ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD N 9 RUPAT

Bujang N

Abstract


Pembelajaran pada hakikatnya proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungan belajar yang dikoordinasikan oleh guru. Para guru mengalami kesulitan dalam pengembangan kurikulum yang sesuai dengan pembelajaran daring, pengelolaan pembelajaran, penanaman karakter peserta didik karena keterbatasan interaksi dengan peserta didik, maupun keterbatasan upaya pemberdayaan peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran daring ini didukung oleh perangkat pembelajaran online seperti smartphone, laptop dengan jaringan koneksi yang memadai dan didukung oleh beberapa aplikasi seperti google classroom, video converence, telepon atau live chat, zoom maupun melalui whatsapp group. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 9 Rupat. Subjek penelitian ini adalah guru, jumlah guru sebanyak 5 orang. Dua siklus yang memperlihatkan hasil analisis kemampuan guru dengan rata-rata yang meningkat. Siklus I rata-rata yang diperoleh 33.33%, sedangkan pada siklus II rata-rata yang diperoleh 66.66%. Hasil ini dapat dilihat dari kemampuan guru menggunakan, memahami, terampil, mengkombinasi, dan mengembangkan aplikasi sebagai sarana pembelajaran daring.

 

 


Keywords


analisis kemampuan guru, aplikasi, media pembelajaran

References


Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring. 2(1), 55–61

Agustina, N., & Susanto, R. (2017). Persepsi Guru Terhadap Pengembangan Profesionalisme Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 2(1), 44–48. http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senapati/article/download/1171/879

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Fathonah, U., & Bukhori, H. A. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jerman Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1152–1160.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.

Kristiawan, M., Aminudin, N., & Rizki, F. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Online bagi Calon Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1905–1914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.942

Nabila, Hilmy, Zhafira., & Yenny, Ertika, C. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh di masa Pandemi. Jurnal l Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen.

Raimanu, G. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sintuwu Maroso. 19(2), 9

Rusman. (2014). Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2. 9759 4(2),214-224

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).

Zaenudin, H. N., Affandi, A. F. M., Priandono, T. E., & Haryanegara, M. E. A. (2020). Tingkat Literasi Digital Siswa SMP di Kota Sukabumi. Jurnal Penelitian Komunikasi, 23(2). https://doi.org/10.20422/jpk.v2i23.727




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bujang Bujang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id