ANALISIS PENGGUNAAN RAGAM JENIS PENSIL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR DENGAN TEKNIK ARSIR BAGI MAHASISWA PGSD UNJ
Abstract
Artikel ini menganalisis tentang penggunaan ragam jenis pensil untuk mengembangkan kemampuan menggambar dengan teknik arsir bagi mahasiswa PGSD UNJ. Penelitian ini melibatkan tiga gambar dari tiga mahasiswa PGSD UNJ yang telah mengampu mata kuliah Pendidikan Seni Rupa SD. Penelitian ini bertujuan agar mahasiswa PGSD UNJ dapat memperhatikan unsur-unsur gambar seperti titik, garis, bidang, ruang, terang-gelap, gradasi warna, dan tekstur. Selain itu, mahasiswa dapat menggunakan ragam jenis pensil seperti pensil berkode B yang terdiri dari 2B, 4B, dan 6B dalam menggambar dengan teknik arsir, sehingga menghasilkan gambar yang memiliki nilai estetika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi dokumentasi dan wawancara. Melalui penggunaan ragam jenis pensil berkode B ini, mahasiswa dapat memenuhi unsur-unsur gambar seperti adanya efek objek gambar terang-gelap, gradasi warna dengan saturasi tinggi hingga rendah, serta tekstur Penggunaan ragam jenis pensil dalam menggambar dengan teknik arsir dapat berkembang apabila mahasiswa dapat terus berlatih menggores beragam jenis pensil dengan tekun. Apabila unsur-unsur gambar belum terlihat pada objek gambar dengan teknik arsir, maka mahasiswa dapat berlatih menggambar kembali dengan tekun.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Edwita, Dr., M. Pd. (2020). Hasil Pemaparan Materi Perkuliahan pada Mata Kuliah Pendidikan Seni Rupa SD: 10 September 2020, Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Universitas Negeri Jakarta.
Martin, Casey O’berien. (2020). Skills for Big Feelings: A Guide for Teaching Kids Relaxation, Regulation, and Coping Techniques. California: Amazon.
Masruhah, Ummahatul. (2019). Efektivitas Kegiatan Menggambar (Modifikasi Art Therapy) untuk Mereduksi Stres Akademik Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Pati. Skripsi UNNES Semarang, 89.
Nursah, dkk. (2021). Kemampuan Menggamabr Objek Flora Menggunakan Teknik Arsir Pensil Gradasi warna oleh Siswa Kelas X Seni Rupa SMKN 1 Sukawati Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Bhatari Rupa 1(1), 1-16.
Ritter, Steve. (2001). Pencils and Pencil Lead. Science and Technology, What’s That Stuff? 79(42). California: Amazon.
Safitri, Ratna & Mashudi, Muhammad. (2017). Power Point Presentation: Gambar Bentuk. (Tanggerang: Universitas Pembangunan Jaya-Departement of Architecture) dalam https://ocw.upj.ac.id/files/Slide-ARC-103-Gambar-Bentuk-M03-arsir.pdf.
Sandra, Wenni. (2018). Pengembangan Kognitif Anak melalui Aktivitas Menggambar di TK Budi Karya Baringin Kecamatan Lima Kaum. Skripsi IAIN Batusangkar, 26-29.
Sudyat, Tamara Geraldine. (2018). Jenis Ketebalan Pensil dalam Gambar Realism. Weekend Workshop: Tips & Creative Ideas, Tutorials, dalam https://wewo.co.id/jenis-ketebalan-pensil-dalam-gambar-realism/.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8903
Refbacks
Copyright (c) 2022 Fahrurrozi Fahrurrozi, Yofita Sari, Fitri Atikaputri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id