IMPLIKASI SUPERVISI PENGAWAS SEKOLAH MELALUI DARING DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN ROKAN HILIR

Srimulyati Srimulyati, Zulfan Saam, Sri Kartikowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan : 1) perencanaan supervisi pengawas sekolah melalui daring di Sekolah Dasar Kabupaten Rokan Hilir, 2) pelaksanaan supervisi pengawas sekolah melalui daring di Sekolah Dasar kabupaten Rokan Hilir, 3) evaluasi hasil supervisi pengawas sekolah melalui daring di Sekolah Dasar kabupaten Rokan Hilir. Jenis penelitian dan jenis data berupa deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumen secara online. Informan/subjek dalam penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian  supervisi daring dilakukan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, Google Form dan Zoom yaitu 1) Perencanaan supervisi pengawas sekolah melalui daring diperoleh capaian keberhasilan dengan  rata-rata 77% kategori ‘Cukup’. 2) Pelaksanaan supervisi pengawas sekolah melalui daring  dilakukan mulai tanggal 8 September sampai 11 September 2021 dengan tingkat keberhasilan diperoleh rata-rata 81% dengan kategori ‘Baik” 3) Evaluasi hasil supervisi pengawas sekolah melalui bahwa guru sebagian sudah mampu melakukan aktivitas kegiatan pendahuluan, inti dan penutup dengan baik, sesuai dengan sistematika yang ditetapkan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah supervisi pengawas sekolah melalui daring di Sekolah Dasar Kabupaten Rokan Hilir sudah baik sesuai dengan kriteria dan sistematika yang ditetapkan, perlunya penguasaan teknologi dalam penggunaan aplikasi WhatsApp, Google Form dan Zoom, baik guru, kepala  sekolah maupun pengawas sekolah.

 

 


Keywords


Supervisi, Pengawas Sekolah, Daring

References


Abdul, M. J. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4,0. Yogyakarta: Laksana.

Aguslani, R. (2018). Supervisi Pendidikan Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arianto, D. (2019, Maret 21). Cara Membuat Kuesioner Do Google Form. Retrieved Maret 16, 2021, from Altera Bills: bills.altera.id/cara-membuat-Google-form/

Asep Kurniawan, M. (2019, Desember). Impelementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri). TAWAZUN, 12(2), 215-224.

Bambang Ismanto, P. (2020, November 13). Model Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Supervisi Akademik Berbasis WEB. Refleksi Edukatika, 11(1), 70-78.

Budi. (2021). Pendidikan dan manajemen (Analisis Kepemimpinan Kepala Madrasah). Medan: Pusdikra Mitra Jaya.

Daryanto dan Tutil Rachmawati. (2015). Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Peneribit Gava Media.

Dina Martha Tiraswati, U. (2019). Pengawas Abad 21, Peranan Pengawas Sekolah di Era Revolusi Industri 4.0. Bogor: Cakrawala Milenia Jaya.

GuruPendidik. (2021, Januari 10). Pengertian Implikasi. Retrieved Januari 20, 2021, from GURUPENDIDIK.COM: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-implikasi/

I Made Sudana, R. W. (2017, Desember 20). Efektivitas Model Supervisi Akademik Online pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Educational Management, 6(2), 94-99.

Jefri, Y. (2021, Januari 27). Google Meet : Pengertian, Cara menggunakan, dan keunggulan. Retrieved Maret 17 Maret, 2021, from Dewaweb: https://www.dewaweb.com/blog/cara-pakai-Google-meet

Jon Darmawan, A. d. (2021). Praktik Baik Masa Pandemi. Sukabumi, Jawa Barat: CV Jejak, anggota IKPI.

Kasmawati. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Form Dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik di Masa Pandemi Covid-19 pada Sekolah Binaan di Kabupaten Takalar. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1(2), 142-147.

KBBI. (2015 ). Arti Kata "implikasi" Menurut KBBI. Retrieved Januari 20, 2021, from badanbahasa.kemdikbud: http://kbbi.co.id/arti-kata/implikasi

Kemdikbud. (2016 ). Modul Pengawas Sekolah Pembelajar Supervisi Akademik. Jakarta: Dirjen GTK.

Kemdikbud. (2017 ). Panduan Kerja Pengawas Sekolah Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Direktorat Pembinaan GTK.

Kemdikbud. (2017). Panduan Supervisi Akademik Bagi Kepala Sekolah. Jakarta: Dirjen GTK.

Kemdikbud. (2018). Pengelolaan Supervisi Manajerial. Jakarta: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan, Dirjen GTK, Kemendikbud.

Kemdikbud. (2019). Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru (MPPKS-PKG). Jakarta: Dirjen GTK.

Kemdikbud Dirjen Pendidikan Anak usia Dini, P. D. (2020). Instrumen Supervisi Keterlaksanaan Belajar Dari Rumah. Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud, L. (2020). Panduan Kerja Pengawas Sekolah di Masa Pandemi Covid-19. Jakarrta: LPPKSPS.

Ketut, J. (2021). Era Revolusi Industri 4.0 dan Paradigma Baru Kepala Sekolah. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Kochhar. (2011). School Administration and Management. India: Printed In India.

Lian Agustina Setiyaningsih, M. M. (2020, November). Intensitas, Kualitas, Derajat Relevansi Supervisi Akademik Dalam meningkatkan Guru Madrasah di Era Teknologi Komunikasi. Tadbir, 4(2), 233-254.

Mahmud, H. (2015). Administrasi Pendidikan (Menuju Sekolah Efektif ). Makasar Sulawesi Selatan: Aksara Timur.

Makhdalena, L. R. (2019, Desember). Pengaruh Supervisi Integritas Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Se- Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. JUMPED, 7(2), 207-215.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. (C. Anwar, Ed.) Sidoarjo, Jawa Timur: Zifatama.

Mayasari, D. (2020). Program Perencanaan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Muhammad Hasan, d. (2021). Telaah Kurikulum : Teori dan Pengembangannya. Jakarta: Tahta Media Group.

Prilianti, R. (2019). Model supervisi Akademik berbantuan Elektronik bagi Pengawas Madrasah di provinsi Jawa Tengah. UNNES, 671-682.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Srimulyati Srimulyati, Zulfan Saam, Sri Kartikowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id