KEMAMPUAN KEPRIBADIAN PEMIMPIN SEKOLAH MASA KINI DALAM MOTIVASI KINERJA GURU

Aceng Ali Nurdin, Sopyan Iskandar

Abstract


Kemampuan kepribadian kepala sekolah saat ini memegang peranan penting serta berkontribusi memotivasi guru dalam menjadikan sekolah yang sukses dan unggul. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan kepribadian pemimpin sekolah dalam motivasi kinerja guru di SDN 1 Bojong, Kabupaten Bandung Barat. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif. Jenis penelitian digunakan adalah multi-situs. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis bukti dokumen. Hasil penelitian yaitu (1) kepala sekolah berperilaku keteladanan yang baik. (2) kepala sekolah memiliki sikap jujur, ketulusan, komitmen dan integritas. (3) kepala sekolah terbuka dalam menjalankeun tupoksi. (4) kepala sekolah mampu mengendalikan diri dalam menangani masalah. (5) kepala sekolah mampu berpartisipasi dalam kegiatan sosial masyarakat. (6) kepala sekolah tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang lain. (7) kepala sekolah mampu mengelola hubungan dengan pihak luar. Faktor pendukung yaitu adanya kemandirian guru, integritas guru yang tinggi berpengaruh terhadap perkembangan sekolah. Faktor penghambat adanya guru yang belum mahir IT. Dalam diri kepala sekolah telah tertanam dan memiliki kepribadian yang baik, mampu menunjukkan, melaksanakan, dan mengamalkan sikap dalam kepemimpinan di sekolah, serta adanya peningkatan kinerja guru.

 

 


Keywords


kemampuan kepribadian, pemimpin sekolah masa kini, motivasi kinerja guru

References


Abdul Arsyad, R. (2016). Kompetensi Supervisi, Kepribadian, Dan Sosial Kepala Madrasah Di Provinsi Papua Barat. Al-Qalam, 18(1), 109. https://doi.org/10.31969/alq.v18i1.249

Abdulah, M., & Sukati. (2019). Analisis Peran Kepala Sekolah dalam Menerapkan Kedisiplinan Guru di MI Ma’arif Garongan Kulonprogo. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(2), 99. https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(2).99-105

Akhwani, & Romdloni, M. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Menuju Pembelajaran Abad 21. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.22362

Amdayanti, D., Rusdinal, R., & Gistituti, N. (2021). Gambaran Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2861–2865. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index%0AGambaran

Aryesam, A., Tijow, M. A., & Panda, F. M. (2020). Peran Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA Korpri Jayapura. Jurnal Pengelolaan Pendidikan, 1(2), 84–91. https://doi.org/https://doi.org/10.31957/noken.v1i2.1487

Dini Dwiyani, A. S. (2018). Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Sebagai Determinan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 3(4), 83–94. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9763

Endang Poerwanti & Beti Istanti S (2020) MANAJEMEN SEKOLAH DASAR UNGGUL. Malang: UMM Press. Retrieved December 30, 2021, from Google Books website: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=fpzzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=menciptakan+sekolah+yang+unggul&ots=UrTkSRBVq0&sig=_iyCk0md8w5LNSB2ZZgSvuCmNZI&redir_esc=y#v=onepage&q=menciptakan%20sekolah%20yang%20unggul&f=true

Fauzuddin, F. (2018). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah. Belantika Pendidikan, 1(November), 78–85. https://doi.org/https://doi.org/10.47213/bp.v1i2.24

Hasiara, L. (2018). Penelitian Multi Kasus Dan Multi Situs Cv Irdh. Retrieved from http://karyailmiah.polnes.ac.id/images/Download-PDF/buku%20laode%20Hasiara%20upload%202020/8.PENELITIAN%20MULTI%20KASUS%20DAN%20MULTI%20SITUS%20upload.pdf

Hidayat, R., Dyah M, V., & Ulya, H. (2019). Kompetensi Kepala Sekolah Abad 21: Sebuah Tinjauan Teoretis. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4(1), 61–68. https://doi.org/10.34125/kp.v4i1.394

Ina, O. L. S. & S. S. (2016). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Menigkatkan Kinerja guru dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika : Manajemen Pendidikan, 1(1), 7–14. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p7-14

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1018–1027. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2061

Istiqomah, N. (2020). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Di Sdit Taqiyya Rosyida Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2019/2020. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 1(1), 43–53. https://doi.org/10.22515/jenius.v1i1.3034

Nurhaedar, & Rahmi. (2020). Evaluasi Kinerja Dalam Mewujudkan Kompetensi Pedagogik Guru Honorer Untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran Peserta didik Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. Moveral Journal, 2(1), 47–60. https://doi.org/https://doi.org/10.53654/mv.v2i1.69

Sodiah, & Nurhikmah, E. (2017). Etika Kerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. 1(20). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.294

Sudharta, V. A., Bafadal, I., & Sultoni, S. (2018). Kepribadian Yang Baik Untuk Keefektifan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 440–447. https://doi.org/10.17977/um027v1i42018p440

Susanti, & Imad, M. (2019). Gaya Kepemimpinan dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(2), 113–131. https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i2.2825

Tarhid. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kependidikan, 5(2), 141–155. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1931

Tugiono, T. (2020). Implementasi Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 215–222. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4387

Ulfatin, N. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan.Malang: Banyumedia Publishing.

Yovitha Yuliejantiningsih. (2013). Hubungan Iklim Sekolah, Beban Tugas, Motivasi Berprestasi, Dan Kepuasan Kerja Guru Dengan Kinerja Guru Sd. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 1(3), 239–256. https://doi.org/10.26877/jmp.v1i3.381




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aceng Ali Nurdin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id