IMPLEMENTASI METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN DI SLB SRI MUJINAB PEKANBARU

Yasni Yasni

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran di SLB Sri Mujinab Pekanbaru. Hal ini diketahui dari 1) Kurangnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran 2) Perangkat pembelajaran hanya dijadikan sebagai pelengkap dan bukan untuk kebutuhan mengajar, 3) Sebagian guru lagi jika ditanya perangkat pembelajarannya menjawab tidak punya atau belum membuatnya, 4) guru jarang sekali menggunakan media pembelajaran, padahal pada siswa kelas rendah, siswa sangat membutuhkan media sebagai alat bantu pembelajaran Bertolak dari pembatasan masalah, maka penulis dapat merumuskan masalahnya yaitu apakah Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran dapat ditingkatkan  melalui Metode Pemberian Tugas di SLB Sri Mujinab Pekanbaru. Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Sekolah model Kurt Lewin. Konsep pokok PTS menurut Kurt Lewin terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Dari uraian pengolahan data dan pembahasan didapatkan kesimpulan bahwa kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran didapatkan pada siklus I sebesar 65% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 88% dengan kategori sangat baik.

 


Keywords


Metode Pemberian Tugas, Media Pembelajaran

References


Anas, Sudijono. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arief, M.(2006). Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan. Malang: Banyu Media Publishing

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Darma, Surya. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional

Dimyati, & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djahiri (2006). Esensi pendidikan nilai moral dan PKn diera globalisasi. Bandung : LPPP-IPS IKIP Djam’an, Satori. et al. (2007). Profesi keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka

Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamzah B. Uno. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Bandung: Bumi Aksaara

Iskandar., Dedi., & Wibowo, Udik Budi. (2016). Peran Pengawas Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Smp Di Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 9(2). 180-195

Jogloabang. (2019). UU 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://www.jogloabang.com/pustaka/uu-20-2003-sistem-pendidikan-nasional.Retrieved. 14-06-2022

Kunandar.(2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Muhaimin. (2004). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Oemar Hamalik. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi aksara

Pramartha., I Nyoman Bayu. (2015). Sejarah Dan Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Denpasar Bali. Jurnal Historia. 3(2). 67-74

Putra., Ridho Sandra., & Tressyalina. (2020). Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Audio Visual Di Taman Kanak – Kanak Darul Falah. Jurnal Literasi. 4(2). 168-174

Sahertian, Piet A. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi akademik. Jakarta: Bineka Cipta.

Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sudjana, Nana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Zakia., Dieni Laylatul. (2015). Guru Pembimbing Khusus (Gpk): Pilar Pendidikan Inklusi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 110-116




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yasni Yasni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id