PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SBdP MATERI KERAJINAN IKAT CELUP DI SEKOLAH DASAR

Fahrurrozi Fahrurrozi, Yofita Sari, Uswatun Hasanah, Adinda Desty Dian Utami

Abstract


Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang bepusat pada siswa. Dalam model ini, siswa diberikan sebuah proyek yang dikerjakan secara nyata. Model PjBL bisa diterapkan kepada mata pelajaran yang mempunyai materi mengenai kehidupan sehari-hari, salah satunya pelajaran Seni, Budaya, dan Prakarya (SBdP). Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana penerapan model PjBL dalam pembelajaran SBdP salah satunya pada materi Kerajinan Ikat Celup. Kerajinan Ikat Celup merupakan kerajinan yang menghasilkan motif di atas permukaan kain.  Apakah model PjBLini efektif diterapkan dalam pembelajaran materi tersebut atau tidak bisa dilihat dari hasil penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif, yaitu studi kepustakaan atau literature research. Data yang diambil bersumber dari penelitian-penelitian yang sudah ada di internet. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dalam pembelajaran SBdP memberikan banyak manfaat positif untuk siswa maupun guru. Dengan kata lain model PjBL ini dapat mengoptimalkan pembelajaran SBdP di sekolah dasar, salah satunya pada materi Kerajinan Ikat Celup.

 


Keywords


Model Project Based Learning (PjBL), Mata Pelajaran SBdP, Kerajinan Ikat Celup

References


Aini, N., Kusumawardani, H., & Hadijah, I. (2019). PELATIHAN KETERAMPILAN PRODUKTIF PEMBUATAN TIE DYE (IKAT CELUP) BAGI IBU-IBU PKK RW XI KELURAHAN MADYOPURO KECAMATAN KEDUNGKANDANG KOTAMADYA MALANG. Jurnal Karinov, 2(2), 127–133.

Altaftazani, D. H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MEMBUAT SENI KOLASE MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID 19. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 185–191.

Anggara, Y. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU SAKU PENGOLAHAN LIMBAH PLASTIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(2), 231–240.

Anjasari, A. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA MATERI TARI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL). Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Aprilia, D., & Hendrawan, A. (2020). PEMANFAATAN DAUN KETAPANG (FICUS LYRATA) SEBAGAI PEWARNA ALAM DENGAN TEKNIK IKAT CELUP PADA PRODUK FASHION. EProceedings of Art & Design, 7(2).

Desyandri, & Maulani, P. (2019). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Musik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. JURNAL

INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 3(3).

Diba, F., & Wahyuningsih, U. (2021). STUDI LITERATUR : PELATIHAN IKAT CELUP SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN PEWARNA ALAM. 10(1), 127–136.

Ebid, & Atmojo, W. T. (2020). PEWARNAAN KAIN IKAT CELUP MENGGUNAKAN BAHAN ALAMI DAUN JAMBU. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 09(02).

Elidiyana, R. (2017). PENGARUH PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Emridawati, Munaf, Y., & Salsabila, U. (2020). PELATIHAN KERAJINAN IKAT CELUP PADA SANGGAR “DURIAN SABATANG” NAGARI KAMANG MUDIK KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT. Rangkiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 53–59.

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, & Nafia’ah. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar.

JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN PROFESI GURU, 3(3), 408–415.

Fujiawati, F. S., Permana, R., & Mustika, G. (2020). PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MELALUI LESSON STUDY. JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 5(1), 41–55.

Handayani, A. S., Sudaryanto, & Dian, D. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS KARYA SENI PADA SISWA KELAS II SDN 2 SUNGAPAN. 1293–1303.

Hartono, D. P., & Aisyah, S. (2018). PjBL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA: SEBUAH KAJIAN DESKRIPTIF TENTANG PERAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1), 1–11.

Lagandesa, Y. R. (2020). INTEGRASI GERAKAN OLAHRAGA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP) DI SEKOLAH DASAR. TADULAKO JOURNAL SPORT SCIENCES AND PHYSICAL EDUCATION, 8(1).

Mahardika, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2017). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 15–25.

Melfianora. (2019). PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DENGAN STUDI LITERATUR. 1–3.

Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). 4, 1526–1539.

Sandi, N. V. (2018). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN DRAMA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(1), 14–30.

Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Sarip, A. M., Syarif, E. B., & Setiawan, A. F. (2022). PEMANFAATAN TEKNIK IKAT CELUP PADA KAIN UNTUK PRODUCT HOMEWEAR. E-Proceeding of Art & Design, 9(1), 13–17.

Sarly, S. M., & Pebriana, P. H. (2020). Penerapan Model Paikem Gembrot Untuk Meningkatkan Kreativitas Karya Kolase Siswa Pada Mata Pelajaran SBDP. JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING, 2(2).

Setiawan, D., & Wahyuningtyas, S. (2019). PENERAPAN MODEL PjBL ( PROJECT BASED LEARNING ) PADA MATA PELAJARAN SBdP MATERI KERAJINAN TANGAN DARI TULANG DAUN SISWA KELAS IV SDN JEPANG 05 KUDUS APPLICATION OF PjBL MODEL ( PROJECT BASED LEARNING ) TOWARD SBdP SUBJECT IN MATERIAL OF SKELETONIZING LEAF HANDICRAFT FOR THE FOURTH GRADE STUDENTS IN. 9(2), 124–134.

Siskowati, E., & Prastowo, A. (2022). Pembentukan Kreativitas Melalui Pembelajaran SBdP Kelas III Pada Materi Menggambar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogos : Jurnal Pendidikan STKIP

Bima, 4(1), 42–47.

Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). PEMAHAMAN MODEL PEMBELAJARAN SEBAGAI KESIAPAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BOGA. Media Pendidikan, Gizi Dan Kuliner, 7(1), 76–81.

Sudibjo, N., Sari, N. J., & Lukas, S. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK UNTUK MENUMBUHKAN PERILAKU KREATIF, MINAT BELAJAR, DAN KERJA SAMA. AKADEMIKA: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i01.736

Wayba, Alberth, & Ili, L. (2018). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SBDP MATERI MEMBUAT KARYA KOLASE SISWA KELAS IV SD NEGERI KECAMATAN WOLASI. Jurnal Pembelajaran Seni & Budaya, 3(2).

Wirawan, A. (2021). Penerapan Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Kualitas dan Hasil Belajar SBdP di Kelas VI SD.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Adinda Desty Dian Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id