PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INVINITY CUBE MATERI PERPINDAHAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI II PASINDANGAN
Abstract
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dilatar belakangi dari hasil analisis kebutuhan yaitu dari observasi dan wawancara dengan guru, di salah satu Sekolah Negeri yang berada di Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran berbasis Invinity Cube materi perpindahan kalor untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis invinity cube materi perpindahan kalor untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V. 3) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis invinity cube materi perpindahan kalor untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V. Jenis penelitian yang di gunakan mengacu pada metode pengembangan Research and Development. Berdasarkan dari hasil penelitian dari hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata dari dua ahli dengan presentase 87% kategori sangat layak, uji ahli media memperoleh skor rata-rata dari kedua ahli media memperoleh presentase 80% kategori sangat layak. Media invinity cube di uji coba pada siswa kelas V dengan sampel 24 orang siswa, Uji coba lapangan dari respon siswa dari setiap aspek isi materi, kualitas tampilan media dan kebermaknaan media mendapatkan skor 91,3% kategori sangat Layak. Adapun hasil belajar siswa sebelum menggunakan media dan setelah menggunakan media observasi ke dua dari perolehan hasil pengamatan observasi setelah dilakukan proses pembelajaran IPA materi perpindahan kalor menggunakan media invinity cube mengalami peningkatan di lihat dari hasil analisis data observasi keaktifan ke I dan ke II dari 50% (kategori cukup) pada observasi ke II menjadi 90% (kategori tinggi) jadi dengan menggunakan media peserta didik terlihat lebih aktif dan termotivasi dalam belajar. Rekomendasi pada penelitian ini yaitu : 1) Guru dalam penggunaan media harus lebih memperhatikan agar pembelajaran lebih menyenangkan sehingga dapat mengaktifkan maka pembelajaran tidak terkesan monoton. 2) Peserta didik dengan adanya media peserta didik lebih memahami apa yang dijelaskan dan lebih termotivasi dalam belajar. 3) Sekolah, fasilitas sekolah perlu lagi memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih baik untuk menunjang proses belajar dan prestasi-prestasi peserta didik dalam belajar. 4)Peneliti, dengan melakukan penelitian selain mengembangkan media pembelajaran invinity cube, peneliti ketika terjun di Sekolah dapat mengembangkan lagi untuk bahan tindak lanjut dalam penggunaan media pembelajaran untuk mengajar.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, Z. F., Martiana, E., Setiawardhana, & H, R. Y. (2011). Penyelesaian Permainan Rubik ’ S Cube Dengan Metode Algoritma Genetika. 1–7.
Chamim, M. N., & Adhe, K. R. (2020). Pengembangan Media Rubik’S Cube Color Fuld Terhadap Kemampuan Pengenalan Warna Anak Usia Dini. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–17. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/4428/3097
Hadijah, S. (2018). Analisi Respon Siswa Dan Guru Terhadp Penggunaan Multimeda Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 176–183.
Hartanto, H. (2010). Rumus Jitu Fisika SMP. Kawah Media.
Mahmuddin, M. (2016). Karakteristik Perpindahan Panas Pada Pipa Penukar Kalor Selongsong Aliran Searah Vertikal. Journal Of Chemical Process Engineering, 1(2), 30–35. https://doi.org/10.33536/jcpe.v1i2.68
Marayasa, I. N., Kasmad, K., & Veritia, V. (2018). Penyuluhan Manajemen Menggali Potensi Daerah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Perekonomian Masyarakat Kecamatan Leuwi Damar. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1), 81–90. https://kbbi.web.id/potensi
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645
Prasetiyo, N. A., & Perwiraningtyas, P. (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup pada Mata Kuliah Biologi di Universitas Tribhuwana Tungga Dewi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 19–27. https://media.neliti.com/media/publications/119038-ID-none.pdf
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Rokhimi, I. N., & Pujayanto. (2015). Alat Peraga Pembelajaran Laju Hantaran Kalor Konduksi. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 6(1), 270–274.
Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. CV Pustaka Abadi (Anggota IKAPI).
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Cv Budi Utama.
Zunaidah, F. N., & Amin, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara Pgri Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 19–30.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8588
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Siska Mila Mila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id