PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TATA SURYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Tresia Situmorang, M. Jaya Adi Putra, Gustimal Witri

Abstract


IPA adalah ilmu pengetahuan yang mendalami mengenai alam semesta beserta isinya, peristiwa yang ada terjadi didalamnya, pembelajaran IPA ini bersifat kompleks dan luas.  Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang berbantuan media permainan yang sesuai, menarik dan efektif, sehingga tercapainya tujuan dan motivasi dalam belajar. Model pembelajaran STAD dapat menekankan interaksi antara peserta didik untuk saling memotivasi dan saling membantu menguasai materi yang dipelajari peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap motivasi belajar siswa di kelas. Penelitian dilakukan secara ofline, adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60  siswa. Kelas kontrol adalah  kelas dengan metode ceramah, sedangkan kelas eksperimen adalah kelas yang diberi perlakuan model kooperatif tipe STAD  berbantuanmedia monopoli tata surya. Data diperoleh melalui pretest dan posttest. Metode yang digunakan metode eksperimen dengan desain penelitian quasi experimen design dengan rancangan  Nonequivalent Control Group Design. Data dianalisis dengan teknik analisis uji hipotesis dan uji t. Hasil menunjukan bahwa uji hipotesis diperoleh hasil signifikan (2-tailed) sebesar 0,000. Maka diliat dari nilai signifikan < 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan  terdapat pengaruhmodel pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media monopoli tata surya terhadap motivasi belajar siswa di kelas VI SDN 35 Pekanbaru.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TATA SURYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR


Keywords


Model Kooperatif tipe STAD, Media Monopoli, Tata Surya.

References


Antari, Ni Luh Gita Sri., Kt. Pudjawan., I Md. Citra Wibawa. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education. 3(2), hal 116-123

Astalini, & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains (JPS). Volume 7, No. 1, hal 80-86

Astrawan. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar. 3, hal 5

Budiastuti.D.and.Bandut.A.(2018). Validitas dan Realiabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media. Volume 1, hal 217-233

Chusniyah, I., Dewi, N. R., & Pamelasari, S. D. (2016). Keefektifan Permainan Monopoli Berbasis Science Edutainment Tema Tata Surya Terhadap Minat Belajar Dan Karakter Ilmiah Siswa Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 5(2), hal 3

Ghufron, Nur dan Rini Risnawita. (2017). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: ArRuzz Media. Hal 177-193

Handayani, I., Lubis, Z., & Aritinang, E. Y. (2018). Pengaruh Penyuluhan dengan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Tentang Buah dan Sayur pada Siswa MTS-S Almanar Kecamatan Hamparan Perak. JUMANTIK, 3(1), hal 118-119

Imas kurniasih, Berlin Sani, (2015), Ragam Pengembangan Model Pembelajaran, Kata Pena, hal. 22-23

L. M. Sriyati 1, dkk.(2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Semarapura, e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4 (4), hal 2-3

Masni, H. (2017). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34–45.

Nuryadi et al. (2017) Dasar-Dasar Statistika Penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA. Available at. Hal 79-101

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013), h.161

Prawira Purwa Atmaja, Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru, (Jogjakarta: AR- RUZZ Media, 2014), h. 319

Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), hal 1

Rohman, Arif Miftah. (2015).Pengembangan Media Monopoli Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dan Ketrampilan. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, Vol. 3(1) : 47 – 56.

Ruswandi, Psikologi Pembelajaran (Bandung: Cipta Pesona Sejahtera, 2013), h. 139

Suciati, S., Septiana, I., & Untari, M. (2016) Efektifitas Media Monopoli Berbahasa (Monosa) dalam Pembelajaran Tematik Integratif di SD Kelas IV. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.3(2), 130-144

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta, hal 72-105

Ulfaeni, S., Wakhyudin, H., & januar saputra, H. (2017). pengembangan media monergi (monopoli energi) untuk menumbuhkan kemampuan pemahamn konsep ipa siswa sd. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 136–144.

Yandari, I. A. V., & Kuswaty, M. (2017). Penggunaan Media Monopoli Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), hal 10




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.8984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tresia Situmorang, Dr. M. Jaya Adi Putra, M.Pd, Dra. Hj. Gustimal Witri, M.Pd

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id