MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS I MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DI SDN 014 PENGALIHAN ENOK INDRAGIRI HILIR

Suyati Suyati

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui media gambar seri. Bentuk penelitian yaitu berupa penelitian tindakan kelas berguna untuk memperbaiki serta meningkatkan hasil belajar siswa. Tempat penelitian dilakukan di Kelas I SDN 014 Pengalihan Enok. Subjek penelitian berjumlah 29 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa, hal itu terbukti dari hasil tes ulangan harian siswa meningkat Dari hasil penelitian pada siklus I dan siklus II yang telah dideskripsikan di atas, pada data awal nilai rata-rata hasil ulangan harian siswa sebesar 58 nilai tersebut masih dibawah standar KKM yang ditetapkan sekolah , selanjutnya setelah adanya tindakan berupa refleksi pembelajaran pada ulangan harian I didapat nilai rata-rata hasil belajar siswa berjumlah 72 terjadi peningkatan 12,4%  dibanding dengan data awal, dan pada ulangan harian ke II nilai rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan jumlah nilai rata-rata hasil belajar berjumlah 88 terjadi peningkatan 15,6% dibanding dengan data awal, berdasarkan dari uraian diatas dapat dilihat bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas 1 SDN 014 Pengalihan Enok.

 

 


Keywords


keteampilan menulis, media gambar seri

References


Arifin, Z. (2019). Keefektifan Model Think Talk Write Berbantu Media Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis, International Journal of Elementary Education, 3 (3).

Astuti, W. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sd, Jurnal Prima Edukasia, 2 (2).

Budiyono, H. (2012). Pembelajaran Keterampilan Menulis Berbasis Proses Menulis Dan Teori Pemerolehan Bahasa, Jurnal Pena, 2 (3).

Bintoro, T. (2018). Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi. Indonesian Journal of Primary Education, 2 (1), 19–29.

Chandra. (2018). Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark Untuk Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2 (1).

Cahyani, I. (2018). Metode Komunikatif Dalam Pemerolehan Dan Pembelajaran Bahasa Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa, Jurnal KATA, 2 (1).

Fitriyah, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Daerah Melalui Cerita RakyatDigital pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Studi Pengembangan, Child Education Journal, 1 (2).

Hasmira. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Melalui Penggunaan Media Gambar Seri, PiJIES: Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1 (1).

Hamdu, G. (2018). Penggunaan Media Gambar Seri Sebagai Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (1).

Munirah. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Dongeng Siswa Kelas III Sd, Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 4 (2).

Mirnawati, L. B. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Inovatif Dengan Menggunakan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siswa SD. Jurnal Belajar Bahasa, 4(1).

Novrizta, D. (2019). Hubungan Antara Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 104–124.

Rinawati, A. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar, Journal Education Research and Development, 4 (2).

Syahrial, S. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Dan Mutu Pendidikan Di SDN 16 Rupat. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (6), 1565-1572. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8614.

Sulistyorini. (2010). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Sdn Sawojajar V Kota Malang, J-TEQIP, 1 (1).

Wibowo. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi, Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suyati Suyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id