PENANAMAN SIKAP NASIONALISME DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Ahmad Sholeh, Moch. Miftachur Rizki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menemukan sikap nasionalisme siswa, upaya guru kelas dalam menanamkan sikap nasionalisme dan kendala yang dihadapi guru kelas dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa di MI al-Ma’arif 04 Singosari Malang. Hal ini disebabkan semangat nasionalisme ini mengalami kemunduran. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif guna menggambarkan fenomena secara utuh serta menyeluruh melalui pengumpulan data dan disusun dalam bentuk narasi. Teknik pengumpulan data memakai wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya secara umum analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa para siswa Madarasah Ibtidaiyah sudah mempunyai sikap nasionalisme yang baik dengan pemahaman akan nasionalisme yang sudah sesuai standart. Untuk mewujudkan sikap nasionalisme ini secara real guru kelas telah mengupayakannya melalui cara; 1) kegiatan akademik dan 2) kegiatan non akademik seperti; melaksanakan upacara bendera, memperingati hari besar nasional seperti halnya Sumpah Pemuda, Hari Santri, dan lain sebagainya. dan melaksanakan kegiatan Pramuka. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh guru kelas dalam menanmkan sikap nasionalisme tidaklah berarti dan dapat diatasi. Oleh karena itulah guru kelas harus selalu meningkatkan proses penanaman sikap nasionalisme ini agar supaya bangsa Indonesia tetap kokoh akan persatuan dan kesatuannya.


Keywords


Guru kelas, Nasionalisme, Madrasah Ibtidaiyah

References


Alfaqi, M. Z. (2016). Melihat Sejarah Nasionalisme Indonesia untuk Memupuk Sikap Kebangsaan Generasi Muda. Jurnal Civics, 13(2), 209–216.

Amelia, C. A., Sejarah, J., Sosial, F. I., Semarang, U. N., Sejarah, P., & Nasionalisme, S. (2015). Peranan Pembelajaran Sejarah Dalam Penanaman Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pecangaan. Indonesian Journal of History Education, 3(2), 47–54.

Amrah, A. (2016). Mengulik Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi. Publikasi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i2.2094

Apriani, A.-N., & Ariyani, Y. D. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Living Values. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 59. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).59-73

Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., & Kanzunnudin, M. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Ethno-Edutainment Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). https://doi.org/10.24176/re.v9i2.3503

Azman, A. (2017). Nasionalisme Dalam Islam. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 6(2), 266–275. https://doi.org/10.24252/ad.v6i2.4881

Badaruddin, S. (2019). Penanaman Semangat Nasionalisme Pada Siswa. Pemikiran Dan Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum, & Pengajarannya, 14(2), 48–59.

Bria, M. E. (2018). Penguatan semangat nasionalisme di daerah perbatasan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 38–43.

Chotib dan Djazuli. (2017). Sikap Nasionalisme. Jakarta: Bumi Citra.

Darmawijaya. (2016). Islam dan Nasionalisme Indonesia. Jurnal ETNOHISTORI, Vol. 3(No. 2), 149–163.

Dugis, V. M. A. (1999). Defining Nationalism in the Era of Globalization. Masyarakat Kebudayaan Dan Politik, 12(2), 51–57.

Eta Yuni Lestari, Miftahul Janah, P. K. W. (2019). Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi Melalui Penerapan Nilai-Nilai Pancasila. ADIL INDONESIA JURNAL, Vol. 1(No. 1), 20–27.

Handayani, R., Purbasari, I., & Setiawan, D. (2020). Tipe-Tipe Pola Asuh Dalam Pendidikan Keluarga. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 16–23. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4223

Ita Mutiara Dewi. (2008). Nasionalisme Dan Kebangkitan Dalam Teropong. Mozaik, Vol. 3(No. 3).

Kartika, D. I. M. (2016). Peranan guru PPKN dalam mengembangkan karater dan sikap nasionalisme pada siswa Dwijendra Denpasar. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 3(1), 67–76. http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/232

Muna, A., & Eddison, A. (2019). Implementation Of Community Nationalism Attitudes Toward Foreign Products In Dwitunggal Village , Rangsang District , Meranti Island Regency ( Case Study On The Indonesia-Malaysia Border Region ). JOM, 6, 1–9.

Nurhayati, Y. (2013). Pengaruh Upacara Bendera Terhadap Sikap Nasionalisme Di SMPN 14 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Nurun Najwah. (2021). The Role of Parents in The Character’s Building of Children (The Qur’an and Hadith`S Perspective). Al-Mudarris, 4/1, 49–63. https://doi.org/https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v4i1.633

Retnasari, L., & Hidayah, Y. (2019). Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Warga Negara Muda di Era Globalisasi melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi (Studi pada Mahasiswa PGSD UAD). Jurnal Basicedu, 4(1), 79–88. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.303

Rochmat, S., & Trisnawati, D. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Wates, Kulon Progo. Istoria: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 13(2), 205–215. https://doi.org/10.21831/istoria.v13i2.17736

S. Arifianto. (2013). The Meaning Of “Nationalism Of Nation-State” In Media Text. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, Vol. 17(No. 1), 113–122.

Salamah, U., & Safiq, A. (2019). Relevansi Pemikiran Mahmud Yunus Dalam Kitab At-Tarbiyah Wa At-Ta’lim Dengan Kompetensi Guru (Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005). Journal Al-Mudarris, 2(2), 224. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v2i2.287

Sartika, T. (2016). Penanaman Rasa Nasionalisme Melalui Pembelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri Jatilawang. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. IX, N.

Setiawan, D. (2017). Kontribusi Tingkat Pemahaman Konsepsi Wawasan Nusantaraterhadap Sikap Nasionalisme Dan Karakter Kebangsaan. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 9(1), 20. https://doi.org/10.24114/jupiis.v9i1.6457

Soegito, A. T. (2006). Pendidikan Pancasila. Semarang: UNNES Press.

Sri Ana Handayani. (2019). Nasionalisme Dalam Perubahan di Indonesia : Adaptasi atau Transplantasi. Historia, Vol, 1(No. 2), 154–170.

Sri Uji Lestari, Ufi Saraswati, A. M. (2018). Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukorejo Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukorejo. Indonesian Journal of History Education, Vol. 6(No. 2), 205–215.

Suharni. (2019). Sikap Nasionalisme Peserta Didik Pada Sma Negeri 1 Bangkala Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sulistiyono, S. T. (2018). Nasionalisme, Negara-Bangsa, dan Integrasi Nasional Indonesia: Masih Perlukah? Jurnal Sejarah Citra Lekha, 3(1), 3. https://doi.org/10.14710/jscl.v3i1.17912

Surono, K. A. (2018). Penanaman Karakter Dan Rasa Nasionalisme Pada Kegiatan Ektrakurikuler Pramuka Di SMP N 4 Singorojo Kabupaten Kendal. Indonesian Journal of Conservation, 6(1).

Susanto, H. (2017). Pemahaman Sejarah Daerah dan Persepsi Terhadap Keberagaman Budaya dalam Membina Sikap Nasionalisme (Studi Korelasi pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP UNLAM). Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 9(1), 39–50. http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/1581

Wirartha, I. M. (2006). Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ahmad sholeh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id