PENGINTEGRASIAN KEYAKINAN AGAMA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Tursinawati Tursinawati, Ari Widodo, Wahyu Sopandi, Hasbi Amiruddin

Abstract


Selama ini pengintegrasian agama dan sains dalam pelaksanaan pembelajaran sering terabaikan. Padahal kedua aspek tersebut termuat dalam tujuan pendidikan dan kurikulum.  Penelitian ini bertujuan mengkaji pengintegrasian keyakinan agama dalam memperoleh ilmu pengetahuan pada pembelajaran IPA yang selama ini dilaksanakan guru Sekolah Dasar. Metode penelitiannya adalah studi kasus dengan subjek penelitian adalah guru Sekolah Dasar. Sumber data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif pada data angket, dan dianalisis kualitatif secara mendalam pada keseluruhan data. Hasil temuan menunjukkan bahwa selama ini guru Sekolah Dasar mengintegrasikan keyakinan agama dan sains dengan menghubungkan ayat Al-Qur’an dan materi IPA, namun jarang mengintegrasikan keyakinan agama siswa dalam memperoleh pengetahuan ilmiah pada pembelajaran sains. Guru sering mengalami kendala dalam mengintegrasikan keyakinan agama dan sains dalam menerapkan metode, pengaturan waktu, ketersediaan bahan ajar. Guru kadang-kadang mengajar atau menggunakan strategi pembelajaran seperti memotivasi siswa, memberikan apersepi, menggunakan metode dalam mengintegrasikan keyakinan agama pada pembelajaran IPA. Guru belum pernah melaksanakan penilaian terkait keyakinan agama pada pembelajaran IPA. Siswa kadang-kadang terlibat aktif dalam mendiskusi dan tanya jawab tentang keyakinan agama dalam memperoleh ilmu pengetahuan pada pembelajaran IPA. Pengintegrasian keyakinan agama pada pembelajaran IPA hendaknya dapat dilaksanakan secara eksplisit agar kedua aspek tersebut menjadi kesatuan yang utuh dalam kurikulum.

 


Keywords


integrasi, keyakinan agama, sains

References


Anwar, S., & Elfiah, R. (2019). Science and Religious Integration (Implications for the Development at UIN Raden Intan Lampung). Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012095

Arsyad, A. (2016). Integration Tree and the Interconnectivity of Science and Religion. Kalimah, 14(2), 115. https://doi.org/10.21111/klm.v14i2.608

Ayu, D. G., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2019). Media Pembelajaran Powtoon Terintegrasi Nilai-Nilai Agama pada Pembelajaran IPA untuk Mengembangkan Karakter. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 65. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i2.3088

Barbour, I. G. (1966). Part 1: Religion and the Methods of Science. Issues in Science and Religion, 2237(1).

Barbour, I. G. (1994). Experiencing and Interpreting Nature in Science and Religion. Zygon®, 29(4), 457–487. https://doi.org/10.1111/j.1467-9744.1994.tb00686.x

Barnes, M. E., Elser, J., & Brownell, S. E. (2017). Impact of a Short Evolution Module on Students’ Perceived Conflict between Religion and Evolution. American Biology Teacher, 79(2), 104–111. https://doi.org/10.1525/abt.2017.79.2.104

Bickmore, B. R., Thompson, K. R., Grandy, D. A., & Tomlin, T. (2009). Science as storytelling for teaching the nature of science and the science-religion interface. Journal of Geoscience Education, 57(3), 178–190. https://doi.org/10.5408/1.3544263

Billingsley, B., Abedin, M., & Nassaji, M. (2020). Primary school students’ perspectives on questions that bridge science and religion: Findings from a survey study in England. British Educational Research Journal, 46(1), 177–204. https://doi.org/10.1002/berj.3574

Brickhouse, N. W., Dagher, Z. R., Letts IV, W. J., & Shipman, H. L. (2000). Diversity of students’ views about evidence, theory, and the interface between science and religion in an astronomy course. Journal of Research in Science Teaching, 37(4), 340–362. https://doi.org/10.1002/(SICI)1098-2736(200004)37:4<340::AID-TEA4>3.0.CO;2-D

Darmana, A. (2016). Internalisasi Nilai Tauhid Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Islam, 27(1), 66. https://doi.org/10.15575/jpi.v27i1.496

Desstya, A. (2014). Kedudukan dan Aplikasi Pendidikan Sains di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 193–200.

Diana, D., & Setiadi, A. E. (2018). Bahan Ajar Sains Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal Dan Nilai Keislaman. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 211–220. https://doi.org/10.21009/jpud.122.02

Elwien Sulistya Ningrum, Y. A. S. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Manajemen Pendidikan, 24(5), 416–423.

Fajrin, L., & Muqowim, M. (2020). Problematika Pengintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Pembelajaran Ipa Di Mi Miftahul Huda Jepara. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 295. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7522

Fakhri, J. (2010). Sains Dan Teknologi Dalam Al-Qur’an Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Ta’dib, 15(01), 121–142.

Fardiana, I. U. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Integrasi Sains Dan Islam Pada Kelas Iv Mi Mamba’Ul Huda Ngabar Ponorogo. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 7(01), 73–93. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v7i01.362

Golshani, M. (2015). Islam and the Sciences Questions of Nature : Some Fundamental. 39(4), 597–611.

Guilfoyle, L., Erduran, S., & Park, W. (2021). An investigation into secondary teachers’ views of argumentation in science and religious education. Journal of Beliefs and Values, 42(2), 190–204. https://doi.org/10.1080/13617672.2020.1805925

Hafi, K. (2008). Case study ecmple. The Qualitative Report, 13(4), 544–559.

Hasanah, N., & Zuhaida, A. (2018). Desain Madrasah Sains Integratif: Integrasi Sains Dan Agama Dalam Perangkat Dan Pelaksanaan Pembelajaran. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 155. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.3517

Hayat, M. S. (2011). Hakikat Sains & Inkuiri. 2008, 1–21.

Jidi, L. (2013). Peranan Sains dalam Mengenal Tuhan. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(2), 217–226. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jdt.v14i2.329

Kragh, H. (2020). Cosmology and Religion. In Encyclopedia of the History of Science (February (Issue February, pp. 1–16). https://doi.org/10.34758/pv1n-2q15

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA SD (1st ed.). Ediide Infografika. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=ZhyZDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=pengembangan+kreativitas+siswa+sekolah+dasar&ots=EhXa5YD1OG&sig=pmEBwieQnGpU1wp-6CZMGOjAmnw

Lessl, T. (2018). Naïve Empiricism and the Nature of Science in Narratives of Conflict Between Science and Religion. Science and Education, 27(7–8), 625–636. https://doi.org/10.1007/s11191-018-0002-z

Mansour, N. (2011). Science teachers’ views of science and religion vs. the Islamic perspective: Conflicting or compatible? Science Education, 95(2), 281–309. https://doi.org/10.1002/sce.20418

Miftah, M. (2017). MODEL INTEGRASI SAINS DAN AGAMA DALAM KURIKULUM 2013 Di TINGKAT DASAR. Jurnal Penelitian, 14(2). https://doi.org/10.28918/jupe.v14i2.907

Muslih, M. (2010). Pengaruh Budaya dan AgamaTerhadap Sains Sebuah Survey Kritis. Tsaqafah, 6(2), 225. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v6i2.119

Nugroho, I., & Iman, M. S. (2018). Pengembangan Pembelajaran Sains MI Bermuatan Karakter Islam Dengan Setting Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 194. https://doi.org/10.32934/jmie.v2i2.73

Nurhadi, N., Rosidin, U., & Suana, W. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Spiritual Dan Sosial Pada Pembelajaran Ipa Terpadu. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 2(4), 119121.

Nuzulia, N. (2016). Pengembangan Buku Ajar Tematik Dengan Pendekatan Integrasi Sains Dan Agama Di Kelas 4 Sekolah Dasar Islam Raudlatul Jannah Sidoarjo. Madrasah, 7(1), 12. https://doi.org/10.18860/jt.v7i1.3307

Permendikbud. (2016). PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 24 TAHUN 2016 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH. http://mulok.library.um.ac.id/home.php?s_data=Skripsi&id=37661&mod=b&cat=4&s_field=2&s_teks=%22atom%22&fulltext=&s_teks2=&start=0&page=10

Qutub, S. (2011). Sumber-sumber Ilmu Pengetahuan dalam Aur’an dan Hadits. Humaniora, 2(2), 1339–1350.

Sardinah, Tursinawati, & Noviyanti, A. (2012). Relevansi Sikap Ilmiah Siswa Dengan Konsep Hakikat Sains Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran Ipa Di Sdn Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 13, 70–80.

Southerland, S. A., & Scharmann, L. C. (2013). Acknowledging the Religious Beliefs Students Bring into the Science Classroom: Using the Bounded Nature of Science. Religious Diversity and Science Education, 2. http://diginole.lib.fsu.edu/islandora/object/fsu%3A209953/

Sri Wuryastuti. (2008). Inovasi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(April), 2. http://103.23.244.11/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_9-April_2008/Inovasi_Pembelajaran_IPA_di_Sekolah_Dasar.pdf

Stolberg, T., & Teece, G. (2010). Teaching religion and science: Effective pedagogy and practical approaches for RE teachers. In Teaching Religion and Science: Effective Pedagogy and Practical Approaches for RE Teachers. https://doi.org/10.4324/9780203845431

Susanti, Y. (2019). Menginterkoneksi Sains dan Agama dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Islamika, 1(2), 89–101. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.209

Taber, K. S., Billingsley, B., Riga, F., & Newdick, H. (2011). Secondary students’ responses to perceptions of the relationship between science and religion: Stances identified from an interview study. Science Education, 95(6), 1000–1025. https://doi.org/10.1002/sce.20459

Tursinawati. (2016). Penguasaan Konsep Hakikat Sains Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran Ipa Di Sdn Kota Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 72–84. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753

Tursinawati. (2017). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah pada Rubrik Penilaian Sikap Subtema Macam-Macam Sumber Energi Di Kelas IV Sekolah Dasar. Educhild, 6(1), 1–8.

Tursinawati, Israwati, & Julia, P. (2020). Ilmu Pengetahuan Dalam Pandangan Al-Qur’an Dan Implemetasinya Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pesona Dasar, 8(2), 52–60. https://doi.org/10.24815/pear.v8i2.18666

Wahyuni, T. S. (2019). Pengembangan Buku Ajar Matakuliah Biokimia Berintegrasi dengan Nilai-Nilai Sains dalam Alquran. Jurnal Zarah, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.31629/zarah.v7i1.1259

Waston. (2014). Hubungan Sains dan Agama: Refleksi Filosofis atas Pemikiran Ian G. Barbour. PROFETIKA, Jurnal Studi Islam, 15(1), 80.

Widodo, A. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. In M. Iriany (Ed.), UPI Press (1st ed.). UPI PRESS.

Yin, R. K. (1987). The case study methode as a tool For doing evaluation. Hispanic Journal of Behavioral Sciences, 9(2), 183–205.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tursinawati Tursinawati Tursinawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id