MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DI SDN 010 BAYAS JAYA

Masdar Masdar

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan media gambar seri. Tempat penelitian dilakukan di Kelas III SDN 010 Bayas Jaya, Indragiri Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 010 Bayas Jaya yang berjumlah 28 orang. Hasil dalam penelitian ini adalah persentase keterampilan berbicara siswa dengan penerapan strategi Example Non Example pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase yaitu 86,75% atau tergolong “sangat baik” karena berada pada rentang 80%-100%. Dengan demikian pada siklus II keterampilan berbicara siswa telah dikatakan berhasil atau baik karena telah mencapai KKM 70. Pada siklus II pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Example Non Example menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat dan ada kemajuan dalam keterampilan berbicara siswa Kelas III di SDN 010 Bayas Jaya Indragiri Hilir.

 

 


Keywords


Keterampilan Berbicara, Metode examples non examples

References


Alexander. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity, 1 (2).

Fitriani. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penggunaan Model Example Non Example Pada Siswa Kelas V Di Sdn 24 Temmalebba Kecamatan Bara Kota Palopo. PiJIES: Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1 (2).

Huda, Miftahul. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamdayama, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Johan. (2018). “Penerapan Metode Pembelajaran Example Non-Example Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan.” Jurnal Taman Vokasi, 6 (1).

Lisnani. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK BAGI SISWA KELAS VI SD, Jurnal Basicedu, 3 (1).

Ningsih. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2 (4).

Nuryanto, S. (2018). Peningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Pgsd Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Berbasis Konservasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Penerapan Metode Task Based Activity Dengan Media Audio Visual. Jurnal Penelitian PendidikanA & A (Semarang), 35(1).

Pratiwi. (2016). Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 2 Sdn S4 Bandung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (1).

Parmiti, D. P. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Show And Tell Siswa SD Negeri 3 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4).

Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1).

Syarifah. (2016). “Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Kelas V SDN 70 Banda Aceh.” Jurnal Pesona Dasar, 3(4).

Wulansari, W. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Masdar Masdar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id