KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT SOAL UJIAN SEMESTER DI SDN 025 HARAPAN JAYA

Warsudi Warsudi

Abstract


Proses pembelajaran yang baik untuk memungkinkan tujuan utama pembelajaran akan tercapai dengan baik. Keberhasilan proses belajar mengajar dilihat dari kemampuan menyelesaikan masalah - masalah yang diberikan serta siswa merasa nyaman dengan pembelajaran yang berlangsung. Metode yang tepat menjadikan peserta didik merasa tertarik dengan apa yang dipelajari. Dalam hal ini untuk melihat hasil belajar siswa, guru juga harus memiliki kemampuan untuk membuat soal atau tes ujian semester, hal ini dilakukan untuk mengevaluasi bagaimana hasil belajar yang dicapai siswa. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 025 Harapan Jaya. Subjek penelitian ini adalah guru, jumlah guru sebanyak 7 orang. Dua siklus yang memperlihatkan hasil kemampuan atau pemahaman guru semakin meningkat. Siklus I presentasi yang diperoleh 30%, sedangkan pada siklus II presentasi yang diperoleh 70%. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari kemampuan guru dalam membuat dan memahami kaidah-kaidah butir soal ujian semester sesuai dengan mata pelajaran yang diampu nya.

 


Keywords


Kemampuan Guru, Memahami, Soal Ujian

References


Ananda., Rizki, F. (2017). Evaluasi Pembelajaran IPS Berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi di Sekolah Dasar. Basicedu, 1(2), 13.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Ayuni, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Soal Evaluasi Melalui Kegiatan In House Training (IHT). Journal of Classroom Action Research, 61.

Basuki, I. & Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya

Choiriatun, D. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Membuat Soal HOTS Melalui Kegiatan IHT di SDN 01 Nongsa Kota Batam Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 215.

Khusnul., Fajriyah, F. A. (2017). Problematika Pengembangan HOTS di Sekolah Dasar. Inovasi Pendidikan, 140.

Nizam,. (2017). Panduan Penulisan Soal 2017. Jakarta: Puspendik Balitbang Kemdikbud.

Setiadi., Hari. (2016). Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 167.

Shabir U, M. (2015). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik : (Tugas dan Tanggung jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). AULADUNA, 2(2), 221–232

Sukardi. (2011). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. (2nd ed.) : Bumi Aksara.

Supraptono, E. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Drill Berbantuan Multimedia Interaktif Dalam Materi Microsoft Excel 2007. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 16(4).

Winarni., Widi, Endang. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, PTK dan R&D. (1st ed.): Bumi Aksara.

Yuniar, Maharani. Rakhmat, Cece., & Saepulrohman, Asep. (2015). Analisis Hots (High Order Thinking Skills) Pada Soal Objektif Tes Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Kelas V Sd Negeri 7 Ciamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2(2), 187-195




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Warsudi Warsudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id