PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI GENDER SISWA

Sintya Permata Ayu, Moh Uzer Usman, Mery Noviyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik dan alat peraga terhadap pemahaman matematis ditinjau dari gender siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental, desain penelitian menggunakan desain faktorial dan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan data yang diperoleh, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman matematis siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Problem Based Learning berbantuan Lembar Kerja Peseta Didik dan siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning berbantuan alat peraga. Tidak terdapat perbedaan antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan terhadap pemahaman matematis siswa. Pemahaman matematis siswa laki-laki yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik lebih rendah dari pada siswa laki-laki yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning berbantuan alat peraga. Pemahaman matematis siswa perempuan yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik lebih tinggi dari pada siswa perempuan yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning berbantuan alat peraga dan hasil pengujian pengaruh interaksi antara pembelajaran Problem Based Learning dan gender terhadap pemahaman matematis siswa menunjukkan terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran Problem Based Learning dan gender terhadap pemahaman matematis siswa.


Keywords


PBL, LKPD, Alat Peraga, Pemahaman Matematis, Gender

References


Abdu-Raheem, B. O. (2012). Gender Differences and Students Academic Achievement and Retention in Social Studies Among Junior Secondary School in Ekiti State. European Journal of Educational Studies, 4(1), 155-161.

Anastasha, D. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Pemahaman Matematika Siswa Kelas V berdasarkan Jenis Kelamin di SD Negeri Kota Padang. Serambi Akademica Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 8(1), 1-10.

Arends, R. I. (2007). Learning to Teach seventh edition. New York: McGraw– Hill.

Celikler, D. (2010). The Effect of Worksheets Developed for the Subject of Chemical Compounds on Student Achievement and Permanent Learning. The International Journal of Research in Teacher Education, 1(1), 42- 51.

Danoebroto, S. W. (2015). Teori Belajar Konstruktivis Piaget dan Vygoysky. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 2(3), 191- 198.

Dorisno. (2019). Hubungan Gender dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, IX(1), 1-108.

Elliot, S. N., Krtochwill, T. R, Cook, J. L., & Travers, J.F. (2000). Educational Psycology: Effective Teaching, Effective Learning, Third Edition. United States of Amerika: HcGraw-Hill Companies, Inc.

Gaol, L., & F.O. Sulastri. (2019). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantu LKPD dan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantu Alat Peraga pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangaribuan T.P. 2018/2019. Universitas HKBP Nommensen. Retrieved from http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789 /2745

Gurun, J., Kubang, A., & Agam, P. (2018). Profil Kemampuan Spasial Mahasiswa Camper Dalam Merekonstruksi Irisan Prisma Ditinjau Dari Perbedaan Gender. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 31–39.

Ismawati. (2016). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 29 Pagaralam Tentang Sifat-Sifat Bangun Ruang. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 230-234.

Liu, M. (2005). Motivating Students Through Problem-based Learning. University of Texas: Austin.

Monks, F.J., Knoers, A.M.P., & Haditono, S.R. (2002). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada Universitu Press.

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 9(2), 139–148.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Rangkuti, F. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma, 7(3), 1-10.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada Guru Membantu Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Saminan, N. F., & Mahyana. (2017). Penggunaan Lembar Kerja Peseta Didik (LKPD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Fleksibel Pada Materi Fisika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Di Sma Negeri 11 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 18(1), 77-86.

Santrock, J. W. (2007). Remaja Edisi ke Sebelas. Indonesia: PT. Gelora Aksara Pratama.

Shen, J., & Itti, L. (2012). Top-dwn influences on visual attention during listening are modulated by observer sex. Vision Research, 65, 62 – 76.

Suwardi., Firmiana, M. E., & Rohayati. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia

Dini. Jurnal Al- Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297-306.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sintya Permata Ayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id