MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GAYA DAN GERAK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM TOGETHER HORAY

Radiansyah Radiansyah, Alfina Nur Islami

Abstract


tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, dan menganalisis hasil belajar peserta didik pada materi gaya dan gerak di kelas IV SDN Pekauman 1 Banjarmasin.pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah peserta didik 32 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dari hasil pengamatan dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kombinasi model problem together horey, yaitu kombinasi dari model (Problem Based Learning, numbered Together. dan Course Review Horay) dapat dilaksanakan dengan sangat baik oleh pendidik, semula 80% terlaksana menjadi 95%, yang berarti model terlaksana dengan kriteria sangat baik. Aktivitas peserta didik meningkat, semula 37.5% meningkat menjadi 87.5%, atau mencapai kriteria sangat aktif. Hasil belajar peserta didik secara signifikan mengalami peningkat dari setiap pertemuan, pada pertemuan satu semula tuntas hanya 50% menjadi 87.5%.pada pertemuan 4, sehingga hasil belajar peserta didik pada materi gaya dan gerak di kelas IV SDN Pekauman 1 dinyatakan berhasil dan tuntas.

 


Keywords


Hasil Belajar, Gaya dan Gerak, Problem Together Horay

References


Arikunto, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi.

Aslamiah, & Sulaiman. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada tema Ekosistem dengan muatan IPA menggunakan kombinasi model Pembelajaran inquiry Learning, Somatic, Auditory, Visualisation, intellectually, (SAVI) dan Team Game Tournament pada Kelas VB SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin. Journal Paradigma. (1) 67-68.

Darmadi. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Tangerang: Animage.

Hamalik,O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, U, B. (2015) Belajar dengan Pendekatan Paikem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayatullah. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Lebak Banten. LKP Setia Budi.

Kaharudin, A. & Nuning (2020). Pembelajaran Inovatif & Kreatif. Pedoman untuk penelitian PTK dan Eksperimen. Goa. Pustaka Almaeda.

Noorhapizah, & R. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Proses Pembentukan Tanah dan Daur Air Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Variasi Numbered Heads Together (NHT) pada peserta didik Kelas VB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin. Jurnal Paradigma. (1) 33-38.

Oktavia, S.A. (2020) Model-model Pembelajaran.yogyakarta: Deepublish.

Radiansyah. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Komponen Ekosistem menggunakan Variasi Model Pembelajaran Inquiry, Somatic Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) dan Team Game Tournament (TGT). Pada Kelas V SDN Sungai Miai 3 Banjarmasin. Jurnal Paradigma 8 (1) 31-14.

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suriansyah, A. (2019) Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Wardan, K. (2020) Motivasi Kerja Pendidik Dalam Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

H.A. Fauziah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary.7 (1) 40-47.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Radiansyah Radiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id