RESILIENSI SEBAGAI PENDUKUNG KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR
Abstract
Kesiapan anak masuk sekolah dasar merupakan kondisi yang harus menjadi perhatian oleh orang tua dan guru pendidikan anak usia dini. Bila anak siap untuk masuk sekolah dasar, maka akan berdampak pada penyesuaian diri anak, kemampuan berinteraksi, juga prestasi akademis di sekolah. Salah satu aspek penting yang perlu dimiliki anak agar siap masuk ke sekolah dasar adalah resiliensi atau kemampuan untuk bertahan pada saat menghadapi permasalahan dan kesulitan. Artikel ini memberikan pandangan mengenai kesiapan anak dalam memasuki pendidikan selanjutnya dilihat dari aspek resiliensi. Ulasan resiliensi sebagai kesiapan anak memasuki pendidikan tingkat lanjut merupakan sebuah hal yang menarik, karena resiliensi dirasakan semakin dibutuhkan dalam pemenuhan kesiapan anak memasuki pendidikan formal, mengingat persaingan dan tekanan yang semakin banyak dihadapi anak di sekolah. Penulisan artikel menggunakan kajian literatur dengan mengumpulkan berbagai referensi terkait dengan resiliensi dan kesiapan anak masuk sekolah untuk dibahas lebih lanjut. Hasil yang ditemukan adalah bahwa kasih sayang, komunikasi, empati serta dukungan yang tepat diberikan oleh orang dewasa dan menempatkan anak pada sekolah dengan iklim yang kondusif, serta adil akan menumbuhkan dan meningkatkan resiliensi pada anak. Dengan resiliensi yang baik, maka anak menjadi tangguh dalam menghadapi tantangan yang ditemui pada lingkungan sekolah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aboud, F. E., & Hossain, K. (2011). The impact of preprimary school on primary school achievement in Bangladesh. Early Childhood Research Quarterly, 26(2), 237–246.
Ana Setyowati, Sri Hartati, dan Dian Ratna Sawitri. 2010. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Resiliensi Pada Siswa Penghuni Rumah Damai. Jurnal Psikologi Undip Vol. 7, No. 1, April 2010.
Anderson, R. E. (2018). And still WE rise: Parent–child relationships, resilience, and school readiness in low-income urban Black families. Journal of Family Psychology, 32(1), 60.
Bethell, C. D., Newacheck, P., Hawes, E., & Halfon, N. (2014). Adverse childhood experiences: assessing the impact on health and school engagement and the mitigating role of resilience. Health Affairs, 33(12), 2106–2115.
Britto, P. R., Lye, S. J., Proulx, K., Yousafzai, A. K., Matthews, S. G., Vaivada, T., Perez-Escamilla, R., Rao, N., Ip, P., & Fernald, L. C. H. (2017). Nurturing care: promoting early childhood development. The Lancet, 389(10064), 91–102.
Bruwer, M., Hartell, C., & Steyn, M. (2014). Inclusive education and insufficient school readiness in Grade 1: Policy versus practice. South African Journal of Childhood Education, 4(2), 18–35.
Bucci, M., Marques, S. S., Oh, D., & Harris, N. B. (2016). Toxic stress in children and adolescents. Advances in Pediatrics, 63(1), 403–428.
Cates, C. B., Weisleder, A., & Mendelsohn, A. L. (2016). Mitigating the effects of family poverty on early child development through parenting interventions in primary care. Academic Pediatrics, 16(3), S112–S120.
Deliviana, E. (2017). Mempersiapkan anak masuk sekolah dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(2), 119–133.
Erkan, S., & Kirca, A. (2010). A STUDY ON THE EFFECTS OF PRESCHOOL EDUCATION ON PRIMARY FIRST GRADERS’SCHOOL PREPAREDNESS.
Fava, G. A., & Tomba, E. (2009). Increasing psychological well‐being and resilience by psychotherapeutic methods. Journal of Personality, 77(6), 1903–1934.
Felitti, V. J., & Anda, R. F. (2010). The relationship of adverse childhood experiences to adult medical disease, psychiatric disorders, and sexual behavior: Implications for healthcare. The Impact of Early Life Trauma on Health and Disease: The Hidden Epidemic, 77–87.
Fony, Fidelis Waruwu, dan Lianawati. 2006. Resiliensi dan prestasi akademik pada anak tuna rungu. Journal Provitae, 2(1), 34-40.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education.
Grothberg, E. 1999. Countering depression with the five building blocks of resilience. Reaching Today's Youth. 4. 1. 66-72.
Grotberg, E. H. (2003). Resilience for today: Gaining strength from adversity. Greenwood Publishing Group.
Herdiyanti, E., Novianti, R., & Puspitasari, E. (2018). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Resiliensi Pendidik TK di Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.1988
High, P. C., & Committee on Early Childhood and Dependent Care and Council on School Health, A. (2008). School readiness. Pediatrics, 121(4), e1008–e1015.
Holliday, M. R., Cimetta, A., Cutshaw, C. A., Yaden, D., & Marx, R. W. (2014). Protective factors for school readiness among children in poverty. Journal of Education for Students Placed at Risk (JESPAR), 19(3–4), 125–147.
Jackson, R dan Watkin, C. 2004. Seven essential skills for overcoming life’s obstacles and determining happiness. Selection dan Development Review, Vol. 20, No. 6, December 2004
Kokkalia, G., Drigas, A., Economou, A., & Roussos, P. (2019). School Readiness from Kindergarten to Primary School. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(11).
Mariyati, L. I. (2017). Usia dan jenis kelamin dengan kesiapan masuk sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMG, Halaman, 331–334.
Mashburn, A. J., & Pianta, R. C. (2006). Social relationships and school readiness. Early Education and Development, 17(1), 151–176.
Maulana, R. A., Kurniati, E., & Yulindrasari, H. (2020). APA YANG MENYEBABKAN RENDAHNYA KEBERADAAN GURU LAKI-LAKI DI PAUD? Jurnal Ilmiah Visi, 15(1), 23–32.
Morrison, G. S. (2007). Early childhood education today (13th ed.). Pearson Education Inc.
Novianti, R. (2018). Orang Tua sebagai Pemeran Utama dalam Menumbuhkan Resiliensi Anak. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 7(1), 26–33.
Novianti, R., & Maria, I. (2020). Pendidikan Keorangtuaan (p. 118). Ellunar.
Pianta, R. C., & Cox, M. J. (1999). The Transition to Kindergarten. A Series from the National Center for Early Development and Learning. ERIC.
Raisa, A. E. 2016. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Resiliensi Pada Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iia Wanita Semarang. Jurnal Empati. 5(3), 537-542
Rojas, L. F. (2015). Factors affecting academic resilience in middle school students: A case study. Gist: Education and Learning Research Journal, 11, 63–78.
Syahria Nur Jannah dan Rohmatun. 2018. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Resiliensi Pada Penyintas Banjir Rob Tambak Lorok. Proyeksi, Vol. 13 (1) 2018, 1-12
Wang, J., Elicker, J., McMullen, M., & Mao, S. (2008). Chinese and American preschool teachers’ beliefs about early childhood curriculum. Early Child Development and Care, 178(3), 227–249.
Wagnild, Gail. M. & Young, Heather. M. 2002. The Resilience Scale. Diambil kembalidari https://hr.un.org/sites/hr.un.org/files/The%20Resilience%20Scale %20%28Wagnild%20%26%20Y oung%29_0.pdf
Wiela dan Henny E. Wirawan. 2009. Gambaran Resiliensi Pada Individu Yang Pernah Hhidup Di Jalanan. Jurnal Sosial & Humaniora, Vol. 2, No.
Williams, P. G., Lerner, M. A., Sells, J., Alderman, S. L., Hashikawa, A., Mendelsohn, A., McFadden, T., Navsaria, D., Peacock, G., & Scholer, S. (2019). School readiness. Pediatrics, 144(2).
Winter, S. M., & Kelley, M. F. (2008). Forty years of school readiness research: What have we learned? Childhood Education, 84(5), 260–266.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8642
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ria Novianti, Sabrina Sabrina, Tri Umari, Titi Maemunaty, Aswandy Bahar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id