EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara tepat efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif insdie-outside circle dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui pembelajaran IPA kelas V. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Experimental (eksperimen semu) dengan design Nonequivalent Control Group Desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrument tes dengan populasi sebanyak 69 siswa kelas V-A dan V-B. Dari hasil perhitungan pretest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 68,10 dan kelas control sebesar 57,33. Pada hasil perhitungan posttest diperoleh nilai rata-rata kelas control = 57,50 dan kelas eksperimen = 77,07 yang artinya 8,97 lebih besar dari kelas control. Diperkuat dengan hasil pengujian hipotesis yaitu nilai negative rank dari hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,00 yang artinya terdapat pengaruh, dan pada tes statistic diperoleh nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat peningkatan. Hal ini dapat membuktikan keefektivitas penerapan model IOC dalam meningkatkan kemampuan kognitif yang diperoleh dari hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdurakhman, O., & Rusli, R. K. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif. 33.
Andhika, M. E., Suardika, W. R., & Wiyasa, K. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Berbasis Media Audio Visual Animation Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, 1(1), 12–18.
Arbiyanti, Y. N. (2017). Implementasi Metode Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) Dalam Meningkatkan Hasil dan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII SMPN 2 Batang. Edu Komputika Journal, 4(2), 60–60. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v4i2.22495
Choerunnisa, R., & Wardani, S. (2017). Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching Learning Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Literasi Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 1945–1956. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jipk.v11i2.10610
Depdiknas. (2003). Undang-undang (UU) No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. JDIH Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, 37. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Dewi, S. S., Uswatun, D. A., & Sutisnawati, A. (2020). Penerapan Model Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas Tinggi. Junal Kependidikan, 6(1), 86–91. https://doi.org/https://doi.org/10.37150/jut.v6i1.720
Haryanti, Y. D. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 94–104. https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.337
Hasanah, U. (2018). Pengaruh Penerapan Teori Kognitif Bruner (Discoveri Learning) Terhadap Pemahaman Konsep Struktur Tumbuhan Siswa Kelas V Mi Kh Hasyim Asy’Ari Karangnongko Tumpang.
Jauhar, S., Kadir, A., & Wahyu, W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 215 Kading Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1), 34. https://doi.org/10.26858/jkp.v1i1.5067
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. 1–116.
Kurniawati, C. H., Arini, N. W., & Suarjana, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 10.
Kusumastuti, R. P., Rusilowati, A., & Nugroho, S. E. (2019). Pengaruh Keterampilan Berpikir Krtis Terhadap Literasi Sains Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 254–261. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v8i3.35624
Megawati, K., Murda, I. N., & Riastini, P. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2013/2014 Di Gugus VII Kecamatan Sawan. MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2450
Ningsih, S. Y., & Andriani, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Matematics Education and Science, 2(2), 88–94. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v2i2.136
Qusyairi, L. A. H., & Sakila, J. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Inside-Outside Circle (IOC) terhadap Prestasi Belajar dengan Memperhatikan Minat Belajar Matematika. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 34–49. https://doi.org/10.36088/palapa.v6i1.57
Ritonga, M. (2018). Politik dan Dinamika Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia hingga Masa Reformasi. Bina Gogik, 5(2), 88–102.
Saryono, E., Syafruddin, D., & Supiandi, M. I. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Inside-Outside Circle Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Keseimbangan Ekosistem. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 1(1), 40–50. https://doi.org/10.31932/jpbio.v1i1.241
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sujiono, Y. N. (2013). Hakikat Pengembangan Kognitif. Metode Pengembangan Kognitif.
Sutarto, S. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 1. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331
Utami, N. M. S., & Renda, N. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Berbantuan Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 194–203. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19337
Virgawati, N. K. T., Md.Suarjana, I., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 190. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18251
Wiradintana, R. (2018). Revolusi Kognitif Melalui Penerapan Pembelajaran Teori Bruner Dalam Menyempurnakan Pendekatan Perilaku (Behavioural Approach). Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 47. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i1.919
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Melinda Rantini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id