PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD

Fadhillah Muhibbah, Khairil Iba

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas IV di SDN Dukuh 09 Pagi. Penelitian ini mengacu pada pendekatan kuantitatif. Jenis metode penelitian yang digunakan pada penelitian ialah Quasi Eksperimen dalam bentuk desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Pada desain ini melibatkan 2 kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol  yang berjumlah 32 peserta didik dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 peserta didik. Proses pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan post test kepada kedua kelas tersebut. Untuk menentukan Hasil penelitian ini dengan menggunakan Rumus Uji T. Penentuannya Tolak Ho jika Thitung > Ttabel dan Terima Ho jika Thitung < Ttabel. Hasil dari uji perhitungan pada penelitian ini menyatakan Thitung = 7,391 dan Ttabel = 1,999 dalam tingkat signifikan (α) = 0,05.  Karena Thitung > Ttabel = 7,391 > 1,999, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas IV.

 

 


Keywords


Video Animasi, Hasil Belajar, Matematika

References


Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Arimurti, S. A. (2017). Kontribusi Komunikasi Matematik, Persepsi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika, dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Purwodadiitle. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 5–24.

Awalia, F. (2022). Perancangan Konten Youtube Tentang Animasi Edukasi Terbentuknya Kepulauan Indonesia. Dinamika, 33(1), 1–12.

Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1119

Febrina, R., & Lena, M. S. (2021). Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Keliling Dan Luas Bangun Datar Di Kelas Iv Sdn 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat Reysa Febrina 1 , Mai Sri Lena 2. Jurnal Handayani, 12(1), 23–30.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Maswar, M. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika Menyenangkan Siswa (Mms) Berbasis Metode Permainan Mathemagic, Teka-Teki Dan Cerita Matematis. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.28-43

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Jurnal Unsika Sesiomadika, 4(1), 659–663.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku ajar dasar-dasar statistik penelitian. Sibuku media.

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223

Rahmayanti, L. (2018). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V sdn se-gugus sukodono sidoarjo. Jurnal PGSD, 6(4), 429–439.

Ramli. (2012). Buku Utuh Media Dan Teknologi Pembelajar-M.Ramli. In Media dan Teknologi Pembelajaran (Vol. 1). IAIN Antasari Press.

Risambessy, A. (2017). Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Iqtishoduna, 13(2), 27–33. https://doi.org/10.18860/iq.v13i2.4487

Sari, D. N. I. (2021). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Tematik Tingkat SD/MI. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(1), 6.

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Penerbit Deepublish.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Manik –Manik Dan Sedotan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Vicratina : Jurnal Kependidikan Dan Keislaman, 10(2), 22–23.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. In L. Novita (Ed.), Pendidikan anak usia dini. Kencana.

Susilana, R. (2015). Modul Populasi dan Sampel. In Modul Praktikum. Modul Praktikum.

Tanis, H. (2013). Pentingnya Pendidikan Character Building dalam Membentuk Kepribadian Mahasiswa. Humaniora, 4(2), 1212. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3564

Tasdik, R. N., & Amelia, R. (2021). Kendala Siswa SMK dalam Pembelajaran Daring Matematika di Situasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 510–521.

Twozia, T. (2021). Pengaruh Video Animasi terhadap Pemahaman Konsep Segitiga Siswa Kelas IV di SDN Gentramasekdas. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 668–674. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1692

Wolontery, E. K., Palinussa, A. L., & Ayal, C. S. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 2(3), 76–80. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v2.i3.p76-80




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fadhillah Muhibbah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id