PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS 4 SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah berupa studi literatur yang di peroleh dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menelusuri jurnal melalui Google Scholar dan Sinta. Dari model pembelajaran inkuiri dipilih 10 hasil penelitian untuk dianalisis. Rata-rata nilai sebelum dilakukan model pembelajaran inkuiri adalah 64,96 dan setelah dilakukan model pembelajaran inkuiri hasil pembelajaran meningkatkan menjadi 85,85. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SD.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bera, L. (2019). Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Aktivitas Ekonomi di Sekolah Dasar Negeri Blatat Kecamatan Kangae. Jurnal Serambi Akademica, 7(4), 423-430.
Ciu, D. A. S., & Hasim, R. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PENINGGALAN SEJARAH DI KELAS IV SD NEGERI 48 KOTA TERNATE. PEDAGOGIK, 9(2).
Fajrin, D. N. P. (2018). Penerapan Pembelajaran Inkuiri dengan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Karangtengah Baru Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(2), 653-663.
Hasibuan, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Eningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd Negeri 003 Sukajadi. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(3), 543–549. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i3.7073
Jumira, J., Indrawati, H., & Haryana, G. Penggunaan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 034 Teluk Mega Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir (Doctoral dissertation, Riau University).
Nuryana, A., Pawito, P., & Utari, P. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Ensains Journal, 2(1), 19. https://doi.org/10.31848/ensains.v2i1.148
Pada, A. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 84 Kota Pare-pare. Publikasi Pendidikan, 10(1), 73. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.12851
Rita, Y. PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 14 SINGKARAK MELALUI STRATEGI INKUIRI BERBASIS CTL.
Safiuddin, S. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SD NEGERI 1 BUTON KABUPATEN BUTON. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 2(2), 42-50.
Syupriyanti, L., & Taufina, T. (2020). Model Pbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(1), 55. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i1.18556.
Widyastuti, F. P. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Inquiry Learning. Jurnal Kiprah, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i1.581.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8912
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 roy ranto simanjuntak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id