PERAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT PAGUYUBAN PEMUDA LITERASI GLOBAL (TBM PPLG) TERHADAP MINAT BACA ANAK USIA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Taman Bacaan Masyarakat Paguyuban Pemuda Literasi Global (TBM PPLG) terhadap Minat Baca Anak Usia Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2021-2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif serta subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak usia sekolah dasar di TBM PPLG. Pengumpulan data ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) TBM PPLG mendorong minat baca anak-anak usia sekolah dasar. 2) Bahan bacaan yang beragam, sarana, prasaran yang menunjang dan program menarik dirasa sudah mampu mendorong minat baca masyarakat khususnya anak usia sekolah dasar, serta didukung oleh peran orang tua dalam menumbuhkan minat baca terhadap anak usia sekolah dasar dengan membiasakan membaca buku di rumah. Kemudian saran bagi Pengurus dan Relawan TBM PPLG diharapkan dapat meluangkan waktunya untuk mengikuti setiap kegiatan TBM PPLG, hal tersebut guna mengoptimalkan dan menuntaskan buta aksara serta dapat memaksimakan dalam mendorong minat baca kepada anak-anak usia sekolah dasar maupun warga binaan TBM PPLG . Untuk menuntaskan buta aksara kepada anak-anak usia sekolah dasar dan warga binaan TBM PPLG sebaiknya lebih diperhatikan lagi dan lebih dikhususkan lagi ruang belajar bagi anak-anak yang belum bisa membaca, hal tersebut guna mengoptimalkan pengajaran serta diperlukannya metode pembelajaran mengenai membaca permulaan misalnya dengan mengajarkan metode membaca permulaan Persuku Kata, Metode Kata, Metode SAS (Structural, Analyical, Syntatic), Metode Kalimat/Global (Syntaxis Method).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Rachman, A. Dkk. (1996). Minat Baca Murid SD di Jawa Timur. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.
Al-Hasyim, S. F. Z. (2011). Peran pembimbing dalam menanamkan norma-norma kehidupan bagi warga binaan sosial asuhan anak putra utama 6 Cengkareng.
Alsa, A. (2007). Pendekatan Penelitian Kualitatif & Kuantitatif serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Amrin, (2011). Cara Praktis Merintis dan Mendirikan Taman Bacaan Masyarakat. Medan: Pustaka TBM MRD.
Arikunto, S. (1983). Dasar-dasar evaluasi pendidikan, prosedur Penulisan Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bina Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jendral Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda. Direktorat pendidikan Masyarakat. 2003. Pedoman Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Deshmukh, P. P. (2011). Citations in Annals of Library and Information Studies during 1997 to 2010: A study.
Dewi Resmita Corinna. 2010. Peran Serta Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Modal Dasar Terwujudnya Surabaya Sebagai Kota Baca Dalam Memasuki Era Globalisasi. Surabaya. (dalam digitallibrary.surabaya.go.id) diakses tanggal 10 Maret 2016.
Dowson, Mildred A. Dan Henry A. Bamman. (1960). Fundamentals of Basic Reading Instruction. New York: Longmans, Green And Co.
Farizal, S. 2011. Tinjauan Pustaka. Unila (dalam digilib.unila.ac.id/85/8/BAB%2011.pdf) diakses tanggal 14 Mei 2016.
Friedman, M. Marilyn. (1998). Keperawatan Keluarga: Teori dan Praktek. Jakarta: E.G.C.
Hamid, M. (2010). Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta: Djambatan.
Hidayanto, Juniawan. 2013. Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat Area Publik Di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Skripsi.
Hurlock. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Ed. 5. Jakarta: Erlangga.
Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan media visual dalam menunjang pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Jurnal pendidikan jasmani indonesia, 3(1).
John M. Echols & Hassan Shadily. (2006). Kamus Bahasa Inggris. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kalida, M. (2014). TBM PKBM: Model dan Strategi Pengembangannya. Yogyakarta: Cakruk Pulishing. Kalida.
Kementrian Pendidikan Nasional Dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal. Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat. 2012. Petunjuk Teknis dan Pengelolaan Bantuan Perluasan Dan Penguatan Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Maleong, L. J. (2007). The Methods of Qualitative Research. Revision Edition. Rosdakarya Teenager: Bandung.
Moleong, L. J. (2010). Methodology of Qualitative Research. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyani, I. P. (2016). Peran taman bacaan masyarakat cerdas dalam meningkatkan minat belajar masyarakat di desa wringinagung kecamatan doro kabupaten pekalongan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Murniati, Endyah. (2012). Pendidikan dan Bimbingan Anak Kreatif. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Patton, Michael. (2009). Metode Evaluasi Kualitatif. Jogjakarta: Pustaka Belajar.
Rankin, E. F. (1963). Reading test performance of introverts and extroverts. In Twelfth Yearbook of the National Reading Conference (pp. 158-60). National Reading Conference, Inc.
Slameto. (1987). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Salatiga: Bina Aksara.
Smith, Dora V., (1960). Developinv a Love of Good Reading dalam Robert C. Pooleey Editor Appletion Perspective on English. New York: Century Crofts, Inc.
Soekanto, Soerjono. (2002). Teori Peranan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2006). metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Supariasa, (2013). Pendidikan & Konsultasi Gizi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Sutarno NS. (2006). Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Smira Media Utama.
Sutarno, N. S. (2008). Perpustakaan Dan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Tahmidaten, Lilik dan Wawan Krismanto, (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia(Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Jurnal Elektronik Univeritas Kristen Satya Wacana (UKSW).
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8600
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Haerotun Nufus, M Taufik, Istinganatul Ngulwiyah, Sundawati Tisnasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id