IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS SPIRITUAL DI MASA COVID-19 MELALUI VIRTUAL CLASSROOM DI SEKOLAH DASAR ISLAM KHALIFAH KOTA SERANG

Lelianasari Lelianasari, Ujang Jamaludin Jamaludin, Reksa Adya Pribadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai implementasi pembelajaran berbasis spiritual di masa covid-19 melalui virtual classroom di sekolah dasar islam Khalifah kota Serang pada peserta didik kelas IV. Pembelajaran spiritual ialah salah satu upaya nyata terhadap implementasi pendidikan karakter yang menjadi program pemerintah. Pembelajaran berbasis spiritual di SDI Khalifah diupayakan dalam bentuk kegiatan ibadah dan penguatan perilaku terpuji yang dilakukan guru selama proses pembelajaran. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kualitatif desain studi kasus melalui teknik pengumpulan data triangulasi seperti wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan model analisis data Miles dan Huberman ialah proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran berbasis spiritual yang berlangsung di SDI Khalifah ialah adanya kegiatan ibadah dan penguatan perilaku terpuji yang berlangsung pada saat pembelajaran dalam bentuk pembiasaan dan disampaikan secara tersirat. Pembelajaran berbasis spiritual demikian diupayakan guru melalui virtual classroom jenis zoom cloud meeting.

 


Keywords


Pembelajaran berbasis spiritual, covid-19, virtual classroom.

References


Asteria, P.V. (2014). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak melalui Pembelajaran Membaca Sastra. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Djamarah, S.B.,dkk. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Renika Cipta.

Hakim, A. (2017). Doa dalam Perspektif Al-qur’an Kajian Tafsir Al-azhar. Banten: Jurnal Al-fath 01 (11) 21.

Jamaludin, U.,dkk. (2019). Investment of Islamic Based Cultural Values in Learning Social Knowledge Science. Jakarta: International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding (IJMMU) 4 (6).

Mufid, F. (2016). Spiritual Teaching dalam Membentuk Karakter Siswa di SMK Islam Tsamratul Huda Tahunan Jepara. Kudus: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 2 (11)

-273.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Peneliti Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Pahrudin, A. (2017). Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Pendekatan Teoretis dan Praktis. Bandar Lampung: Pusaka Media.

Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri. Muzakkir. (2015). Keutamaan Belajar dan Mengajarkan Al-qur’an: Metode Maudhu’i dalam Perspektis Hadis. Makassar: Jurnal Lentera Pendidikan 1 (18) 116.

Risela, D.A. (2017). Pengaruh IQ, ES, dan SQ Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Mengenai Akuntansi Kreatif. Yogyakarta: Jurnal Nominal 1 (5) 53.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lelianasari Lelianasari Lelianasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id