ANALISIS PENGGUNAAN METODE TIKRAR PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS MENGHAFAL HADIS DI KELAS 5 SDIT SYAHIRAL ILMI BUKITTINGGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan metode tikrar sebagai metode untuk menghafal hadis pada pembelajaran tatap muka terbatas dan pengaruhnya terhadap hafalan hadis peserta didik. Metode tikrar dapat difahami sebagai metode menghafal yang menekankan pada pengulangan bacaan sehingga tertinggal dalam memori jangka panjang peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan peneliti sebagai instrumen utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode tikrar dilakukan masing-masing peserta didik di kelas dengan suara yang dikeraskan di bawah bimbingan guru. Pada akhir pertemuan, peserta didik diminta untuk melafalkan kembali hadis yang telah mereka tikrar-kan tanpa melihat teks. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, metode tikrar dapat membuat peserta didik lebih mudah menghafal hadis. Keefektifan metode tikrar dalam kegiatan pembelajaran yang bersifat hafalan seperti hafalan AlQur’an dan hafalan hadis sebagaimana hasil penelitian ini, menghasilkan kesimpulan sekaligus rekomendasi agar sekolah-sekolah Islam menggunakan metode tikrar dalam pembelajaran Alquran dan hadis.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdurrohman, A., Agustino, P. J., & Nurcholis, A. dkk. 2021. Pengabdian Dosen di Era Pandemi. Tulunggagung: Satu Press.
Al-Qaththan, S. M. 2015. Pengantar Studi Ilmu Hadis. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Budianti, R., Mardianto, M., & Zulheddi, Z. 2020. Implementation of Tikrar Methods in Memorizing Al-Qur’an in Tahfidzul Qur’an Foundation Al-Fawwaz Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 974–980.
Creswell, J. W. 2013. Qualitative Inquiry and Research Design : Choosing Among Five Approaches. California: Sage Publication.
Dewi, W. A. F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.
Fairuzillah, M. N., & Listiana, A. 2021. The Positive Impact of Memorizing the Qur ’ an on Cognitive Intelligence of Children. Proceedings of the 5th International Conference on Early Childhood Education, 538(ICECE 2020), 334–338.
Falah, A. Y., Ningrum, T. K., Putri, T. N., Lestari, J., & Latifah dkk 2022. Kupas (Telisik) Covid-19. Semarang: Alinea Media Dipantara.
Habibullah, I., & Arafah, R. 2019. Tarîqah Al-Tikrar Fî Hifzhi Al-Qur’an (Dirâsah al-Hâlât Bi Ma’had Al-Muqaddasah, Ponorogo). Studia Quranika, 4(2), 265–286.
Hasibuan, A. P. 2020. Peran Guru dalam Penerapan Metode Menghafal Hadits di SDIT Cendekia Kecamatan Siantar Barat Pematang Siantar. Tesis. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Husin, & Dewi, Y. K. 2019. Efektivitas Metode Tikrar pada Program Tahfizhul Quran Kelas 3 di MI Normal Islam Rasyidiyah Khalidiyah (RAKHA) Amuntai. Darul Ulum, 10(1), 41–51.
INewsSumbar.id. 2021, Juli 21. 3 Kota di Sumbar Terapkan PPKM Level 4, Begini Aturan Kegiatannya. https://sumbar.inews.id/berita/3-kota-di-sumbar-terapkan-ppkm-level-4-begini-aturan-kegiatannya
Iswatuna. 2021. Efektivitas Penerapan Metode Tikrar Terhadap Peningkatan Hafalan dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Tsanawiyah At-Tarbiyah Islamiyah Kolaka. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 4(1), 33–51.
Khamim, & Hadziq, H. 2018. Tradisi Menghafal Hadis di Pesantren Al-Fatah, Temboro Karas Magetan (Analisis Fenomenologi). Universum, 12(2), 111–125.
Kompas.com. 2021, Juli 1. PPKM Darurat Jawa-Bali: Kegiatan Belajar Mengajar Wajib Daring. https://nasional.kompas.com/read/2021/08/10/12495031/ppkm-level-4-jawa-bali-sekolah-wajib-terapkan-pembelajaran-jarak-jauh
Koran Padang. 2021, Desember 21. Hari Jadi Kota Bukittinggi Ke-237 Tahun Lewat Bukittinggi Hebat Kesejahteraan Masyarakat Ditingkatkan. https://hariankoranpadang.com/2021/12/hari-jadi-kota-bukittinggi-ke-237-tahun-lewat-bukittinggi-hebat-kesejahteraan-masyarakat-ditingkatkan/
Kumparan.com. 2021, Agustus 10. PPKM Level 3, Pemkot Bukittinggi Perbolehkan Sekolah Tatap Muka. https://kumparan.com/langkanid/ppkm-level-3-pemkot-bukittinggi-perbolehkan-sekolah-tatap-muka-1wJ1hKM4HvU
Mashuri, I., Muftiyah, A., & Nafisah, S. F. 2022. Implementasi Metode Tikrar dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa pada Program Tahfidzul Qur’an Siswa Kelas IX MTs Darul Amien Jajag Gambiran Banyuwangi. Tarbiyatuna, 6(1), 99–122.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. California: Sage Publications.
Moleong, L. J. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Murtadha, M. 2017. 50 Hadis Pilihan. Solo: PQS Publishing.
Ridha, Z., Usmaidar, & Syafrani. 2020. Upaya Meningkatkan Hafalan Alquran Melalui Metode Tikrar pada Siswa Kelas VIII MTs Swasta Al-Ikhwan Serapuh. Jurnal Dirosah Islamiyah, 2(2), 239–245.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, P. 2021. Pandemi dan Anak Bangsa Menjadi Pintar. Ciamis: Tsaqiva Publishing.
The Worldbank, (2020), Simulating the Potential Impacts of the COVID-19 School Closures on Schooling and Learning Outcomes: A set of Global Estimates.https://www.worldbank.org. Publish tanggal 18 Juni 2020.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8931
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ismira Ismira, Istiqomah As Sayfullooh, Jendriadi Jendriadi, Silfi Melindawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id