MODEL DISEL: DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER KEDISIPLINAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR
Abstract
Pendidikan karakter merupakan sebuah dorongan yang ditunjukkan kepada peserta didik agar menjadi manusia sepenuhnya berkarakter dalam hati nurani, akal,raga,rasa dan karsa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas V menggunakan model pembelajaran Discovery learning (disel). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan metode Kemmis dan McTaggart yang dilakukan melalui II siklus yakni Siklus I dan Siklus II. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 29 peserta didik yakni 18 laki-laki dan 11 perempuan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian menyatakan bahwa pra siklus memperoleh nilai rata-rata sebesar 54, pada siklus I meningkat sebesar 67, dan siklus II meningkat sebesar 84. Dari hasil tersebut secara signifikan ada kenaikan yang cukup berarti dari siklus I menuju siklus II sebesar 17, hal ini berarti dapat diklasifikasikan dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan sikap kedisiplinan belajar siswa sekolah dasar. Rekomendasi bagi pihak sekolah agar pendidik harus lebih meningkatkan kreativitas dalam memberikan pengajaran kepada peserta didik, tidak terpaku pada cara mengajar yang konvesional tetapi harus menggunakan model pembelajaran yang bervariatif dan lebih berinovatif seperti model Discovery learning ataupun model lainnnya, sehingga peserta didik dapat lebih mandiri,kreatif, dan disiplin.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akmaluddin, & Haqiqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (sd ) negeri cot keu eung kabupaten aceh besar (studi K kasus). Jurnal of Education Science (JES), 5(2), 1–12. Retrieved from file:///C:/Users/7/Downloads/467-554-1-SM.pdf
Anisa, R., & Jerusalem, M. A. (2019). Program Petugas Kedisiplinan Kelas Inovasi Penanaman Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 77. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i2.319
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.
Hanafiah, N. & S. . (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Handayani, Selvi , Eka & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Journal Basicedu, 5(1), 151–164.
Hanifah, U. &, & Wasitohadi. (2017). Perbedaan Efektivitas Antara Penerapan Model Pembelajaran Discovery Dan Inquiry Ditinjau Dari Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(2), 92–104.
Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 69. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6449
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. (S. Rinaldy, Ed.). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Kurniawan otang & Noviana Eddy. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2303–1514), 389–396.
Mujiati. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Discovery Learning Pada Materi Konsep Keliling Dan Luas Bangun Datar Siswa Kelas V A SD Negeri 009 Pulau Kijang Kecamatan Reteh. Journal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(September), 179–189.
Nasution, S. W. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1, 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor – Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka Info Artikel. Journal Prakarsa Paedagogia, 3(1).
Ningsih, S. ., Miaz.Y, & Zikri.A. (2019). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1065–1072.
Nurasiah, Marini, Nafiah, R. (2020). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/971
Nurasiah, Rachmawati, S. & Y. (2022). Literatur Riview: Model Pembelajaran Brain Based Larning di Sekolah Dasar. Jouranl Basicedu, 6(3), 3991–4003.
Oktaviani, W. Kristin, F & Anugraheni, I. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SD. Journal Basicedu, 2(2), 5–10.
Permatasari, N. A., Setiawan, D., & Kironoratri, L. (2021). Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3758–3768.
Prasetyo, D.K & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model discovery Learning Di Sekolah Dasar. Journal Basicedu, 5(4), 1717–1724.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Journal Basicedu, 6(3), 3613–3625.
Rahayu, lin Puji & Hardini, A. . (2019). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Diklabio J. Pendidik Dan Pembelajaran Biol, 3, 193–200.
Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Pendidikan Universitas Garut, 1(08), 28–37.
Resnani. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Vc Sdit Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 9–14. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.9-14
Rini & Wasitohadi. (2020). The Effect Of Problem Based Learning Model And Discovery Learning Toward Problem Solving Skills In Matematic Of Grade 5 Elementary. Journal Primary Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(April), 250–257.
Salam, M., & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Di SDN 55/I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 127–144. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6777
Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Jurnal basicedu, 6(1), 902–915.
Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 63. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p63-66
Wardani, I. G. A. . (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wati Mistia. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Comprehensive Project Pada Siswa Kelas IV Sekolah Cerdas Pekanbaru. Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9, 21–28.
Wedekaningsih, koeswanti & G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Journal Basicedu, 3(1), 21–26.
Yuliananingsih, Y., & Darmo, T. (2019). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Kedisiplinan Peserta Didik. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(1), 57. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1073
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8967
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Elsya Sulvia Heryadi, Iis Iis Nurasiah, Arsyi Rizqia Amalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id