IMPLEMENTASI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR 2 DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR

Iis Irma Lisnawati, Julia Julia, Prana Dwija Iswara

Abstract


Upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa sekolah dasar adalah dengan melaksanakan program MBKM (Kampus Mandiri Belajar  Merdeka) kampus mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi informasi tentang pelaksanaan program mahasiswa Kampus mengajar 2 untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa sekolah dasar, lebih lanjut penelitian ini juga mencangkup hambatan, strategi dan hasil evaluasi mengenai literasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus dan menggunakan wawancara semi terstruktur untuk mengetahui hambatan, strategi dan hasil evaluasi yang dilakukan oleh mahasiswa kampus mengajar. Partisipan pada penelitian ini merupakan 20 mahasiswa kampus mengajar 2 yang ditempatkan di sekolah dasar dan tersebar di Provinsi Jawa Barat. Adapun data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif, yang terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peningkatkan kemampuan literasi siswa meningkat cukup baik, hal ini terlihat dari bertumbuhnya minat membaca dikalangan siswa, kemampuan dalam mengolah informasi, menemukan masalah dan kemampuan siswa dalam memberikan solusi dari permasalahan yang muncul. Beragam strategi pembelajaran yang inovatif berhasil diciptakan oleh mahasiswa kampus mengajar 2, dan menjadikannya salah satu faktor yang membuat kemampuan literasi siswa meningkat cukup baik.

 


Keywords


Literasi, Mahasiswa, Kampus Mengajar, Sekolah Dasar

References


Al Fajar, B. (2019). Analisis Penanaman Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Prossiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 74-79. http://dx.doi.org/10.33578/psn.v1i1.7782.

Alahmadi, N. A., & El Keshky, M. E. S. (2018). Assessing Primary School Teachers’s Knowledge of Specific Learning Disabilities in the Kingdom of Saudi Arabia. Journal of Educational and Developmental Psychology, 9(1), 9. https://doi.org/10.5539/jedp.v9n1p9.

Alma, B, dkk. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Alfabeta.

Blunch, N. H. (2014). Literacy And Numeracy Skills And Education Sector Reform: Evidence From Ghana. Education Economics, 22(2), 209–235. https://doi.org/10.1080/09645292.2011.597954.

Carmichael, F., Darko, C., & Kanji, S. (2021). Wage Effects Of Educational Mismatch And Job Search In Ghana And Kenya. Education Economics, 29(4), 359–378. https://doi.org/10.1080/09645292.2021.1900790.

Comber, B. (2015). Critical Literacy And Social Justice. In Journal of Adolescent and Adult Literacy (Vol. 58, Issue 5, pp. 362–367). https://doi.org/10.1002/jaal.370.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kemendikbud.

Heryati, Y., dkk. (2010). Model Inovatif Pembelajaran Bahasa Indonesia. Multi Kreasi Satudelapan.

Irsalina Savitri, D. (2020). Peran Guru Sd Di Kawasan Perbatasan Pada Era Pembelajaran 5.0 Dan Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2, 274–279. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/article/view/1392.

Karimi, Stela Silas. Angeline, Sabina Mulwa. Dorothy, Ndunge Kyalo. (2020). Stakeholder Engagement in Monitoring and Evaluation and Performance of Literacy and Numeracy Educational Programme in Public Primary Schools in Nairobi County, Kenya. Journal of Educational and Developmental Psychology Archives. 10(2), http://doi.org/10.5539/jedp.v10n2p10.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Merdeka belajar. Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 1. Kemendikbud.

Kim, P., Miranda, T., & Olaciregui, C. (2008). Pocket School: Exploring mobile technology as a sustainable literacy education option for underserved indigenous children in Latin America. International Journal of Educational Development, 28(4), 435–445. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2007.11.002.

Liao, C. H., Kuo, B. C., Tsao, C. J., & Mok, M. M. C. (2020). Predictors of Chinese reading and literacy skills among Chinese school children: a 3-year longitudinal study. In Educational Psychology (Vol. 40, Issue 7, pp. 838–855). Routledge. https://doi.org/10.1080/01443410.2020.1771286.

Mertala, P. (2020). Data (il)literacy education as a hidden curriculum of the datafication of education. Journal of Media Literacy Education, 12(3), 30–42. https://doi.org/10.23860/JMLE-2020-12-3-4.

Miles, M. B. & A. M. H. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. UI- PRESS.

Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nur Amanah Asdiniah, E., & Anggraeni Dewi, D. (2021). Urgensi Merdeka Belajar: Tanggapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru Terhadap Kebijakan Kampus Mengajar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v5i1.2573.

Piper, B., Simmons Zuilkowski, S., Dubeck, M., Jepkemei, E., & King, S. J. (2018). Identifying the essential ingredients to literacy and numeracy improvement: Teacher professional development and coaching, student textbooks, and structured teachers’ guides. World Development, 106, 324–336. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2018.01.018.

Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.852.

Setiawan, F., & Sukamto, S. (2021). Implementasi Kampus Mengajar Perintis (KMP) sebagai Cikal Bakal Penggerak Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8251.

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E.,Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588.

Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Andi Offset.

Wahyuni, S., Hindun, I., Setyaningrum, Y., & Masrudi, M. (2020). Implementasi PPK Berbasis Kelas Melalui Literasi Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(3), 196–208. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i3.315.

Widiyono, A., Irfana, S., Firdausia, K., & Kunci, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik Jurnal Pendidikan ke-SD-an, 16 (2),106. https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9016

Refbacks



Copyright (c) 2022 Iis Irma Lisnawati, J Julia, Prana Dwija Iswara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id