MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19 DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER

Herti Prastitasari, Noor Mairin Isnani, Jumadi Jumadi, Dessy Dwitalia Sari, Intan Susetyo Kusumo Wardhani

Abstract


Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran minat belajar matematika siswa SD di masa covid 19 berdasarkan perspektif gender melalui penggunaan indikator minat belajar yakni perasaan senang/suka terhadap matematika, ketertarikan siswa terhadap pembelajaran matematika, perhatian siswa terhadap pembelajaran matematika, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaan matematika, dan kepuasan terhadap pembelajaran matematika. Motode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti, guru, dan siswa yang terdiri atas 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan berasal dari satu sekolah dasar negeri di Kabupaten Kabupaten Tapin. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa yakni siswa laki-laki memperoleh skor prosentase 97,50 % dan siswa perempuan memperolah skor 96,67%. Data tersebut menunjukkan bahwa siswa laki-laki memiliki minat belajar yang lebih tinggi daripada perempuan, tetapi perbedaannya tidak signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran matematika, perbedaan jender bukan merupakan variabel yang menentukan perbedaan minat belajar siswa. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran matematika di SD, yang penting guru perlu menyajikan pembelajaran secara menarik agar minat belajar para siswa tetap baik.

 

 


Keywords


Minat Belajar, Matematika, Gender

References


Achru, A. P. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205–215. https://doi.org/10.24252/IDAARAH.V3I2.10012

Amin, M. S. (2018). Perbedaan Struktur Otak dan Perilaku Belajar Antara Pria dan Wanita; Eksplanasi dalam Sudut Pandang Neuro Sains dan Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1), 38–43. https://doi.org/10.23887/JFI.V1I1.13973

Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia, 2(1), 125–133. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V2I1.39

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil

Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80.

https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Arifani, Y., & Jumadi, J. (2021). Enhancing Eap Learners’ Academic Vocabulary Learning: An Investigation Of Whatsapp-Based Reporting And Receiving Activities. Teaching English with Technology, 21(4), 51–75. Retrieved May 29, 2022, from https://eric.ed.gov/?id=EJ1324015.

Asih & Imami, I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.799-808

Auliya, D., & Marlina, R. (2021). Minat Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin :Adakah Pengaruhnya? JIPMat, 6(2), 179–193. https://doi.org/10.26877/JIPMAT.V6I2.9035

Besare, S.D. (2020). Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 18–25. https://doi.org/10.17977/UM031V7I12020P018

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. 4(1), 2614–0136. https://doi.org/10.26555/jpsd

Hafidz, A.A. (2019). Pengaruh Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 69–72. https://doi.org/10.36456/BUANAMATEMATIKA.V9I2:.2118

Hemayanti, K. L., Muderawan, I. W., & Selamat, I. N. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas XI Mia Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 20–25. https://doi.org/10.23887/JPK.V4I1.24060

Husain, A., Irmawati, I.,& Paus, M. (2020). Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Tugas-Tugas Perkembangan Pada Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–21. https://doi.org/10.35568/EARLYCHILDHOOD.V4I1.816

Islamiah, I.D. (2019). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 451–457. https://doi.org/10.31004/JOE.V1I2.91

Lahmi, A., Rasyid, A., & Jummadillah, J. (2020). Analisis Upaya, Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Alquran dan Hadis di Madrasah Tsanawiyah Kota Padang, Sumatra Barat, Indonesia. DAYAH: Journal of Islamic Education, 3(2), 213–229. https://doi.org/10.22373/JIE.V3I2.7086

Mansur, H., Jumadi, J., Mastur, M., Utama, A.H, Prastitasari, H. (2021). The Problem of Distance Learning During the Covid-19 Pandemic The Problem of Distance Learning During the Covid-19 Pandemic. Ilkogretim Online-Elementary Education Online, Year, 20(4), 168–175. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.04.19

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? The Internet and Higher Education, 14(2), 129–135. https://doi.org/10.1016/J.IHEDUC.2010.10.001

Mufidah, N., Yansyah, & Jumadi. (2022). Survival Foreign Language Acquisition Strategies During the Emergency Remote Learning: An Exploratory Study in Molding Indonesian Students’ Creativity. Frontiers in Education, 7. https://doi.org/10.3389/FEDUC.2022.901282

Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/JIPP.V7I1.327

Muspiroh, N. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Gender Pada Mata Pelajaran Biologi. 2(1). http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/equalita/article/view/6441

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128–135. https://doi.org/10.17509/JPM.V1I1.3264

Oktavia, D. N., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2020). Analisis Minat Belajar Matematika Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kelas Rendah. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 153–158. https://doi.org/10.31100/DIKDAS.V3I2.714

Prastitasari, H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Pendikatan Kontekstual pada Materi Bangun Datar untuk Siswa Kelas IV [Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/63299/

Prastitasari, H. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual. -, 5(1), 83–88. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/802

Prastitasari, H. (2020). Hambatan Autentik Asesmen Dalam Proses Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Kolaborasi PGSD, Magister Manajemen Pendidikan, PG PAUD, Dan Magister PG PAUD Universitas Lambung Mangkura, 289–296. https://repo-dosen.ulm.ac.id/handle/123456789/20047

Prastitasari, H. (2021). Pembelajaran Pendidikan Karakter di SD Melalui Pembelajaran PJJ Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kewarganagaraan, 11(1).

Prastitasari, H., Prastitasari, H., Jumadi, J., Marhamah, E., Purwanti, R., & Sari, R. (2022). Penggunaan Model Pairing Untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Geometri. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 276–288. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8763

Prastitasari, H., Qohar, A., & Sa’dijah, C. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bangun Datar untuk Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1599–1605. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I12.12554

Reski, N. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX Smpn 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490. https://doi.org/10.47492/JIP.V1I11.496

Ricardo, R.,& Meliani, R.I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 188–201. https://doi.org/10.17509/JPM.V2I2.8108

Sarbaini, P. J. O. M. S., Jumadi, Abbas, E. W., & Rajiani, I. (2019). Managing E-Learning In Public Universities By Investigating The Role Of Culture. 20(1). https://doi.org/10.17512/pjms.2019.20.1.34

Sari, W. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V Sdn Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2255–2262. https://doi.org/10.47492/JIP.V1I11.472

Setiawati, S.M. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar ? Helper : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 35(1), 31–46. https://doi.org/10.36456/HELPER.VOL35.NO1.A1458

Simbolon, N. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2). https://doi.org/10.24114/ESJPGSD.V1I2.1323

Sriponi, K., Suardana, I. N., & Juniartina, P. P. (2021). Minat Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri Se-Kecamatan Sawan Terhadap Mata Pelajaran Ipa Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 36–47. https://doi.org/10.23887/JPPSI.V4I1.33190

Suprayetno, E. (2022). Menyibak Sastra Feminisme Kekinian: Ditinjau Perspektif Teori Belajar Humanistik. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 66–74. https://doi.org/10.30829/EUNOIA.V1I1.100.

Tian, S., Hu, N., Lou, J., Chen, K., Kang, X., Xiang, Z., Chen, H., Wang, D., Liu, N., Liu, D., Chen, G., Zhang, Y., Li, D., Li, J., Lian, H., Niu, S., Zhang, L., & Zhang, J. (2020). Characteristics of COVID-19 infection in Beijing. The Journal of Infection, 80(4), 401–406. https://doi.org/10.1016/J.JINF.2020.02.018

Yakin, M. A. (2021). Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Siswa Kelas X. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(2), 108–114. https://doi.org/10.21067/JPPI.V15I2.5676

Yarso, P., Istiandini, W., & Muniir. (2019). Perbedaan Minat Belajar Siswa Laki-Laki Dengan Perempuan Pada Pembelajaran Seni Musik Di Sman 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(3). https://doi.org/10.26418/JPPK.V8I3.32041




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Herti Prastitasari, Noor Mairin Isnani, Jumadi Jumadi, Dessy Dwitalia Sari, Intan Susetyo Wardhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id