IMPLEMENTASI BIMBINGAN TEMAN SEBAYA DALAM KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PARON 1

Meisi Dian Pratiwi, Yes Matheos Lasarus Malaikosa, Sofyan Susanto

Abstract


Bimbingan teman sebaya ialah metode yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengajarkan berbagi ilmu pengetahuan yang dimiliki kepada teman sebayanya serta ketrampilan siswa tersebut dapat diajarkan kepada yang lain, tutor diberi tanggung jawab membantu temannya dalam pembelajaran ketika menemui kesusahan dalam belajar, hubungan antara teman sebayanya lebih dekat daripada guru dengan siswa, biasanya yang diberikan oleh teman untuk teman sebayanya dapat memberikan hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Bahasa yang digunakan mudah dipahami karena menggunakan bahasa mereka sendiri. Teman sebaya seperti teman dekat, sahabat. Metode penelitian kualitatif berguna untuk mengetahui dengan rinci kejadian apa yang dialami oleh subjek penelitian secara deskriptif dan menyeluruh dalam bentuk kalimat. metode sangat efektif agar siswa tidak bosan, dan guru tidak suntuk dalam pengajaran. Yang mempengaruhi bimbingan teman sebaya yaitu usia yang sama memungkinkan anak untuk memiliki keinginan, pembicaraan, kegiatan yang sama dengan tujuan untuk mendorong adanya hubungan pertemanan dengan teman sebaya atau seumuran ini. Keaktifan belajar ialah kegiatan belajar yang anak didiknya langsung secara intelektual dan emosional, berperan penting dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Keaktifan belajar dimana sistem pembelajarannya melalui belajar aktif yang mengarah pada belajar yang mandiri. Faktor penghambat dalam keaktifan belajar kesulitan sering terjadi adalah bagaimana cara menghadapi perbedaan karakteristik siswa.

 


Keywords


Bimbingan Teman Sebaya; Keaktifan Belajar Siswa

References


DEVI, L. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis E-Learning Di MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. UIN Raden Intan Lampung.

Fauzan, M., Saleh, N. T., & Prabowo, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Model PBL Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Materi Statistika Untuk Meningkatkan Ketuntasan Klasikal Siswa Kelas XII MIPA 1 SMAN 9 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 403–409.

Febianti, Y. N. (2014). Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2).

Fitriani, W. (2017). Implementation of peer tutoring to impove students’s learning outcome. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(2), 415–426.

Hairiah, M. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Stad dalam Pembelajaranilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(8).

Hidayati, D. N. (2019). pengaruh pergaulan teman sebaya dan sikap sosial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas v di sd ma’arif ponorogo tahun pelajaran 2018/2019. IAIN PONOROGO.

Lubis, A., Elita, Y., & Afriyati, V. (2018). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa SMA di Kota Bengkulu. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 43–51.

Mahira, H. I., Rahmawati, A., & Widyastuti, Y. (2020). Pengaruh pemberian penyuluhan dengan metode jigsaw dan ceramah terhadap pengetahuan seks pranikah di SMK YPKK 2 sleman tahun 2019. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Malaikosa, Y. M. L. (2021a). Penguatan life skills peserta didik dengan pendekatan ekonomi kreatif. V(2), 300–312.

Malaikosa, Y. M. L. (2021b). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5 (1).

Marlia, A. (2017). Konsep Pernikahan Ideal Dalam Islam Dan Kaitannya Dengan Pendidikan Anak Perspektif Abdullah Nashih Ulwan. UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Martini, S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Menggunakan Metode Tutorial Teman Sebaya di SDN 022 Titian Tinggi Kecamatan Rengat Barat. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(9), 951–963.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1).

Rohmah, A. (2010). Partai Golkar dalam bingkai khalayak.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.

Wati, R., Hidayat, A., & Zahara, R. (2012). Efektivitas Penggunaan Metode Tutor Teman Sebaya Dalam Pelaksanaan Remedial Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar. EDUCARE, 1–6.

Yuliana, L., Barlian, I., & Jaenudin, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 17–27.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yes Matheos Lasarus Malaikosa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id