PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS 3 SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model PBL terhadap literasi sains siswa di kelas III SD. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Jumlah responden pada penelitian ini yaitu 1 guru dan 18 siswa. Hasil pre dan post-test dipakai untuk mengambil data kemampuan literasi sains siswa, yang selanjutnya dianalisis dengan SPSS 26.0 for Windows version. Kelas kontrol dan eksperimen ditemukan berdistribusi normal dan homogen setelah diuji menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji t dua sampel independen dipakai dalam pengujian hipotesis pada penelitian ini, dan hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Perihal tersebut memperlihatkan bahwa kelas eksperimen yang mengaplikasikan model PBL dan kelas kontrol yang tidak memakai model PBL memiliki nilai yang berbeda signifikan secara statistik. Berdasarkan analisis data, model PBL berpengaruh terhadap literasi sains siswa kelas III SD pada ranah kompetensi/proses sains. Oleh karena itu, penulis menyarankan agar guru memasukkan model PBL dalam pengajaran di kelas.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis (Y. N. I. Sari (ed.); 2nd ed.). Bumi Aksara.
Alatas, F., & Fauziah, L. (2020). Model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2), 102–113.
Basam, F., Rusilowati, A., & Ridlo, S. (2018). Profil Kompetensi Sains Siswa dalam Pembelajaran Literasi Sains Berpendekatan Inkuiri Saintifik. Pancasakti Science Education Journal, 3(April), 1–8.
Cahyani, F., & Marianti, A. (2021). The Effect of The PBL Model with The JAS Approach on Students ’ Scientific Literacy Skills in The Excretory System Materials. Journal of Biology Education, 10(1), 22–30. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe
Choerunnisa, R., & Wardani, S. (2017). Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching Learning Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Literasi Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 1945–1956.
Darma, D., Khaeruddin, K., & Ristiana, E. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Berbasis Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 4(1), 350–357.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SDN. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40–47.
Fitria, Y., Eliyasni, R., & Yukitama, R. (2018). Perubahan Belajar Sains Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Terintegrasi (Terpadu) Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 52–63.
Fitriani, D., Milama, B., & Irawandi, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Edusains, 9(2), 117–126.
Gherardini, M. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 253–264.
Hafizah, E., & Nurhaliza, S. (2021). Implementasi Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 1. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.9497
Hardianti, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Pengetahuan Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Sungai Apit. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 160–172. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v8i1.6653
Hasan, M., & Hermita, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkat Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Tema 1 SDN 158 Pekanbaru. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(April), 74–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v8i1.6654
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103
Kusumastuti, R. P., Rusilowati, A., & Nugroho, S. E. (2019). Pengaruh Keterampilan Berpikir Krtis Terhadap Literasi Sains Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 254–261. https://doi.org/10.15294/upej.v8i3.35624
Martin, M. O., Mullis, I. V. S., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results in Science - Eighth Grade Science.
Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 24. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2876
Nurfaidah, S. S. (2017). Analisis Aspek Literasi Sains Pada Buku Teks Pelajaran IPA. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5585
Nurjanah, A., Sudin, A., & Sujana, A. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah (Penelitian Pre- experimental terhadap siswa kelompok atas, tengah, dan bawah SDN Waringin II dan SDN Palasah I di Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka pada Materi Energi Panas). Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 581–590.
OECD. (2018). PISA 2015 Results in Focus.
OECD. (2019a). Pisa 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/b25efab8-en.
OECD. (2019b). PISA 2018 Result Combined Executive Summaries VOLUME I, II & III. In OECD publications: Vol. I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en
Permendikbud. (2013). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 1–13.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612
Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST: Journal of Healt, Education, Economics, Science, and Technology, 3(1), 7–11.
Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model Pbm Dan Stm. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926
Rini, D. S., & Wasitohadi. (2020). The Effect of Problem Based Learning Model and Discovery Learning Toward Problem Solving Skills in Mathematic of Grade 5 Elementary. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(April), 250–257. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i2.7890
Rismawati, R., Hayati, M. N., & Widiyanto, B. (2021). Keefektifan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 5(2), 96–100. http://e-journal.ups.ac.id/index.php/jpmp
Rizky, N. F., Gusrayani, D., & Sujana, A. (2017). Penerapan pembelajaran berbasis masalah pada materi sumber daya alam untuk meningkatkan literasi sains siswa sd. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 251–260.
Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013 (Pertama). UNY Press.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); kedua). Alfabeta, cv.
Suharman. (2018). Tes Sebagai Alat Ukur Prestasi Akademik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 93–115.
Winata, A., Cacik, S., & W, I. S. R. (2016). Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Mahasiswa Pada Konsep IPA. Education and Human Development Journal, 01(01), 39.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8876
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dinda Resty Indrawan, Din Azwar Uswatun, Dyah Lyesmaya, Herman Herdiana, Bangbang Ilhami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id