PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL KOMIK CELESTIAL OBJEK UNTUK MEMFASILITASI MINAT BACA SISWA KELAS VI SD
Abstract
Artikel ini melaporkan sebuah penelitian pengembangan komik digital materi mengenal benda-benda angkasa untuk memfasilitasi minat baca siswa kelas VI sekolah dasar. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development), dengan menggunakan model ADDIE, Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Data diperoleh dengan menggunakan angket atau kuesioner. Subjek penelitian melibatkan siswa kleas VI SD Negeri 96 Pekanbaru. Hasil validasi yang dilakukan oleh validator terhadap media komik digital yang terdiri dari 6 aspek penilaian mendapatkan skor rata-rata 94,37% dengan kategori sangat valid. Hasil dari uji coba terbatas diperoleh skor rata-rata 93,16% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa komik digital materi mengenal benda-benda angkasa untuk memfasilitasi minat baca siswa kelas VI sekolah dasar layak digunakan untuk media pembelajaran di sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aggleton, Jen. (2018). Defining Digital Comic : a British Library Perspective. Journal of Graphic Novels and Comic, DOI:10.1080/21504857.2018.1503189.
Alim, J A, Sari, I. K., Alpusari, M., Sulastio, A., Mulyani, E. A., Putra, R. A., & Hermita, N. (2020). Interactive Multimedia Development on KPK and FPB Material. Journal of Physics: Conference Series, 1655, 012090. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1655/1/012090
Alim, Jesi Alexander, Fauzan, A., Arwana, I. M., & Musdi, E. (2020). Model of Geometry Realistic Learning Development with Interactive Multimedia Assistance in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1471(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1471/1/012053
Ameliola, S., & Nugraha, H.D. (2013). Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi. In International Conference On Indonesian Studies “Ethnicity And Globalization.
Budiyono. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan , 6(2), 300-3-9.
Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran di era revolusi industri 4.0.1-6.
Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Hermita, N., Gusti, P. M., Alim, J. A., Putra, Z. H., Wijaya, T. T., & Talib, C. A. (2021). Developing Digital Interactive on Heat Transfer Concept for Elementary Students. 2021 IEEE International Conference on Educational Technology (ICET), 57–61.
Hermita, N., Ningsih, H. S., Alim, J. A., Alpusari, M., Putra, Z. H., & Wijaya, T. T. (2020). Developing Science Comics for Elementary School Students on Animal Diversity. Solid State Technology, 63(1s).
Hidayah, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Mi Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1).
Jalinus, J., & Alim, J. A. (2019). Quality Review of Computer Based Interactive Mathematics Learning Media on Geometry Topics in Flat Fields for Elementary Students. Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences, 397–407.
Nurlatipah, N., Juanda, A., Maryuningsih, Y. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains yang Disertai Foto Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN N 2 Sumber Pada Pokok Bahasan Ekosistem. Scientiae Educatia Volume 5 Nomor 2 Tahun 2015.
Pramadi, P. W. Y., Suastra, W., Candiasa, M. (2013). Pengaruh Penggunaan Komik Berorientasi Kearifan Lokal Bali Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika. E –Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA Volume 3 Tahun 2013.
Pribadi, B. A. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Dian Rakyat.
Putra, Z. H., Hermita, N., Alim, J. A., Keguruan, F., & Riau, U. (2021). Analisis Pengetahuan Matematika , Didaktika , dan Teknologi Calon Guru Sekolah Dasar Menggunakan Rasch Model Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 10(September), 345–356.
Safitri, N., Alim, J. A., Noviana, E., Ibrahim, B., & Hermita, N. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI FPB DI SEKOLAH DASAR. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(2), 118–139.
Sanjaya, Wina. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Suhandi, Andi, dkk. (2007). Konsep Dasar Bumi dan Antariksa. Bandung : UPI PRESS
Suryono, I. (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tatalovic, M. 2009. Science Comic as Tools For Science Education and Communication : a Brief, Exploratory Study. Journal of science communication. 8 (4) : 1-17
Widyawati, Ani., Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan Media Komik IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Peserta Didik SMP. Jurnal Inovatif Pendidikan IPA, Volume 1 – Nomor 1, April 2015.
Wijaya, T. T., Li, L., Hermita, N., Putra, Z. H., & Alim, J. A. (2021). Helping Junior High School Student to Learn Fibonacci Sequence with Video-Based Learning. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(11), 183–191. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i11.23097.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8618
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nurhayatun husna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id