PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TATA SURYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
IPA adalah ilmu pengetahuan yang mendalami mengenai alam semesta beserta isinya, peristiwa yang ada terjadi didalamnya, pembelajaran IPA ini bersifat kompleks dan luas. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang berbantuan media permainan yang sesuai, menarik dan efektif, sehingga tercapainya tujuan dan motivasi dalam belajar. Model pembelajaran STAD dapat menekankan interaksi antara peserta didik untuk saling memotivasi dan saling membantu menguasai materi yang dipelajari peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap motivasi belajar siswa di kelas. Penelitian dilakukan secara ofline, adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa. Kelas kontrol adalah kelas dengan metode ceramah, sedangkan kelas eksperimen adalah kelas yang diberi perlakuan model kooperatif tipe STAD berbantuanmedia monopoli tata surya. Data diperoleh melalui pretest dan posttest. Metode yang digunakan metode eksperimen dengan desain penelitian quasi experimen design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Data dianalisis dengan teknik analisis uji hipotesis dan uji t. Hasil menunjukan bahwa uji hipotesis diperoleh hasil signifikan (2-tailed) sebesar 0,000. Maka diliat dari nilai signifikan < 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruhmodel pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media monopoli tata surya terhadap motivasi belajar siswa di kelas VI SDN 35 Pekanbaru.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TATA SURYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Antari, Ni Luh Gita Sri., Kt. Pudjawan., I Md. Citra Wibawa. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education. 3(2), hal 116-123
Astalini, & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains (JPS). Volume 7, No. 1, hal 80-86
Astrawan. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar. 3, hal 5
Budiastuti.D.and.Bandut.A.(2018). Validitas dan Realiabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media. Volume 1, hal 217-233
Chusniyah, I., Dewi, N. R., & Pamelasari, S. D. (2016). Keefektifan Permainan Monopoli Berbasis Science Edutainment Tema Tata Surya Terhadap Minat Belajar Dan Karakter Ilmiah Siswa Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 5(2), hal 3
Ghufron, Nur dan Rini Risnawita. (2017). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: ArRuzz Media. Hal 177-193
Handayani, I., Lubis, Z., & Aritinang, E. Y. (2018). Pengaruh Penyuluhan dengan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Tentang Buah dan Sayur pada Siswa MTS-S Almanar Kecamatan Hamparan Perak. JUMANTIK, 3(1), hal 118-119
Imas kurniasih, Berlin Sani, (2015), Ragam Pengembangan Model Pembelajaran, Kata Pena, hal. 22-23
L. M. Sriyati 1, dkk.(2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Semarapura, e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4 (4), hal 2-3
Masni, H. (2017). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34–45.
Nuryadi et al. (2017) Dasar-Dasar Statistika Penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA. Available at. Hal 79-101
Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013), h.161
Prawira Purwa Atmaja, Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru, (Jogjakarta: AR- RUZZ Media, 2014), h. 319
Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), hal 1
Rohman, Arif Miftah. (2015).Pengembangan Media Monopoli Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dan Ketrampilan. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, Vol. 3(1) : 47 – 56.
Ruswandi, Psikologi Pembelajaran (Bandung: Cipta Pesona Sejahtera, 2013), h. 139
Suciati, S., Septiana, I., & Untari, M. (2016) Efektifitas Media Monopoli Berbahasa (Monosa) dalam Pembelajaran Tematik Integratif di SD Kelas IV. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.3(2), 130-144
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta, hal 72-105
Ulfaeni, S., Wakhyudin, H., & januar saputra, H. (2017). pengembangan media monergi (monopoli energi) untuk menumbuhkan kemampuan pemahamn konsep ipa siswa sd. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 136–144.
Yandari, I. A. V., & Kuswaty, M. (2017). Penggunaan Media Monopoli Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), hal 10
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.8984
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Tresia Situmorang, Dr. M. Jaya Adi Putra, M.Pd, Dra. Hj. Gustimal Witri, M.Pd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id