UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA MELALUI MEDIA REKAMAN DONGENG ANAK PADA SISWA KELAS IV SD TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Harwati Harwati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan keterampilan menyimak siswa melalui media rekaman dongeng anak pada siswa kelas IV SDN Banget 2, Kelurahan Kwadungan Kabupaten Ngawi tahun Pelajaran 2021/2022, Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan penelitian tindakan kelas, Hasil Penelitian menunjukkan melalui penggunaan media pembelajaran yang sesuai atau relevan dengan materi pelajaran dapat meningkatkan daya serap siswa terhadap materi, karena siswa secara langsung dilibatkan dalam proses pembelajaran sehingga dengan mengalami langsung siswa dapat dengan mudah memahami konsep materi pembelajaran. kemampuan menyimak siswa kelas iv sdn banget 2 setelah diterapkan media rekaman dongeng anak mendapatkan hasil yang meningkat dengan pembuktian meningkatnya prestasi belajar siswa melalui evaluasi belajar siswa dari kegiatan perbaikan pra siklus nilai rata-rata 62,5 menjadi 70 pada kegiatan siklus I dan 82 pada siklus II

Keywords


keterampilan menyimak, media rekaman, dongeng

References


Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Azhar Atsyad. (2000). Pembelajaran Bahasa di SD. Jakarta : Universitas Terbuka

Kartika, T., & Fauzi, M. R. (2021). PEMBELAJARAN MEMBACA DONGENG SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING MELAUI MEDIA GAMBAR. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(3), 467-474.

Kemdikbud., 2013. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Repubik Indonesia No. 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI. Jakarta: Kemdikbud.

Sadiman, A. S. (2011). Media Pembelajaran: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Saddhono, K., & St Y, S. (2012). Meningkatkan keterampilan berbahasa indonesia (teori dan aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran (Penggunaan & Pembuatannya).

Soetantyo, S. P. (2013). Peranan dongeng dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 14(1), 44-51.

Nasional, D. P. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Sidik, G. S. (2018). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng di Era Digital. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 78-84.

Mulyasa, E. (2010). Penelitian tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Winataputra, U. S. (2001). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 harwati harwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id