KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU DAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN 16 RUPAT

Syahrial Syahrial

Abstract


Penelitian tindakan sekolah merupakan salah satu penelitian yang dilakukan oleh kepala sekolah yang bertujuan untuk memperbaiki serta meningkatkan mutu pendidikan disekolah yang dipimpinya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru dan mutu pendidikan di SDN 16 Rupat. Tempat penelitian dilakukan di SDN 16 Rupat, subjek penelitian yaitu guru-guru yang mengajar. Hasil penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru dan mutu pendidikan, dapat dikatakan kepemimpinan yang dilakukan kepala sekolah sudah berhasil diterapkan. Data hasil analisis observasi kinerja guru dalam proses pembelajaran pada aitem kedisiplinan didapat persentase sebesar 87%, selanjutnya pada aitem prestasi kerja didapat persentase sebesar 80.2%, selanjutnya pada aitem 75.4%, kemudian pada aitem ketaatan terhadap aturan didapat persentase sebesar  77.2%, dan pada aitem tanggung jawab didapat persentase sebesar 70.2%. dapat dilihat secara keseluruha rata-rata peningkatan kinerja guru didapat persentase sebesar 77.9%, dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah sudah efektif terhadap peningkatan kinerja guru dan mutu pendidikan di SDN 16 Rupat.

 


Keywords


kinerja guru, mutu pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah

References


Anas Sudijono, (2004).Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Chairina, R. L., & Sularso, R. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Social Competence, Self Efficacy Dan Kinerja Perawat Pada Rumah Sakit dr. Soebandi Jember. Jurnal ISEI Jember, 5(April), 19–28.

Dakir. (2011). Mutu Pendidikan pada Perguruan Tinggi Keagamaan: Dari Manajemen Kelembagaan Hingga Konstruksi Kurikulum Interrelasi. MUADDIB:Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(1), 47–66.

Dharma, S. (2011). Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Fathorrazi, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Implementasi Dan Pengembangan Kurikulum 2013. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 56–63.

Hamdan, Y. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kohesitivas Kelompok Guru terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnah Khazanah Akademia 2, 1 39-51.

Mulyasa. (2011). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, A. P. (2006). Evaluasi kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama.

Nurmiyanti, L., & Candra, B. Y. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 13–24.

Purwanti, S. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Eningkatkan Disiplin Kerja Guru Dan Pegawai Di Sma Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. eJournal Administrasi Negara. 1(1), 210-224.

Rachmawati, Y. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru, Jurnal pendidikan ekonomi, vol 1(1), 19-28.

Rosyada, D. (2013). Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model pelibatan Masyarakat dalam Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Septiana, R. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Wonosari. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2 (1), 107-118.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Syarwani. A (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Salah Satu Faktor Penentu Keberhasilan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Deepublish

Thoha. (2010). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wijiyono, W. (2019). Hubungan Peng ambilan Keputusan dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Tangerang. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 145-154.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Syahrial Syahrial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id