MOTIVASI BELAJAR IPS PADA MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar IPS siswa melalui model CTL siswa di SD. Desain penelitian menggunakan quasi Experiment. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V pada semester ganjil TA 2019/2020, dengan jumlah siswa 45 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 tahapan yaitu tahapan pertama dan tahapan kedua. Setiap satu siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan angket untuk dilanjutkan ke tahapan berikutnya. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic kuantitatif dengan tujuan untuk menganalisis data-data tentang aktifitas guru dan siswa yang akan diamati. Hasil penelitian yang didapatkan adalah bahwa dengan menggunakan model CTL dapat memberikan motivasi belajar IPS siswa dilihat dari proses dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS, terlihat jelas bahwa proses pembelajaran IPS sebelum dilaksanakannya model CTL yaitu memiliki tingkat persentase rata-rata yaitu 70,29 Sementara itu, sesudah diterapkannya model CTL di kelas V SD ini mengalami peningkatan, hal tersebut menunjukkan melalui model CTL memberikan motivasi yang lebih baik terhadap proses belajar.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akdon. (2005). Aplikasi Statistik Metode Penelitian, Bandung: Dewa Ruci
Alfieri, L., Brooks, P. J., Aldrich, N. J., & Tenenbaum, H. R. (2011). Does Discovery Based Instruction Enhance Learning. Journal of Educational Psychology, 103(1), 1–18.
Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta
Berlyana, M. D. P., & Purwaningsih, Y. (2019). Experimentation of STAD and Jigsaw Learning Models on Learning Achievements in terms of Learning Motivation. International Journal of Educational Research Review, 4(4), 517–524. https://doi.org/10.24331/ijere.628311
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hughes, J (2009). An Instruksional Model of Preparing Teachers for Fieldwork. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education v 21 number 2 p252-257.
Kahar, M. S., Anwar, Z., Murpri, D. K., Matematika, P., & Sorong, U. M. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR Aksioma, 9(2), 279–295.
Kamaruddin, S., & Yusoff, N. M. R. N. (2019). The Effectiveness of Cooperative Learning Model Jigsaw and Team Games Tournament (TGT) towards Social Skills. Creative Education, 10(12), 2529–2539. https://doi.org/10.4236/ce.2019.1012180
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.
Richard A, 2010. Contextual Teaching And Learning InternationalJournalof the Psychonomic Society1982, Vol. 20(6), 290-292
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses.
Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.
Selcuk, (2008). The Effects of ProblemSolving Instruction on Physics Achievement, Problem Solving Performance and Strategy Use. Direct access: http://www.lajpe.org/sep08/01_Gamze_Sezgin.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8704
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Elpri Darta Putra, Sapriya Sapriya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id