PENGEMBANGAN LKS HOTS BERBASIS WEBSITE PADA TEMA MAKANAN SEHAT UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA MI

Ifa Zuhria, Wahidmurni Wahidmurni, Indah Aminatuz Zuhriyah

Abstract


 

Pengembangan Lks Hots Berbasis Website Pada Tema Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa MI ini sangat diperlukan karena dihadapkan dengan kondisi global yang tinggi terutama persaingan di dunia pendidikan, sehingga perkemmbangan teknologi yang semakin canggih dan tuntutan memanfaatkan teknologi dalam dunia pendiidikan sungguh sangat menjadi salah satu kebutuhan yang utama. Selain itu mata pelajarann tematik merupakaan mata pelajaran yang menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan dalam suatu pembelajaran pada tingkat MI/SD, karena tematik merupakan pelajaran yang mencakup beberapa pelajaran yang dijadikan satu,sehingga pengembangan pembelajaran tematik perlu dibutuhkan inovasi baru. Tujuan penelitiian ini yaitu untuk; (1) Mendeskripsiikan spesifikasi desain Lks HOTS sebagai media pembelajaraan yang layak,efektif,menarik,dan praktis guna meningkatkan berpikir kritis siswa MINU Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang, (2) Menganalisa kelayakan dan kemenariikan dari Pengembangan Lks Hots Berbasis Website Pada Tema Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa MI,(3) Mendeskripsikan Lks HOTS untuk meningkatkan berpikir kritis siswa di MI. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini adalah jenis peneliitian dan pengembaangan atau Research and Development ( RnD ) yang mempergunakan peneliitian kuantitatif mengacu pada teori dari Borg & Gall yang telah dikerucutkan menjadi 7 tahapan. Sampell dalam penelitiian ini yaitu siswa kelas V MINU Plandi 02 Malang. Instrumen pengumpulann data yang digunakan berupa observasii,wawancara,anket, dan tes. Validasi prosuk Lks HOTS dilakukan oleh tiga ahli, diantaranya;ahli materi,Ahli penyajian,dan ahli bahasa serta uji coba lapangan pada kelas V MINU Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang.Hasil pengembangan penelitian ini meliputi; (1) Hasil produk Lks HOTS berbasis Website yang dapat diaplikasikan menjadi salah satu sumber belajar siswa, (2) Produk ini terbukti menarik dan layak untuk dipergunakan, dilihat dari hasil validasi dan uji coba yang dilakukan. Validasi dari ahli desain dengan presentase 93,33%, validasi ahli materi sebesar 96,9%, validasi dari ahli bahasa sebesar 95,83%. Sedangkan uji coba lapangan pada prsentase kepraktisan sebesar 96,24%, presentase kemenarikan sebesar 98,39%, uji coba perorangan sebesar 93%, uji coba kelompok sebesar 94,19%, dan uji coba terbatas 98,92%. (3) Produk ini berhasil dalam meningkatkan berpikir kritis siswa, dengan menerapkan penilaian Pretest dan Posttest yang telah diolah menggunakan rumus Paired Simple t Test dan memperoleeh nilai signifikansii sebesar 0,000 sehingga Ho ditolak, artinya terdapat perbeedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunaakan Pengembangan Lks Hots Berbasis Website Pada Tema Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa MI.


Keywords


Pengembangan Lembar Kerja Siswa HOTS, Makanan Sehat, Berpikir Kritis

References


A B Prastyo, S Gembong, T Masfingatin*, S Maharani (Mathematics Education

Alec Fisher, 2008, Berpikir Kritis, Jakarta: Erlangga.

Anderson, L.W., Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives, Complete Edition. New York: Addison Wesley Longman. Http://lianiidalutfiyati.blogspot.com.

Andrajati,NH. Anis. MB, & Mahmudi, A (2020). Development Of Online

Astuti, Danial, & Anwar, 2018, Pengembangan Lkpd Berbasis Pbl (Problem Based Learning)Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia, jurnal Volume 1 Nomor 2 Maret 2018, https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5614

Brookhart, S.M. (2010). How To Assess Higher-Order Thinking Skills In Your Classroom. United States of Amerika: ASCD Member Book.

Conklin, W., & Materials, T. C. 2012. Strategies for Developing Higher Order Thinking Skills: Grades 6-12. Shell Education.

Conny R. Semiawan, 2007. Catatan Kecil Tentang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group,)

Hendra Surya, 2011,Strategi jitu mencapai kesuksesan belajar , Jakarta: Elek Media Komputindo.

Ika Maryani dan Laila Fatmawati, 2015. Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Yogyakarta: Deepublish,).

IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering 335 (2018) 012108, doi:10.1088/1757-899X/335/1/012108

Karsono K. 2017,The Effect Of Using Hots-Based Student Worksheet On Motivation And Learning Outcome In Science Among Students Of Junior High School, Journal education of mathematic and sience V (1) 2017, 50-57JPMS,p-ISSN:1410-1866,e-ISSN:2549-1458, DOI:Http://dx.doi.org/10.21831/jpms.v5il.13540

Khusnul Fajriyah, Ferina Agustini, Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sd Pilot Project Kurikulum 2013 Kota Semarang, jurnal Elementary School 5 (2018) 1-6, Volume 5 nomor 1 Januari 2018, p-ISSN 2338-980X, , e-ISSN 2502-4264.

M. Agus T, N, Aisyah, dan E Kurniadi didalam judul thesisnya “Developing of Student Worksheets HOTS-Based for System of Two Variables Linear Equation Learning Topic in Junior High School”Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 422

M. Hosman, 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21,(Bogor: Ghalia Indonesia,).

M. Rizal, dkk. 2018. Development Of Student Worksheet Problem Based Learning Model To Increase Higher Order Thinking Skills. Journal of Research & Method in Education. Universitas Lampung. Volume 8 No. 2 (Mar. – Apr.)

M.Subhan, N. Oktolita. 2008. Developing Worksheet (LKS) Base on Process Skills in Curriculum 2013 at Elementary School Grade IV,V,VI ()

Maulana Arafat Lubis dan Nashran Azizan, 2019. Pembelajaran Tematik SD/MI (Implementasi Kurikulum 2013), Yogyakarta: Samudra Biru,).

Megawati, Elly Djulia, Anita Yun. 2020. Work Sheet Development through Higher Order Thinking Skills Based on Thematic Learning in 5th Grade of Primary School Britain International of Linguistics, Arts and Education (BIoLAE) Journal ISSN: 2685-4813 (Online), 2685-4805 (Print) Vol. 2, No. 1, March, Page: 436-454

Megawati, Elly Djulia, Anita Yus, 2018. Development Of Student Worksheets Based On Science Process Skills To Improve High Order Thinking On The Environment Theme Of Our Friend In Elementary School In 15 Sub District Percut Sei Tuan, Kemajuan dalam Ilmu Sosial, Pendidikan dan Penelitian Humaniora, volume 200, Seminar Internasional Tahunan ke-3 tentang Pendidikan Transformatif dan Kepemimpinan Pendidikan (AISTEEL)

Mohammad Ali & Muhammad Asrori, 2014. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan,(Jakarta: PT Bumi Aksara,).

Naila Ifana K. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas Iv Di Mi Raudlatul Ulum Karangploso Malang.Skripsi.

Naila Saidah, dkk. 2014. Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning Melalui Lesson Study Tema Ekosistem dan Pelestarian Lingkungan. (Unnes Science Education Journal,).

Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. ( Bandung: Remaja Rosdakarya.hal 220)

Noor Suhaily.M. Muh.Sani. A, Abdul Halim. A, Syarifah Osman, Mohd. Hilmi H, A.Fauzan, 2020,Enhancing Students’ Higher-Order Thinking Skills (HOTS) Through An Inductive Reasoning Strategy Using Geogebra, Vol. 15, No. 3, https://doi.org/10.3991/ijet.v15i03.9839

Nuraini N, Sri. L, Higher Order Thinking Skills (Hots)-Based Students’ Worksheets In Thermodynamics Materials, Indonesian Journal of science and Mathematics education ISSN: 2615-8639 Vol 03 (1) (2020) 87-95, DOI: 10.24042/ijsme.v3il.6082, https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index.

Permendikbud Republik Indonesia No 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Menengah Jakarta: Dikdas dan Dikmen. International Conference on Progressive Education (ICOPE 2019).

Punaji Setyosari, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan (Jakarta : Pranamedia Group,).

Ridwan, A. 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thingking Skill ), Tanggerang: Tira Smart

Simbolon,U.S,DKK, 2020,Work Sheet Development through Higher Order

Simbolon.US, Ansari K, Simbolon,N. Work Sheet Development through Higher Order Thinking Skills Based on Thematic Learning in 5th Grade of Primary School, Britain Internasioanal of Linguistics, Arts and Education Sciences-Journal-E-ISSN:2685-4813,P-ISSN:2685-4805, http://biarjournal.com/index.php/biolae.DOI: https://doi.org/10.33258/biolae.v2il.214

Study Program, University of PGRI Madiun, Jl. Setiabudi No. 85 Madiun 63118, Indonesia ), 2020. HOTS Android-Based student worksheets to practice creative thinking ability of vocational school students, The 1st International Conference on Education and Technology (ICETECH) 2019, IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1464, 012006 doi:10.1088/17426596/1464/1/012006

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan (Bandung, Alfabeta,).

Suharsimi,Arikunto. 2006. Prosedur Peneliti Suatu Tindakan Praktik. (Jakarta:Rineka Cipta).

Thematic Teaching Materials Based On High Order Thinking Skills (HOTS) Subtema Wealth Of Energy Sources In Indonesia. IJIS Edu :Indonesian J. Integr. Sci. Education 2(2), 152-161, DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v2i2.3427, http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu

Thinking Skills Based on Thematic Learning in 5th Grade of Primary School. Britain International of Linguistics, Arts and Education (BIoLAE) Journal ISSN: 2685-4813 (Online), 2685-4805 (Print) Vol. 2, No. 1, March .

Yuberti, 2016. Penelitian dan Pengembangan yang Belum Diminati dan Perspektifnya Kompilasi Artikel,.

Zainal Arifin, 2012. Model Penelitian dan Pengembangan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ifa zuhria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id