PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FEATURE VIDEO BERBASIS ADOBE PREMIERE PRO PADA TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN 4 KELAS V SEKOLAH DASAR

Liana Parhana, Ana Nurhasanah, Ratna Sari Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap media pembelajaran feature video berbasis Adobe Premiere Pro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (anlysis, design, development, implementation, and evaluation). Sampel penelitian adalah siswa kelas V C yang dipilih dengan  teknik Sampling Purposive. Metode pengumpulan data berupa koesioner, observasi, dan dokumentasi. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis feature vidio berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba kepada siswa melaui angket. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan berdasarkan uji yang dilakukan oleh ahli materi sebesar 91,4% dengan 14 butir aspek penilaian, ahli media sebeser 95,7% dengan 14 butir aspek penilaian, ahli bahasa sebesar 93,3% dengan 9 butir aspek penilaian, serta respon siswa untuk pertanyaan ke-1 sebesar 82,35%, pertanyaan ke-2 sebesar 85,29%, pertanyaan ke-3 sebesar 100%, pertanyaan ke-4 sebesar 91,18%, pertanyaan ke-5 sebesar 82,35%, dan pertanyaan ke-6 sebesar 100%. Berdasarkan penilaian uji ahli dan uji coba tersebut maka pengembangan media pembelajaran feature video berbasis adobe premiere pro pada tema organ gerak hewan dan manusia kelas V di SD Negeri Sanding 2 sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

 


Keywords


media pembelajaran, feature video, adobe premiere pro, organ gerak hewan dan manusia

References


Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press

Karsono, dkk. (2018). The Effect of Feature Video on the Ability of Pre-Service Teacers to Appreciate Indonesian Tradisional Arts, Jurnal Indria, 3 (3): 198.

Mardiana, H. (2019), Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Feature Vidio dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri Pagerwojo, Ilmu-Ilmu Sosial, 16 (2): 90

Marhani, dkk. (2017). Pengembangan Media Video untuk Perolehan Belajar Konsep Norma-Norma Kehidupan pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6 (2): 3.

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Muttaqin, EN. & Purnama, BE. (2012). Analisa dan Perancangan Sistem Komputerisasi Pembelajaran dengan Media Video menggunakan Software Adobe Premiere di SMK Wisudha Karya Kudus, Jurnal Speed, 4(1): 96

Nurrita, T. ((2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Misykat, 3 (1): 176

Pradita. (2017). Pengaruh Kompensasi, Gaya Kepembipinan, dan Karakteristik Tenaga Pemasar terhadap Kinerja Tenaga Pemasar pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Jombang, Jurnal Bisbis dan Manajemen, 4:2.

Septikasari, R., & Frasandy, RN. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar, Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8 (2): 108.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, SN. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD, Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1): 45.

Suryani, N, dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Rizqy, MG. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Feature Video dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII SMP Negeri 2 Demak. Tersedia pada https://lib.unnes.ac.id/20509/1/1102411007-s.pdf. Diakses pada tanggal 29 Desember 2020

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Widodo, AP. (2018). Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Susilana, R., & Riyana, C. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: CV: Wacana Prima

Widodo, AP. (2018). Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Zaini, MS. & Nugraha, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Oerkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9 (2): 35.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Liana Parhana, Liana Parhana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id