PENGEMBANGAN DIGITAL SCRAPBOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Delfi Septia, Murjainah Murjainah, Puji Rahmawati

Abstract


P

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berupa Digital Scrapbook berbasis kearifan lokal pada pembelajaran IPS kelas IV yang valid, praktis dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan ASSURE diantaranya : (1) analyze learners, (2) state standar and objective, (3) select strategies, technology, media and material, (4) utilize strategies, technology, media and materials,(5) requirner participant, (6) evaluate and revise. Subjek uji coba one to one sebanyak 3 siswa, subjek uji coba small group sebanyak 10 siswa, dan subjek requirner participant sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, walkrough, angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital scrapbook berbasis kearifan lokal layak dengan perolehan nilai dari ahli rata-rata presentase 89 % kategori layak, hasil tanggapan siswa rata-rata menunjukkan siswa senang dalam menggunakan media digital scrapbook berbasis kearifan lokal dalam proses pembelajaran dengan presentase 93,4 %. Berdasarkan hasil pretest dan postest diperoleh bahwa media digital scrapbook yang dikembangkan telah meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 15 Semende Darat Laut sebesar 0,60  maka dengan begitu produk dapat dikatakan efektif.


Keywords


Pengembangan, Digital Scrapbook, Kearifan Lokal, IPS, Siswa.

References


Aini, N. N., & Wicaksono, V. D. (2021). Pengembangan Media Digital Scrapbook Berbasis Android Materi Hubungan Gambar Lambang Negara Dengan Sila-Sila Pancasila Kelas II SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3299-3308.

Alimin . (2018). Menggali Kearifan Lokal Sumatera Selatan Melalui Pendestrian Jalan Jendral Sudirman . Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Universitas PGRI Palembang , 239.

Amanullah, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi dan Pembelajaran, 38-44.

Anisa, Faudiah, N., & Murjainah . (2022). Pengembangan Bahan Ajar Scrapbook Tema Peristiwa dalam Kehidupan Untuk Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Of Social Science Research , 244.

Erriyanti , D., Windyantika, N., Utami , D., & Anjarini , T. (2021). Analisis Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Pembelajaran IPS Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Purworejo, 845.

Garini , A., Respati , R., & Mulyadiprana , A. (2020). Penggunaan Media berupa Digital pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 187-189.

Hidayat , B. (2020). Tinjauan Historis Pendidikan Ips Di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 149.

Isti , L., Agustiningsih , & Wardoyo, A. (2020). Pengembangan Media Vidio Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 23.

Khairinal , K., Suratno, S., & Aftiani , R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip PDF Profesional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Managemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 459.

Kurnia , I. (2018). Mengungkap Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kediri Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Bangsa Indonesia. Jurnal PGSD, 52 .

Kustandi , C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Masturah , E., Mahadewi, L., & Simamora, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-UP Book Pada Mata Pembelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesa, 214.

Murjainah . (2016). Pengembangan Digital Scrapbook Pembelajaran Geografi Dengan Kompetensi Kecendrungan Perubahan Litosfer Di Muka Bumi Di Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 930-931.

Rosiha, i., & pamungkas, a. s. (2018). pengembangan media pembelajaran. Jurnal madrasah ibtidaiyah, 35.

Setiawan , I., & Mulyati , S. (2020). Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar , 122.

Shufa, N. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar Sebuah Kerangka Konseptual . Jurnal Ilmiah Kependidikan , 49-52.

Siswi , N., & Wahyudi. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Game Menjelajah Ruang Berbasis Construct untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah bagi siswa di sekolah dasar . Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 494-496.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif fan R & D. Bandung : Alfabeta .

Suryaman , & Suryanti, Y. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Plotagon dan CapCut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas II Sekolah Dasar . Jurnal CakrawalaPendas, 842-843.

Syamsijulianto, T. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Mobuya pada Indahnya Keragaman Budaya Bangsaku di Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Konseptual, 209-211.

Wahyuni , S., & Solfema . (2020). Pengembangan Dan Pemanfaatan Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Model ASSURE di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 221.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Delfi Septia, Murjainah Murjainah, Puji Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id