching, dapat diketahui bahwa kriteria yang perlu ditingkatkan adalah pada kemampuan menyampaikan tujuan pembelajaran dan kemampuan mereview pelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ardi, M. (2014). Pelaksanaan pembelajaran bagi mahasiswa program studi PPKn STKIP-PGRI Pontianak. Jurnal Edukasi, 1(88), 77.
Helmiati. (2013). Micro Teaching: Melatih Keterampilan Dasar mengajar (1st ed.). Aswaja Pressindo. https://repository.uin-suska.ac.id/10367/1/Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar.pdf
Karso, D. (2014). Pendidikan Matematika 1. Universitas Terbuka.
Kolai, K., Zainudin, & Suryani. (2016). Peningkatan aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan metode eksperimen pada pembelajaran ipa kelas iv. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan, 1, 001–013.
Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Mulyani, F. (2015). Konsep Kompetensi Guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 03(01), 1–8.
Ningtyas, M. (2014). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.
Sasmita, M., Nellitawati, N., Adi, N., & Alkadri, H. (2021). Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru di SMK Harapan Bangsa Panti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 4795–4799. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1649%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/1649/1453
Sukirman, D. (2012). Pembelajaran Micro Teaching. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (2nd ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Tangkin, W. P. (2019). Pemanfaatan Rubrik Sebagai Instrumen Penilaian Alternatif. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 29–39. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p29-39
Tantu, Y. R. P., & Christi, L. Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Microteaching Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah PSAP Sains dan Teknologi. Jurnal Basicedu, 4(3), 707–715. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.424
Wahyulestari, M. R. D. (2018). Keterampilan Dasar Mengajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA UMJ, 199–210.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9091
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Wiyun Philipus Tangkin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id