IMPLEMENTASI METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN DI SLB SRI MUJINAB PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran di SLB Sri Mujinab Pekanbaru. Hal ini diketahui dari 1) Kurangnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran 2) Perangkat pembelajaran hanya dijadikan sebagai pelengkap dan bukan untuk kebutuhan mengajar, 3) Sebagian guru lagi jika ditanya perangkat pembelajarannya menjawab tidak punya atau belum membuatnya, 4) guru jarang sekali menggunakan media pembelajaran, padahal pada siswa kelas rendah, siswa sangat membutuhkan media sebagai alat bantu pembelajaran Bertolak dari pembatasan masalah, maka penulis dapat merumuskan masalahnya yaitu apakah Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran dapat ditingkatkan melalui Metode Pemberian Tugas di SLB Sri Mujinab Pekanbaru. Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Sekolah model Kurt Lewin. Konsep pokok PTS menurut Kurt Lewin terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Dari uraian pengolahan data dan pembahasan didapatkan kesimpulan bahwa kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran didapatkan pada siklus I sebesar 65% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 88% dengan kategori sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anas, Sudijono. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arief, M.(2006). Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan. Malang: Banyu Media Publishing
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Darma, Surya. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional
Dimyati, & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djahiri (2006). Esensi pendidikan nilai moral dan PKn diera globalisasi. Bandung : LPPP-IPS IKIP Djam’an, Satori. et al. (2007). Profesi keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka
Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamzah B. Uno. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Bandung: Bumi Aksaara
Iskandar., Dedi., & Wibowo, Udik Budi. (2016). Peran Pengawas Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Smp Di Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 9(2). 180-195
Jogloabang. (2019). UU 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://www.jogloabang.com/pustaka/uu-20-2003-sistem-pendidikan-nasional.Retrieved. 14-06-2022
Kunandar.(2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Muhaimin. (2004). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Oemar Hamalik. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi aksara
Pramartha., I Nyoman Bayu. (2015). Sejarah Dan Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Denpasar Bali. Jurnal Historia. 3(2). 67-74
Putra., Ridho Sandra., & Tressyalina. (2020). Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Audio Visual Di Taman Kanak – Kanak Darul Falah. Jurnal Literasi. 4(2). 168-174
Sahertian, Piet A. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi akademik. Jakarta: Bineka Cipta.
Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sudjana, Nana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Zakia., Dieni Laylatul. (2015). Guru Pembimbing Khusus (Gpk): Pilar Pendidikan Inklusi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 110-116
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8982
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yasni Yasni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id