PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DI SD/MI

Yani Pratiwi, Aninditya Sri Nugraheni

Abstract


Media pembelajaran berbasis multimedia penting untuk dikembangkan guna membantu  keberlangsungan proses pembelalajaran. Namun guru mengalami kendala pada saat ingin mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia, dan guru kerap menggunakan media pembelajaran yang sudah ada saja. Maka dari itu penelitian ini akan membahas apa saja problematika guru dalam mengembangkan  media pembelajaran berbasis multimedia dan apa saja upaya yang sebaiknya di terapkan di MIN 2 OKU Selatan agar bisa mempermudah guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang berbasis field research atau penelitian lapangan, penelitian dilakukan di MIN 2 OKU Selatan dan objek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Diperoleh hasil bahwa problematika guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia di MIN 2 OKU Selatan adalah 1. Tak mempunyai banyak waktu, 2. Kesulitan menggunakan alat editor digital, 3. Faktor Umur, 4. Biaya yang cukup mahal, 5. Minimnya  pengetahuan, dan 6. Terkendala jaringan serta upaya yang sebaiknya dilakukan untuk meminimalisir problematika yang ada yaitu dengan : 1. Mengadakan  pelatihan, 2. Saling bekerja sama antar guru, 3. Mendiskusikan dana untuk media pembelajaran, 4. Memberikan Apresiasi.


Keywords


Problematika, Media Pembelajaran, Multimedia.

References


Ali Mudlofir, (2017) “Desain Pembelajaran Inovatif”, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilu Kependidikan, 8(2), 145–167. Retrieved from http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/

Anam, K., & Choifin, M. (2017). Implementasi Model Four-D (4D) Untuk Pembelajaran Aplikasi Multiplatform Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(2), 111. https://doi.org/10.51804/tesj.v1i2.132.111-116

Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di Pgsd Upp Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 31(2), 125160.

Arista, Z., & Rakhma, I. S. (2020). Pengembangan Media Komik Edukasi Berbasis Multimedia pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SD. Proseding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 631–633.

Hayes, C., Hardian, H., & Sumekar, T. (2017). Pengaruh Brain Training Terhadap Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), 402–416.

Herawati Daulae, T. (2019). Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Forum Paedagogik, 11(1), 52–63. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v11i1.1778

Indriani, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Komik Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar PKn Murid SD Negeri 18 Leppangeng Kabupaten Pangkep Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Antasari press.

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya Penggunaan Media Siswa. Researchgate.Net/Publication/315105651, (March), 1–16. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/PutuEkayani/publication/315105655_

Mahnun, N. (2020). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Creative Education, 11(03), 262–274. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020

Nazhiroh, S. A., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif E-Komik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 405–411. Retrieved from https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.193

Nilla Heryanti, A. (2021). Pengembangan Multimedia Komik untuk Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 47(4), 124–134. https://doi.org/10.31857/s013116462104007x

Ningsih, E. rahayu. (1967). Pengembangan Komik Multimedia Berbasis Kearifan Lokal SD/MI. UIN Raden Intan Lampung, 1(69), 5–24.

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1–95.

Santi Ratna Dewi, (2018) Haryanto Haryanto, Pengembangan Multimedia Interaktif Penjumlahan Pada Bilangan Bulat Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Volume 9 (1) 9

Sudjana (2010, 61). (2019). Program studi pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah malang 2019. Seminar Nasional Pendidikan, 8(8), 592–596.

Suryaman, M. (2010). Disajikan pada Workshop Pengembangan Kompetensi Guru. Workshop Pengembangan Kompetensi Guru SMK Di DIY 28 Juli 2010.

Tresnawati, D., Satria, E., & Adinugraha, Y. (2016). Pengembangan Aplikasi Komik Hadits Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma, 13(1), 99–105. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.13-1.99.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 yani pratiwi, Aninditya Sri Nugraheni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id