PERAN INTERAKSI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) PANAM MULIA BAGI ANAK DI KELURAHAN TAMAN KARYA KECAMATAN TAMPAN SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstract
Orang tua adalah salah satu peran yang dimiliki anggota masyarakat, namun tidak semuanya orangtua memiliki anak dengan kondisi fisik yang sempurna, sebagian besar orang tua menyekolahkan anak yang berkebutuhan khusus tidak menempatkan mereka di sekolah umum melainkan di SLB atau yang biasa dikenal dengan Sekolah Luar Biasa. SLB merupakan sekolah khusus diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus sehingga dapat melaksanakan ataupun bermain dengan teman sebaya di sekolah seperti pada sekolah umum lainnya. Penelitian ini diangkat dengan tujuan untuk dapat mengetahui peranan seberapa besar orang tua/wali murid dan beserta guru yang bersangkutan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran murid SLB Panam Mulia pada masa pandemi Covid-19. Metode Penelitian yang digunakan dengan pendekatan metode penelitian kualititatif deskriptif, dalam pengumpulan data tersebut disertakan dalam bentuk data kualittaif. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah orang tua atau wali murid yang bersangkutan tujuan digunakannya metode ini adalah bagaimana para orang tua/wali murid beserta guru yang bersangkutan memberikan informasi dalam mengatasi perubahan sistem pembelajaran pada SLB di masa Pandemi Covid-19 agar kegiatan belajar mengajar tetap efektif sehingga para murid SLB tetap mendapatkan pelayanan kualitas pembelajaran dengan baik sekaligus memberikan informasi analisis dampak sosial yang dirasakan seluruh pihak SLB mengenai perubahan sistematis pembelajaran selama pandemi Covid-19.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E. (2017). Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus pada SLB di Sidoarjo. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 21. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p21-30
Asfiati, A., & Mahdi, N. I. (2020). Merdeka Belajar bagi Anak Kebutuhan Khusus di SLB Kumala Indah Padangsidimpuan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 59. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9620
Asvira, M. Y., & Nurhastuti. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Anak Tunarungu Pada Masa Pandemi Covid-19 di SLB Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(1), 97–104. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/111542
Cahyaningtyas, H., Dale, A. A., Karimah, F. N., & Caesaria, I. (2020). Kebahagiaan pada guru sekolah luar biasa (SLB). Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 93–102. https://doi.org/10.23917/indigenous.v5i1.11133
Dewi, R., & Zarkasih, Z. (2018). Peran Orang Tua Dalam Proses Akseptabilitas Masyarakat Terhadap Anak Penyandang Tuna Grahita Di Kota Yogyakarta. Sosial Budaya, 14(2), 129. https://doi.org/10.24014/sb.v14i2.4425
Goodman, G. R. & D. J. (2010). Teori Sosiologi Modren (T. W. B. Santoso (ed.); 6th ed.). Prenada Media Group.
Haris, Fahmil, Johandri Taufan, S. N. (2019). Peran Guru Olahraga bagi Perkembangan Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Humaira, D. (Universitas N. P., Padang), F. (Universitas N., & Padang), Z. (Universitas N. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di SLB Sabiluna Pariaman. E-JUPEKhu:Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 95–109.
Jofipasi, R. A., & Purwanta, E. (2019). Needs Analysis for the Development of Career Choice Assessment Instruments for Intellectual Disability Students in Extraordinary High Schools. 296(Icsie 2018), 93–97. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.18
Mulia, S. S., & Kasiyati. (2021). Persepsi Orang Tua Dalam Mengenalkan Protokol Kesehatan Coronavirus Disease ( Covid-19 ) Kepada Anak Tunagrahita Di SLB Negeri 1 Painan. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 990–997.
Nasution. (2013). Sosiologi Pendidikan. In Sosiologi Pendidikan.
Ninda, S., Putri, A., & Taufan, J. (2021). Permasalahan Dalam Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(2), 41–45. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/112223
Prasetyo, D. C., Asrowi, A., & Sunardi, S. (2017). the Using of Reflective Maternal Method To Improve Language Learning and Understanding of Hearing Impairment Students in Grade 2 Pemalang State Extraordinary Schools – Slb Negeri Pemalang, Indonesia. Europe Journal of Special Education Research, 2(2), 25–34. https://doi.org/10.5281/zenodo.239588
Prastia, H. T., & Suprijono, A. (2017). Praktek Kekerasan Simbolik Pada Anak Autis di Salah Satu SLB di Kawasan Surabaya. Paradigma, 05(01), 1–10.
Raharjo, S., Andiana, O., & ... (2021). The Physical Fitness Level of Children with Special Needs During the Covid-19 Pandemic In Extraordinary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal …, 13(3), 1–7. http://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/1021%0Ahttp://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/viewFile/1021/624
Rahman, S. A., Hasni, H., & Sunusi, S. (2018). Bentuk Interaksi Sosial Guru Dalam Mengajar Dan Membimbing Siswa Autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Arnadya Makassar.
Rizal, F. (2020). Survey on Implementation of Adaptive Physical Education Learning in Extraordinary Schools in Aceh Tenggara Regency. 2019, 23592–23604.
Safitri, N. Y., Sosiologi, A. M., Maritim, U., Ali, R., Samnuzulsari, T., Sosiologi, D., Maritim, U., & Ali, R. (2018). Dinamika Kehidupan Keluarga Anak Autis. 2(2), 1–13.
Santoso, E., & Setiawan, J. L. (2018). Peran Dukungan Sosial Keluarga, Atasan, dan Rekan Kerja terhadap Resilient Self-Efficacy Guru Sekolah Luar Biasa. Jurnal Psikologi, 45(1), 27–39. https://doi.org/10.22146/jpsi.25011
Setyarahma, H. R. et al. (2021). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Terhadap Ketahanan Diri Remaja Tunarungu Di Slb B Yakut Kota Purwokerto. 8(4), 4011–4026. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/15388/15111
Solihat, G., Yusuf, M., & Subagya, S. (2021). Proses Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Secara Daring Siswa Tunanetra di Kelas 5A SLB A Pembina Tingkat Nasional Selama Masa Pandemi Covid-19. Combines: Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Science, 1(1), 264–270. http://journal2.um.ac.id/index.php/jo/article/view/17217
Sudinia, Y. (2017). Kehidupan Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Negeri Selatpanjang Desa Banglas Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Jom Fisip, 4(2), 1–15.
Triani, N., Uman Suherman, A. S., & Nurihsan, J. (2020). Development of class teacher’s pedagogic competency in the implementation of learning guidelines in extraordinary elementary school (EES). ACM International Conference Proceeding Series, 4(2), 114–123. https://doi.org/10.1145/3452144.3452230
Turner, B. S. (2012). Teori Sosial Dari Klasik Sampai Postmodren (B. S. Turner (ed.)). Pustaka Pelajar.
Utami, A. D., Sujadi, I., & Riyadi. (2014). Strategi Guru dalam Membelajarkan Matematika pada Materi Lingkaran Kepada Anak Tunagrahita. Jurnal Elektronik Pembelejaran Matematika, 2(8), 853–864.
Utami, L. S., & Musyarofah, S. (2021). Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal. Peran Mikronutrisi Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19, 11 No 1(Januari), 1–8.
Widi, N., Widi, N. A., & Nirwansyah, R. (2013). Penerapan Aksesibilitas pada Desain Fasilitas Pendidikan Sekolah Luar Biasa. Jurnal Sains Dan Seni POMITS, 2(2), G20–G25. http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/download/3407/1441
Yosiani, N. (2014). Relasi Karakteristik Anak Tunagrahita Dengan Pola Tata Ruang Belajar Di Sekolah Luar Biasa. E-Journal Graduate Unpar, 1(2), 111–123. http://journal.unpar.ac.id/index.php/unpargraduate/article/view/1207
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9050
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Achmad Hidir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id