PERSEPSI SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP KEGIATAN LITERASI MEMBACA DENGAN METODE READ ALOUD: UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA

Neneng Sri Wulan, Wulandari Wulandari, Dwi Anisa Haftani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan membaca bagi siswa sekolah dasar sebagai fondasi untuk memahami berbagai materi pelajaran, khususnya kemampuan dalam memahami isi bacaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melakukan kegiatan membaca dengan metode read aloud. Read aloud adalah kegiatan membacakan nyaring yang dilakukan orang tua atau guru kepada anak. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan dan persepsi siswa terhadap metode read aloud. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan metode penelitian deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data berupa angket dan studi dokumen. Responden pada penelitian ini adalah 44 siswa kelas I sekolah dasar plus di Kabupaten Purwakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan tergolong baik dengan rata-rata 79,76. Siswa dapat memahami tokoh, isi cerita, konflik, alur, latar, sudut pandang, dan amanat. Persepsi  siswa terhadap kegiatan read aloud adalah baik atau positif. Sebanyak 44 siswa menyukai kegiatan membacakan nyaring. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa metode Read Aloud dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan dalam literasi membaca yang dapat memberikan dampak yang baik bagi siswa sekolah dasar.


Keywords


Read Aloud, Kemampuan Membaca Anak SD

References


Anum Sahara, Syamsul Bahri, Nira Erdiana. (2018). The Use of Reading Aloud in Teaching Reading Comprehension. Research in English and Education (READ), 3(2), 112-117.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Depok: Rajagrafindo Persada.

Ernalis, D Syahrudin, Yunus Abidin. (2015). Optimalisasi Penerapan Model Pembelajaran Reading Aloud With Comprehension (RAC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Eduhumaniora, vol. 7, no. 1, doi:10.17509/eh.v7i1.2783.

Hanh, M. L. (2002). Reconsidering read-aloud. Portland: Stenhouse Publisher. Iyen Nurlaelawati, Shofa Dzulqodah. (2014). Reading Aloud Strategies in Reading English Texts. Indonesian Journal of Applied Linguistics, vol. 3 no. 2, https://doi.org/10.17509/ijal.v3i2.663.

Kundharu Sadhono dan St. Y. Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwati.

Lestari, Sri. (2018). Penerapan Metode Reading Aloud untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Negeri 03 Ngpungsari Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Semster Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal JARLITBANG Pendidikan, Volume 3 Nomor 2.

Moleong, Prof. Dr. Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. (2016). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurkaeti, Nunuy , Sani Aryanto, Yosi Gumala. (2019). READ ALOUD: AN LITERACY ACTIVITY IN ELEMENTARY SCHOOL. Journal of Elementary Education Volume 3, No. 2.

Rahim, Farida. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumiaksara.

Ratna, Prof. Dr. Nyoman Kutha. (2008). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Resmini, Novi dan Dadan Juanda. (2007). Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Bandung:UPI Press.

Shihab, Najeela & Komunitas Guru Belajar. (2019). Literasi Menggerakkan Negeri. Tangerang Selatan: Literati.

Setiawan, Roosie. (2017). Membacakan Nyaring. Jakarta: Noura Book Publishing.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trelease, Jim. (2017). The Read Aloud Handbook Membacakan Buku dengan Nyaring, Melejitkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Noura PT Mizan Republika.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Neneng Sri Wulan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id