PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DI SDN 20 RUPAT

Rosmita Rosmita

Abstract


Jenis penelitian berupa penelitian tindakan sekolah yang dilakukan oleh kepala sekolah menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang menjelaskan dan menggambarkan hasil penelitian yang sesuai dengan fakta yang ditemukan. Tempat penelitian dilakukan di SDN 20 Rupat, dengan subjek penelitian adalah guru yang mengajar di SDN 20 Rupat. Hasil penelitian yang ditemukan adalah meningkatnya keterampilan guru dalam mengajar dan meningkatnya aktivitas guru ketika pembelajaran setelah beberapa tindakan yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru. Data hasil analisis observasi keterampilan mengajarar guru, rata-rata persentase keterampilan mengajar guru sebesar 79.4%, pada indikator keterampilan membuka dan menutup pelajaran ditemukan data persentase sebesar 75.5%, pada indikator keterampilan bertanya ditemukan data sebesar 82%, pada indikator keterampilan memberikan penguatan terhadap siswa didapat persentase sebesar 80.5%, pada indikator keterampilan mengadakan variasi pembelajaran didapat persentase 86.8%, kemudian pada keterampilan menjelaskan pelajaran didapat persentase sebesar 78.6%, selanjutnya pada indikator keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil didapat persentase sebesar 81.5%, selanjutnya pada keterampilan mengelola kelas didapat persentase sebesar 78%, dan pada keterampilan mengajar individu didapat persentase sebesar 72.6%. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru di SDN 20 Rupat sudah dapat dikategorikan baik, sehingga dengan membaiknya keterampilan guru dalam mengajar baik pula hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan keberhasilan pembelajaran.

 


Keywords


keterampilan mengajar, peran kepala sekolah

References


Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta

Anas Sudijono, (2004).Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Arikunto, Suharsimi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Chan, S., & Yuen, M. (2014). Creativity beliefs, creative personality and creativity fostering practices of gifted education teachers and regular class teachers in Hong Kong. Thinking Skills and Creativity, 14, 109–118.

Danim S. (2010). Inovasi pendidikan dalam upaya meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan, Bandung: pustaka setia.

Fanani, Z. (2013). “Instrumen Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dasar”. Disertasi Doktor, tidak Ditebitkan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Imron, Ali. (2008). Penelitian tindakan sekolah bagi pengawas dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tenaga Kependidikan Edisi Nomor 2 tahun 2008. Jakarta: Direktorat Tendik, Ditjen Mutendik, Depdiknas.

Mulyasa. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Ma’mur, A. (2012). Tips menjadi kepala sekolah profesional, Jogjakarta: diva press.

Purwanti, S. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Eningkatkan Disiplin Kerja Guru Dan Pegawai Di Sma Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. eJournal Administrasi Negara. 1(1), 210-224.

Purwanto, N. (2002). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Rusmawati, V. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Pada SDN 018 Balikpapan. E-Journal Administrasi Negara. 1(2), 395-409.

Usman, U. (2011). Menjadi guru profesional jakarta: rosdakarya. UU RI No. 20 th. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan penjelasannya. Bandung: citra umbara

Usman, U. (2007). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rosmita Rosmita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id