PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI SDN 001 KEMPAS JAYA

Sumini Sumini

Abstract


T

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match ini terdapat unsur permainan yang menyenangkan bagi siswa. Hal ini dapat menciptakan kegiatan belajar sambil bermain. Penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 001 Kempas Jaya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV (Empat), jumlah siswa sebanyak 26 siswa (18 Laki-laki, dan 8 Perempuan). Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data statistik deskriftif dilakukan juga observasi, wawancara dan Tes Evaluasi pada akhir siklus. Pada prasiklus kriteria aktivitas siswa 38.46%, setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match menunjukkan adanya peningkatan. Pada siklus I, kriteria aktivitas siswa 73.07% dan pada siklus II akivitas siswa 92.30%, aktif dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilaksanakan. Hasil belajar pada pra siklus memperoleh ketuntasan siswa 42.30% dengan nilai rata-rata 68.84. Siklus I ketuntasan siswa sebesar 76.92% . Rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I sebesar 75.57. Pada siklus II, ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 92.30%. Rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus II sebesar 82.50. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas belajar siswa semakin meningkat setiap siklusnya.


Keywords


Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Make A Match.

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Arisanti, D. (2012). Peran guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas x SMA PGRI 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9)

Ayaz, M. F. & Sekerci, H. (2015). The Effect of the Constructivist Learning Approach on Student’s Academic Achievement: AMeta-Analysis Study. The Turkish Online Journal of Educational Technology. 14 (4). 143—156

Farida, C. A., Murniati, & Khairuddin. (2014). Supervisi Pengajaran Oleh Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan. 4(2). 133–156

Fitriana, E., Sugeng Utaya., & Budijanto. (2016). Hubungan Persepsi Siswa tentang Proses Pembelajaran dengan Hasil Belajar Geografi di Homeschooling Sekolah Dolan Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(4). 662-667

Gani, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran dan Persepsi Tentang Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri Di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Daya Matematis. 3(3). 337–343

Hidayat., Sholeh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Gralia Indonesia

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jamil, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Hasil Belajar Ilmu Bahan Bangunan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu Dan Beton Smk Negeri 2 Binjai Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis. Universitas Negeri Medan

Juleha, S., Khuzaemah, E., & Cahyani, D. (2014). Penerapan Strategi Belajar Murder untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas VIII MTs

Al-Ikhlas Setupatok Cirebon. Science Educatia. 3(2). 95–109

Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe think pair share untuk meningkatkan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2)

Lestari, Puji., Umi., Putri, Indra, R.I, & Hartono, Yusuf. (2015). Using Set Model For Learning Addition Of Integers. Journal on Mathematics Education. 6(2). 93-106

Lie, Anita. (2010). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning diRuang-RuangKelas. Jakarta: Grasindo

Masita, T. N., Irawan, Edi, Bambang., & Sisworo. (2016). Gesture Menunjuk dan Representasional Siswa Sesuai dengan Tahapan Berpikir. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(2). 271—280

Muzakar. (2014). Kinerja Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan pada

Madrasah Tsanawiyah Negeri Meureubo. Jurnal Ilmiah Islam Futura. 4(1). 110–133

Patty, Victor., & Bayard, Pierre. (2015). Spinor representation of Lorentzian surfaces in R2,2. Journal of Geometry and Physics. 95(15). 74-95. https://doi.org/10.1016/j.geomphys.2015.05.002

Purwandari, N. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa Kelas IV SD N 2 Srandakan. Jurnal Pendidikan Gutu Sekolah Dasar. 15(4). 1–10

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya

Suhendri, Huri. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 1(1). 29-39

Suniasih., Ni Wayan., S. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Asesmen Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan Matematika Dan Sikap Sosial Pada Tema Cita-Citaku Siswa Kelas Iv Sd N 4 Ubung. Mimbar Pgsd Undiksha. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5164

Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research), Teori & Praktik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Ulfah, K. R., Anang Santoso., & Sugeng Utaya. 2016. Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(8).1607—1611

Utami, W.S., Sumarmi., I Nyoman Ruja., & Sugeng Utaya. 2016. React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperative,Transfering) Strategy to Develop Geography Skills. Journal of Education and Practice. 7(17). 100—104

Yuliana, Rina, C. I., & Sastromiharjo, Andoyo. (2015). Penerapan Strategi Partisipatif Melalui Media Gambar Denah Dan Kartu Pancing Foto Dalam Pembelajaran Pemahaman Konsep Dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. JPSD, 1 (2). 98-108




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sumini Sumini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id