STIMULASI BUKU TEMATIK SD/MI KELAS IV TEMA 3 UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA

Amikratunnisyah Amikratunnisyah, Andi Prastowo

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa sekolah dasar yang belum memiliki kemampuan membaca pemahaman dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan isi terhadap stimulasi buku ajar tematik SD./MI kelas IV tema 3 untuk menumbuhkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian analisis dokumen (documentary analysis). Dokumen yang dianalisis adalah buku ajar tematik kelas IV tema 3 edisi revisi tahun 2017 yang terdiri dari buku guru dan buku siswa. Informan utama dalam penelitian ini adalah buku guru dan buku siswa. Sedangkan objek formil dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar tematik kelas IV tema 3 sudah memuat stimulus dalam menumbuhkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Stimulasi yang terdapat dalam buku ajar tematik ini berupa perintah-perintah yang merangsang siswa agar melakukan kegiatan-kegiatan untuk mencapai kemampuan membaca pemahaman.

 


Keywords


Stimulasi, buku tematik, membaca pemahaman

References


Akhyar, Fitria. 2019.“Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dalam Kurikulum 2013 Sekolah Dasar.” Dipresentasikan pada Seminar Nasional “Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya di Era Digital,” Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sasatra Indonesia, STKIP PGRI Bandar Lampung.

Ambarita, Rahel Sonia, Neneng Sri Wulan, dan D. Wahyudin. 2021. “Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5):2336–44. doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836.

Andrea, Seka, Muhammad Sufyan Ats-Tsauri, dan Muhammad Farizal. 2020. “Analisis MAteri Pokok Bahasa Indonesia pada Buku Ajar Tematik Kelas IV Edisi Revisi 2018.” Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan 7(2):137–48. doi: 10.25134/pedagogi.v7i2.3578.

Anggari, Angi St., Afriki, Dara Retno Wulan, Nuniek Puspitawati, Lely M. Khasanah, dan Santi Hendriyeti. 2017. Peduli Terhadap Makhluk Hidup: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas IV. 4 ed. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Anggari, Angi St., Afriki, Dara Retno Wulan, Nuniek Puspitawati, Lely M. Khasanah, dan Santi Hendriyeti. 2017. Peduli Terhadap Makhluk Hidup: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas IV. 4 ed. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Belawati, Tian. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Dewi, Sinta Maria, Anggy Giri Prawiyogi, Anang Solahudin Anwar, dan Cici Sri Wahyuni. 2021. “Efektivitas Strategi Direct Reading Thingking Activities terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(1):453–55. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.786.

Faisal, dan Stelly Martha Lova. 2018. Pembelajaran Tematik di Sekolah DasarPEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR ISBN : Pengarang : Faisal, S.Pd., M.Pd. & Stelly Martha Lova, S.Pd., M.Pd. Medan: CV. Harapan Cerdas.

Fajrin, Syarah Aini, dan Tati Hernawati. 2017. “Media Komik untuk Melatih Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Tunarungu.” JASSI_Anakku 18(2):63–69.

Jannah, Raudhatul. 2016. “Pengembangan Buku Ajar Tematik Bernuansa Islami untuk Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar Islam.” MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 2(1):1–16.

Lestari, Westri Setyo, Herawati Susilo, dan Punaji Setyosari. 2017. “Pengembangan Bahan ajar Tematik untuk Siswa Kelas IV.” Jurnal Pendidikan 2(11):1469–74.

Magdalena, Ina, Nurul Ulfi, dan Sapitri Awaliah. 2021. “Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2.” EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains 3(2):243–52.

Mawaria. 2018. “Implementasi Metode SQ3R dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Mata Pelajaran Bahasa Indoensia Siswa SDN 135 Rejang Lebong.” AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar 2(2):177–92.

Menteri Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Depdiknas

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Prihatsanti, U., S. Suryanto, dan W. Hendriani. 2018. “Menggunakan Studi Kasus Sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi.” Buletin Psikologi 26(2):126. doi: https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895.

Rahayu, Risma Amalia, Arie Rakhmat Riyadi, dan Tatat Hartati. 2018. “Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Metode PQ$R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(2):48–56. doi: https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i2.14068.

Riyadi, Annisa Azhar, Pupun Nuryani, dan Tatat Hartati. 2019. “IV SD Penerapan Strategi SQ3R untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD.” Jurnal pendidikan Guru Sekolah Dasar 185–94. doi: https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i1.20658.

Santosa, Arif Ismail. 2018. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Sikap Bahasa Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman.” Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 6(2). doi: http://dx.doi.org/10.30659/j.6.2.91-103.

Santosa, Puji. 2010. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Universitas terbuka.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syafi’ie, Imam. 1999. Pengajaran Membaca di Kelas-Kelas awal Sekolah Dasar. Malang: UNM.

Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun Pusat Bahasa Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8612

Refbacks



Copyright (c) 2022 Amikratunnisyah Amikratunnisyah, Andi Prastowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id