PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V SDN 61 DAN MIN 3 PEKANBARU

Chindy Ariska, Zubaidah Amir MZ, Nurhasanah Bakhtiar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimental dengan nonequivalent control group design yang bersifat kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 61 Pekanbaru dan MIN 3 Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Kelas V yang akan diteliti pada setiap sekolah terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 dan 34 untuk masing-masing kelas pada SDN 61 Pekanbaru. Sebanyak 31 dan 34 siswa untuk masing-masing kelas pada MIN 3 Pekanbaru. Kelas kontrol diberi perlakuan tanpa model TPS dan kelas eksperimen diberikan perlakuan model TPS menggunakan materi unsur-unsur bangun datar. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas V SDN 61 dan MIN 3 mengalami peningkatan setelah dilakukan penerapan model pembelajaran TPS dengan nilai rata-rata dari 72,5 menjadi 89,7 dan 71,7 menjadi 83,2 untuk masing-masing sekolah. Hasil signifikansi hipotesis masing-masing sekolah sebesar 0,013 < 0,05 dan 0,006 < 0,05 untuk kelas V SDN 61 Pekanbaru dan MIN 3 Pekanbaru, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran TPS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V SDN 61 Pekanbaru dan MIN 3 Pekanbaru .

 


Keywords


think pair share, komunikasi matematis, pembelajaran kooperatif

References


Amir, Z., & Turmudi, T. (2017). Metacognition Think Aloud Strategies In Setting Cooperative Think-Pair-Share/Square to Develop Student’s Math Problem Solving Ability. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 57(November). https://doi.org/10.2991/icmsed-16.2017.27

Andes, S., Asmara, S. B., & Waluya, R. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Kemampuan Matematika. Scholaria, 7(2), 135–142.

Ariana et. al. (2013). Finding the Effects of Think-Pair-Share on Student Confidence and Participation. Honor Project, 28, 1–19.

Firdaus, A. M. (2019). Application of Cooperative Learning Model Type Think Pair Share (Tps) on Mathematical Communication Ability. Jurnal Daya Matematis, 7(1), 59. https://doi.org/10.26858/jds.v7i1.8846

Firdawela, I., & Reinita. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Menggunakan Model Think Pair Share di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 128–134.

Kaddoura et. al. (2013). Think pair share: A teaching learning strategy to enhance students ’ critical thinking. Education Research Quarterly, 36(4), 3–24.

Narumanah, E. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Think Pairs Share (TPS) Disertai Media Lidi. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 02(01), 2013–2015.

Rahmadana, M. F., & Rafika, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Paired Share Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Siswa Smkn 7 Medan. Niagawan, 7(1), 14–21.

Rizqi, A. A., Suyitno, H., & Artikel, I. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 17–23.

Sugiyanti, Murtono, & W, S. surachmi. (2021). Pengaruh Problem Based Learning dan Think Pair Share Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Primary:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10, 1175–1181.

Wahyuni, E. T., Hendryawan, S., Nasrullah, A., & Wachyar, T. Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Think Pair Share (Tps). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3, 125–136.

Wahyuni, Sri. (2019). Perencanaan Pembelajaran (Malang: Refika Aditama)




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Chindy Ariska

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id