KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH 8 MULTIPLE INTELLIGENCES KELAS IV SD

Jois Syahadati Masruriyah, Galih Istiningsih

Abstract


Pada penelitian ini didasarkan pada kurangnya komunikasi matematis siswa khususnya pada materi satuan panjang. Penelitian ini juga untuk mengetahui atau menguji kelayakan media pembelajaran yaitu media “macromedia flash MI”, media ini dianggap mampu meningkatkan motivasi belajar siswa serta mampu memberikan kemudahan siswa dalam memahami materi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan dari media macromedia flash MI pada materi satuan panjang mata pelajaran matematika kelas IV di salah satu SD Kecamatan Bulu, Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV di salah satu SD Kecamatan Bulu, Temanggung. Validasi media atau uji kelayakan media menunjukkan persentase pada angka 97,2% yang mana dapat disimpulkan validitas media tersebut menunjukkan kategori Sangat Valid (sv) dengan interval antara presentase angka 81,25-100%. Data-data diperoleh dari 3 validator ahli yaitu 1 dosen Universitas Muhammadiyah Magelang dan 2 guru SDN Danupayan. Respon siswa terhadap media menunjukkan presentase 82,16% sehingga dapat disimpulkan bahwa media menunjukkan kategori Sangat Valid (SV) dengan interval 81,25-100%. Data diperoleh dari data angket 6 responden. Sehingga, media macromedia flash MI dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

 


Keywords


Macromedia Flash MI, Media Pembelajaran, Komunikasi Matematika

References


Amalia, M. D., Agustini, F., & Sulianto, J. (2017). Pengembangan Media Diorama pada Pmbelajaran Tematik Terintegrasi Tema Indahnya Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2): 185-198.

Hamid, M. A., & dkk. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Latuconsina, H. (2014). Pendidikan Kreatif Menuju Generasi Kreatif dan Kemajuan Ekonomi Kreatif di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Muslimin, M. I. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas II SD. E-Jurnal Prodi Tekonologi Pendidikan, VI (1): 26.

Muyayoah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Peljaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6 (2): 22-26.

Nugraha, M. F., & dkk. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Qondias, D., Anu, E. L., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Mapping SD Kelas III Kabupaten Ngada Flores. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5 (2): 177.

Romadhan, A., & Rusimamto, P. W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 06 (03): 454-455.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi.

Widyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijaya, I., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay Media Studio pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Audio di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro,4 (3): 957-963.

Winarno, & dkk. (2009). Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Genius Prima Media.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, M. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Action Research Research and Development (R and D). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jois Syahadati Masruriyah, Galih Istiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id