PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK SD KELAS V
Abstract
Rendahnya penguasaan konsep yang dimiliki peserta didik menyebabkan hasil belajar seringkali jauh dari standar penilaian terutama pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital yang dapat menanamkan penguasaan konsep peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuantitatif-deskriptif. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D) yang merupakan metode ilmiah untuk memperoleh data sehingga dapat dipergunakan untuk menghasilkan, mengembangkan, dan memvalidasi produk. Media pembelajaran komik digital dikembangkan melalui tahapan validasi produk terlebih dahulu yang melibatkan ahli materi dan media untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan produk. Kemudian, produk komik digital diujicobakan untuk mengetahui penguasaan konsep peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Partisipan dalam penelitian ini adalah 23 orang peserta didik kelas V di salah satu SD Negeri yang berada di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik digital layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam kegiatan pembelajaran IPA. Media pembelajaran komik digital juga dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik kelas V yang dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar yang diperoleh peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agatha, N, D., Prihatin, J., & Narulita, E. (2017). Pengembangan Buku Komik Pokok Bahasan Peredaran Darah. Jurnal Biodukatika. 5 (2), 59-64. http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i2.7200
Aggleton, J. (2018). Defining digital comics: a British Library perspective. Journal of Graphic Novels and Comics, 00(00), 1–17. https://doi.org/10.1080/21504857.2018.1503189
Ambaryani., & Airlanda, G, S. (2017). Pengembangan Media Komik untuk Efektifitas dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE). 3 (1) 19-28.
Ariawan, K, U. (2016). Unjuk Kerja Aplikasi Digital Signage Xibo pada Proses Pembuatan Papan Pengumuman Digital di Jurusan Teknik Elektro. Jurnal JPTK: Undiksha. 13 (1), 50-60.
Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Budi., dkk. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran melalui E-comic Berbasis Scientifik Approach pada Mata Pelajaran Matematika Materi Limit Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika FISIP Unissula. 4 (1), 71-83.
Febriani, A., Ratu, T., & Rahman, A, H. (2020). Pengembangan Komik Digital Fisika Berbasis Hypertext Markup Language (HTML). International Journal of Teacher Education. 1 (4), 165-171.
Fransisca, S., & Putri, R, N. (2019). Pemanfaatan Teknologi RFID untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah dengan Metode (R&d). Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi. 1 (1), 72-75.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman. 4 (2), 129-150.
Indrayani, R. (2014). Penggunaan Komik IPA Terpadu untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Retensi Siswa SMP pada Tema Makanan, Pencernaan dan Kesehatan. [Online]. Diakses dari http://repository.upi.edu/id/eprint/7285
Mediawati. (2019). Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran IPA pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro. 6 (2).
Megantari, K, A., Margunayasa, I, G., & Agustiana, I, G, A, T. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 9 (1), 139-149.
Ningrum., dkk. (2022). Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6 (1), 1297-1310. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2289
Nugraha, S, W. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SD dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar. 10 (2), 115-127.
Nugroho, A, S. (2013). Peningkatan Penguasaan Konsep dengan Model Pembelajaran Konsep dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1 (2), 1-11.
Nursholihat, K., Sujana, A., & Karlina, D, A. (2017). Peranan Media Komik terhadap Literasi Sains Siswa SD Kelas V pada Materi Daur Air (Penelitian Pre-Experimental terhadap Siswa Kelas V SD Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang). Jurnal Pena Ilmiah. 2 (1), 711-720.
Rahmah, S., Yuliati, L., & Irawan, E, B. (2017). Penguasaan Konsep IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM. 3 (1), 35-40.
Ramdani, A., dkk. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 6 (1), 119-124.
Rizki, M., Hakim, Z. R., & Nurhasanah, A. (2022). Pengembangan Komik Fantasi Bertema Pahlawanku Sebagai Media Pembelajaran IPS Di Kelas IV Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 11 (2), 335-347. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8601.
Sujana, A. (2016). Pendidikan IPA SD Teori dan Praktik. Bandung: Nurani.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.
Wibowo, S, A., & Koeswanti, D, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik untuk Meningkatkan Karakter Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5 (6), 5100-5111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1600
Wahyuni, C., Sudin, A., & Sujana, A. (2020). Nilai Integritas dan Penguasaan Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran Radec Berbasis Grup Whatsapp pada Materi Siklus Air. Jurnal Pena Ilmiah. 3 (2).
Zulkarnain, Z., Andayani, Y., & Hadisaputra, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Preparing Dong Concluding. Jurnal Pijar MIPA. 14 (2), 96-100.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9070
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Juni Artha Juneli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id