ANALISIS KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN METODE HOME VISIT TERJADWAL DI SDN SERANDAKAN KECAMATAN PONTANG – BANTEN

Alda Liga Vela, Sholeh Hidayat, Ratna Sari Dewi

Abstract


Latar belakang permasalahan  penelitian ini adalah pembelajaran di masa pandemi yang mewajibkan sekolah untuk melaksankaan pembelajaran jarak jauh ataupun daring. Namun tidak semua sekolah bisa melaksankan pembelajaran daring, dikarenakan mengalami beberapa masalah sehingga pembelajaran jarak jauh atau daring tersebut tidak efektif. Kemudian diadakanlah kebijakan kepala sekolah dengan melaksanakan pembelajaran langsung menggunakan metode Home Visit sebagai solusi dari permasalahan yang sedang dialami, seperti halnya yang terjadi di SDN Serandakan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan efektivitas dari kebijakan yang ditetapkan di SDN Serandakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, adapun jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode deskriptif yaitu metode yang berupayamengungkapkan keadaan yang terjadi saat ini, untuk selanjutnya dianalisis dan diinterpretasikan. Hasil dari penelitian ini bahwa kebijakan yang ditetapkan sudah efektif, hal itu dibuktikan dengan pembelajaran pada saat ini tetap berkualitas karena adanya pendampingan belajar di semester sebelumnya yaitu pembelajaran langsung dengan menggunakan metode Home Visit.

 


Keywords


Kebijakan, Kepala Sekolah, Home Visit

References


Adawiyah, Robiatul, dkk. Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik Melalui E-LKPD dengan Bantuan Aplikasi Google Meet. Jurnal Basicedu. Volume 5 Nomor 5 Tahun 2021 Halaman 3393 – 3398.

Andang. (2014). Manjemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Amri, S., dkk. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas: Metode, Landasan Teoritis-Praktis dan Penerapannya. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Anwar, Moch. Idochi, (2013). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Arwildiyanto, dkk. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: CV Cendikia Press

Bachtiar. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa dalam Memilih Politeknik Sawunggalih. Aji Purworejo. Dinamika Sosial Ekonomi Vol 7 No. 1.

Basri, H. (2014). Kepemimpinan Kepla Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Basri, H. (2013). Landasan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Fattah, Nanang. (2012). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Fattah, Nanang. (2013). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hasbullah. (2015). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Kemendikbud. (2018). Permendikbud No 6 tahun 2018 Tentang Tugas Pokok Kepala Sekolah. Jakarta:kemendikbud.

Kementerian kesehatan. (2020). Kemenkes Data Covid 19. https://data.kemkes.go.id/covid19/index.html diakses pada 23 oktober 2020

Madjid.Abd. 2018. Analisis Kebijakan Pendidikan.Yogyakarta: Samudra Biru

Moleong, dkk. 2010. Metode penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nasharuddin, B., dkk. (2014). Etika islam dalam Berbisnis, Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Prayitno. (2013). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok Dasar dan Profil. Jakarta: Rineka Cipta

Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah. Bandung: Refika Aditama.

Shulhan, M., dkk. (2013). Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras

Siagian, Sondang P. (2003). Teori & praktek kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Peneliatan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharno. (2010). Dasar-dasar Kebijakan Publik (kajian proses dan analisis kebijakan). Yogyakarta: UNY Press

Sukamto, R. A., dkk (2017). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Sukmadinata, Nana S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wibowo, Nugroho. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO). Volume 1, Nomor 2. Halaman 128-139.

Yamin, Dkk. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada Press.

Yaqien, N. “Esensialitas Home visit dalam Pendidikan”. Madrasah, Vol 1 No. 1 (Juli-Desember, 2012). Halaman 10.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alda Liga Vela

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id