IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PRODUK DALAM RANGKA MENYIAPKAN LULUSAN YANG INOVATIF PADA MAHASISWA PGMI UIN RADEN MAS SAID SURAKARTA

kustiarini kustiarini

Abstract


Abstrak

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik (Guru) dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pada kegiatan pembelajaran guru dituntut untuk inovatif dalam mengasilkan produk yang dapat menunjang kelancaran proses pembelajaran. Media pembelajaran tematik memiliki peran penting dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di lingkungan SD/MI, oleh sebab itu di perguruan tinggi diharapkan mampu membekali calon pendidik dengan keterampilan menghasilkan produk media pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berbasis produk dalam rangka menyiapkan lulusan yang inovatif pada mahasiswa PGMI UIN Raden Mas Said Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif. Adapun hasil dari penelitian ini ialah: 1) Tahap perencanaan meliputi penyusunan RPS Perkuliahan Perencanaan Sistem Pembelajaran MI dan Penyususnan materi pembelajaran; 2) Tahap pelaksanaan meliputi penyampaian materi  tentang media pembelajaran tematik dan pengembangannya, menganalisis Kompetersi Dasar, Indikator dan tujuan pembelajaran tematik, mendesain media pembelajaran tematik, dan pelaksanaan pengembangan media pembelajaran tematik: 3) Tahap Evaluasi meliputi kegiatan uji coba penggunaan media pembelajaran tematik, pemberian kritik dan saran terkait kelebihan dan kekurangan produk media pembelajaran tematik yang dihasilkan.

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Produk, Mahasiswa, Inovatif

 

Implementasi Pembelajaran Berbasis Produk dalam Rangka Menyiapkan Lulusan yang Inovatif pada Mahasiswa PGMI UIN Raden Mas Said Surakarta

 

Kustiarini

Prodi PGMI, FIT UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

Korespondensi. Email: kustiarini1990@gmail.com

 

Abstract

Learning is a process of interaction between students and educators (teachers) and learning resources in a learning environment. In learning activities, teachers are required to be innovative in producing products that can support the smooth learning process. Thematic learning media have an important role in supporting teaching and learning activities in the elementary school environment, therefore, universities are expected to be able to equip prospective educators with the skills to produce thematic learning media products. The purpose of this study was to find out how the implementation of product-based learning in order to prepare innovative graduates for the students of PGMI UIN Raden Mas Said Surakarta. This research is a descriptive qualitative research. The results of this research are: 1) The planning stage includes the preparation of RPS Lectures, MI Learning System Planning and Preparation of learning materials; 2) The implementation phase includes the delivery of material about thematic learning media and their development, Analyzing Basic Competencies, thematic learning indicators and objectives, Designing thematic learning media, and  implementing the development of thematic learning media: 3) The evaluation stage includes the activities of testing the use of thematic learning media, providing criticism and suggestions regarding the advantages and disadvantages of the thematic learning media products produced.

Keywords: Product-Based Learning, Students, innovative

 


Keywords


Pembelajaran Berbasis Produk, Mahasiswa, Inovatif

References


DAFTAR PUSTAKA

Abduh, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Sosiokultural bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2 (2), 121–132.

Bruce J., Marsha W., & Emily C. 2011. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2006. Strategi pembelajaran yang Mengaktifkan Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2008. Pedoman Penyusunan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Mappasoro S., Drs. M.Edd. 2008. Pembelajaran Tematik (Modul Pendidikan dan latihan Profesi Guru rayon 24). Makasaar. Universitas Negeri makassar.

Nasution, S. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman, M. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sri Anitah, M. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sanderson, Ronald H., 1987. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto, 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 kustiarini kustiarini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id