ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MINAT BELAJAR SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 LANGGINI

Wahyu Andriani, Ramdhan Witarsa, Nurmalina Nurmalina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya minat belajar sains siswa Sekolah Dasar Negeri 008 Langgini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Seklah Dasar Negeri 008 Langgini yang berjumlah 21 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar wawancara sebagai data primer serta beberapa dokumentasi sebagai data pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar sains siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Langgini yaitu rasa senang siswa dalam mengikuti pembelajaran sains hanya 42,8% dan 57,1% siswa yang terlihat tidak ceria saat guru menyampaikan akan belajar sains. Perhatian siswa terhadap pembelajaran, terlihat dari siswa yang fokus dan tidak menghiraukan saat siswa-siswa lain berlalu-lalang di luar kelas hanya 14,2% dan 85,7% siswa tidak fokus pada saat pembelajaran sains berlangsung. Keterlibatan siswa yang dilihat dari siswa yang aktif bertanya jika tidak memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru hanya 19,0% dan 80,9% siswa tidak berkeinginan untuk bertanya jika ada materi pelajaran yang tidak dipahami.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar sains siswa kelas V SDN 008 Langgini meliputi faktor internal yaitu kurangnya rasa senang, perhatian dan kurangnya siswa terlibat terhadap pembelajaran sains. Faktor eksternal yaitu pembelajaran sains yang monoton, pembelajaran masih terfokus kepada guru, materi pembelajaran yang masih berupa hafalan dan sulit dipahami. Dengan demikian faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar sains perlu diperhatikan lagi.


Keywords


Minat Belajar, Penelitian Kualitatif, Sains

References


Ali, L., U. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA ditinjau dari Hakikat Sains pada SMP di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 103–112. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/prismasains/Prisma Sains

Ana, R, F., R. (2021). Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Kelas IV SDN Kamulan 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 177–187.

Batu-Bara, Y., A., Zetriuslita, Dahlia, A., & Effendi, L., A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa menggunakan Media Pembelajaran E-comic Aritmatika Sosial dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Derivat, 8(1), 1–10.

Berutu, M, H., A., & Tambunan, M, I., H. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109–115.

Dalimunthe, R., R., Harahap, R., D., & Harahap, D., A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar terhadap Mata Pelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341–1348.

Friantini, R., N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.

Hamzanwadi. (2021). Hubungan antara Kompetensi Pedagogik Guru dengan Minat Belajar Siswa (Teori dan Praktik) (Guepedia (ed.); 2021st ed.). Guepedia, Bogor.

Hutari, Mardiana, & Suryansyah. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Model Quantum Teaching di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 155–165.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Manalu, A, C., S., Jumiati, Y., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Persamaan Garis Lurus Berbantu Aplikasi Geogebra. Journal On Education, 2(1), 63–69.

Marleni, L. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 149–159.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135.

Program For International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2018, (2018).

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74.

Putri, K., Djaja, S., & Suyadi, B. (2017). Pengaruh Minat Belajar dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 67–74.

Reski, N. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490.

Silfitrah, & Mailili, W., H. (2020). Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 4 Sigi terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 53–60.

Sirait, E., D. (2016). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 35–43.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif (7th ed.). Alfabeta, Bandung.

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Elementary, 4(1), 38–54.

Sunami, M., A., & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945.

Tursinawati. (2013). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pionir, 1(1), 67–84.

Wiradarma, K., S., Suarni, N., K., & Renda, N., T. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 408–415.

Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (1st ed.). Deepublish, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wahyu Andriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id