ANALISIS PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GAME-BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V SDN PW 01

Zahrotul Khusniah, Yulia Linguistika, Erif Ahdhianto

Abstract


Artikel ini mengulas tentang analisis peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan model Game-based learning (GBL) pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas V SDN PW 01. Pendekatan yang digunakan pada penelitian tersebut adalah mixed methods dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan model pra-eksperiment. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0 for Windows. Karena data yang diolah merupakan data dengan skala ordinal, sehingga menggunakan statistik non parametrik dan tidak perlu untuk menguji asumsi normalitas distribusi. Sedangkan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis naratif. Penelitian tersebut dilakukan dengan memberikan pra tes berupa angket minat belajar matematika siswa materi pecahan sebelum menggunakan model Game-Based Learning. Kemudian diberikan perlakuan berupa pembelajaran matematika materi pecahan menggunakan model Game-Based Learning (GBL) melalui aplikasi belajar Quizizz, Kahoot! dan Wordwall. Setelah itu diberikan posttest berupa angket minat belajar matematika siswa materi pecahan sesudah menggunakan model Game-Based Learning. Hasil uji hipotesis diperoleh menunjukkan bahwa taraf signifikansi sebesar 0.000, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Selain itu, dari hasil wawancara diperoleh data bahwa terjadi peningkatan rasa suka dan ketertarikan siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan yang dilakukan dengan menggunakan model Game-based learning (GBL). Dari kedua data tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan model Game-Based Learning (GBL) di kelas V SDN PW 01.

 

 


Keywords


game-based learning, matematika, minat belajar siswa

References


Aini, F.N. 2018. Pengaruh Game Based Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE). 6(3), 249-255. https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%p

Amalia, A. & Fatonah, S. 2020. Penerapan Pembelajaran Daring Dragon Learn pada Era Pandemic Covid-19. ISEJ : Indonesian Science Education Journal. 1(3), 148–164.

Anggianita, S., Yusnira, Y. & Rizal, M.S. 2020. Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research. 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18

Anugrahana, A. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Asmaka, R.A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Game-Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Peluang Kelas VIII SMP Negeri 2 Balen. Skripsi tidak diterbitkan. Bojonegoro: Ikip Pgri Bojonegoro.

Asmani, J., M. 2009. Jurus-jurus Belajar Efektif Untuk SMP dan SMA. Yogyakarta: Diva.

Dewi, W.A.F., 2020. Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Erfan, M., & Ratu, T. 2018. Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Elektronika Dasar Melalui Digital Game-Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia, FKIP Universitas Samawa Sumbawa Besar, Mataram, 14 Oktober.

Heruman. 2012. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kadir, A. 2015. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Marbun, S.M. 2018. Psikologi Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Maulidina, M.A., Susilaningsih, S. & Abidin, Z. 2018. Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. 4(2), 113–118. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p113

Nopiyanto, Y.E. 2020. Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika. 5(2), 139–148. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.140

Permadi, W.E. & Irawan, E.B. 2016. Memahamkan Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas IV SDN Sumberejo 03 Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan. 1(9), 1735–1738. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.6740

Purba, L.S.L. 2019. Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan. 12(1), 29–39. https://doi.org/10.51212/jdp.v12i1.1028

Rohmah, S.K. 2019. Analisis Learning Obstacles Siswa Pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education. 2(1), 13-24. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4428

Sari, P.M. & Yarza, H.N. 2021. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz dan Wordwall pada Pembelajaran IPA bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi. Selaparang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 4(2), 195–199. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Sidabutar, D.N. & Firmansyah, D. 2020. Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Menurut Prosedur Newman. Prosiding Sesiomadika. 2(1), 962–970.

Sirait, E.D. 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 6(1), 35-43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sururoh, L. 2020. Kahoot Sebagai Inovasi Pembelajaran dan Evaluasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana. Universitas. PGRI Palembang. Palembang. Januari 2020.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Sutrisna, S. 2006. Aku Ingin Menjadi Ahli Matematika : Untuk SMP Kelas 1. Depok: Kawan.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zahrotul Khusniah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id